CARA MENGISI JJM YANG BENAR DI DAPODIK 2024

Kherysuryawan.id - Cara Mengisi Pembelajaran di Dapodik Versi 2024.
Salam Satu Data,
Dapodik merupakan aplikasi yang digunakan oleh setiap sekolah baik Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk memberi informasi yang akurat dan diteruskan kepusat sebagai bahan pelaporan tiap-tiap sekolah yang ada di seluruh wilayah Indonesia bahkan termasuk sekolah milik Indonesia yang berada di luar negeri pun ikut ambil bagian dalam penggunaan aplikasi dapodik. Pihak sekolah biasanya akan menunjuk seseorang yang nantinya akan menangani aplikasi dapodik atau disebut sebagai operator sekolah.

Operator sekolah harus memiliki penguasaan yang baik dalam penggunaan teknologi dan jaringan internet karena selain menginput data kedalam aplikasi dapodik seorang operator sekolah juga wajib melakukan pemutahiran data dan pengiriman data sekolah secara online atau sering di sebut dengan cara melakukan syncronisasi,tujuannya adalah agar data dapat terkirim ke server pusat.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara mengisi atau menginput nama-nama guru yang memegang atau mengampu mata pelajaran serta cara mengisi JJM atau jumlah jam mengajar pada aplikasi dapodik.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa hampir semua sekolah telah menggunakan kurikulum 2013 yang mana kurikulum tersebut merupakan kurikulum baru pengganti kurikulum KTSP.
Sebelum saya menjelaskan cara mengisi nama-nama guru dan jumlah jam mengajar kedalam aplikasi dapodik maka terlebih dahulu kita harus mengetahui jumlah jam keseluruhan yang digunakan oleh kedua kurikulum tersebut yaitu kurikulum KTSP dan kurikulum 2013.

Tujuannya yaitu agar saat melakukan pengisian jam mengajar kita bisa menyesuaikan dengan jam wajib pembelajaran yang telah di tentukan. Begitu juga dengan jam yang diampu oleh setiap guru agar nantinya dapat di sesuaikan dengan jumlah jam yang diajarkan sesuai dengan SK pembagian tugas di sekolah masing-masing.

Berikut ini Rambu-rambu / pedoman jumlah jam wajib pada kurikulum KTSP dan kurikulum 2013.

KURIKULUM KTSP
Jam Wajib : 32
   Pendidikan Agama Islam : 2 
   Pendidikan kewarganegaraan : 2
   Bahasa Indonesia : 4
   Matematika : 4
   Bahasa Inggris : 4 
   Ilmu Pengetahuan Alam : 4 
   Ilmu Pengetahuan Sosial : 4
   Seni Budaya : 2
   Pendidikan Jasmani dan kesehatan : 2
   Teknologi informasi dan komunikasi(TIK) : 2
   Muatan Lokal Bhs Daerah : 2 

KURIKULUM 2013
Jam Wajib : 38 
   Mapel Pendidikan Agama : 3
   Mapel PKn : 3
   Mapel Bhs Indonesis : 6
   Mapel Matematika : 5
   Mapel IPA : 5
   Mapel IPS : 4
   Mapel Bhs inggris : 4
   Mapel Seni Budaya : 3
   Mapel PJOK : 3
   Mapel Prakarya : 2

Setelah memahami rambu-rambu diatas maka kini saatnya mengetahui cara mengisi JJM di dapodik.

CARA MENGISI PEMBELAJARAN DI DAPODIK

  • Pertama silahkan buka aplikasi dapodik, kemudian isi username dan passwordnya kemudian klik “Masuk”

  • Setelah itu pada menu dapodik klik “rombongan belajar” dan pilih “Reguler”


  • Kemudian pada bilah sebelah kanan silahkan pilih kelas yang akan diisikan nama guru beserta JJM nya kemudian pilih menu “pembelajaran”


  • Setelah itu akan terbuka seperti pada gambar di bawah ini.

Keterangan pengisian:
PTK = Diisi sesuai nama guru yang mengampu pelajaran tersebut
SK mengajar = Diisi sesuai dengan nomor SK pembagian tugas sesuai SK sekolah masing-masing
Tgl SK = Diisi dengan tanggal di tetapkannya SK pembagian tugas tersebut
Jam = diisi sesuai dengan jumlah jam yang di ampu ( sesuaikan dengan jam wajib yang telah di tentukan )
Max = informasi jumlah jam wajib pada masing-masing kurikulum



  • Untuk menyelesaikan pengisian JJM guru mata pelajaran silahkan isi semua data-data seperti pada penjelasan di atas pada seluruh mata pelajaran yang di berlakukan di sekolah masing-masing.

  • Jika semua telah diisi dengan lengkap jangan lupa Langkah terakhir yaitu menyimpan data yang telah diinput tersebut dengan cara klik “simpan”


  • Selesai.

Kini tugas anda telah selesai dalam menginput Pembelajaran dan jangan lupa lakukan pengisian tersebut kesemua kelas yang ada pada Aplikasi Dapodik anda.

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan penginputan data pembelajaran pada aplikasi dapodik yang dapat saya share pada kesempatan ini, semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel