CARA DOWNLOAD DAN CEK RAPOR PMP 2020 TERBARU

kherysuryawan.id - Cara Unduh dan Printout Rapor Mutu EDS PMP Tahun 2020.
Bagi para operator sekolah pastinya sudah mengenal dengan yang namanya aplikasi PMP atau yang juga di sebut sebagai EDS. Dalam setiap satun pendidikan saat ini ada beberapa aplikasi program pendidikan yang wajib di laksanakan oleh setiap satuan pendidikan yang ada di seluruh Indonesia, diantaranya adalah aplikasi data pokok pendidikan ( DAPODIK ), aplikasi pemetaan mutu pendidikan ( PMP ), dan aplikasi E-RAPOR.

Ketiga aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini di bawah naungan kementrian pendidikan yang di harapkan dapat mempercepat proses pendataan dan pengiriman data sekolah . ketiga aplikasi tersebut dapat di jalankan baik secara online maupun secara offline namun dalam pengiriman atau syncronisasi datanya hanya dapat di lakukan secara online.

Pada postingan kali ini saya hanya akan membahas mengenai aplikasi PMP. Bagi banyak operator sekolah aplikasi  PMP merupakan tugas rutin yang harus di isi dalam setiap tahun. Proses penginputannya pun membutuhkan beberapa responden, dan khusus untuk di tahun 2020 ini di sesuaikan dengan keadaan yang terjadi saat ini sehingga yag menjadi responden hanyalah kepala sekolah dan guru saja.

Jika operator sekolah telah mengerjakan seluruh isian data dari masing-masing responden maka pekerjaan terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan proses hitung rapor mutu dan melakukan sinkronisasi hasil perhitungan rapor mutu ke server pusat. Sebagai hasil dari pengiriman data PMP tersebut maka nantinya setiap satuan pendidikan yang telah berhasil melakukan proses pengiriman data PMP akan memperolah nilai dari mutu sekolah masing-masing yaitu berupa RAPORT MUTU SEKOLAH.

Khusus untuk pengisian EDS PMP tahun 2020 ini, sebenarnya untuk melihat rapor mutu PMP dapat langsung dilihat dari aplikasi EDS PMP 2020, namun untuk memastikan apakah rapor mutu yang ada di dalam aplikasi EDS tersebut sudah benar-benar terkirim kepusat maka tentunya kita harus mengeceknya melalui laman resmi rapor PMP sehingga data rapor PMP dapat diperoleh secara valid dan sesuai.

Bagi setiap operator sekolah yang ingin melihat,mendownload ataupun mencetak rapor mutu PMP tahun 2020 secara online, namun belum mengetahui caranya maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara melihat atau mendownload hasil raport mutu PMP sekolah tahun 2020.

Sebenarnya cara yang akan saya sampaikan ini khususnya untuk melakukan cek rapor mutu PMP bukan hanya bisa mengecek rapor mutu PMP tahun 2020 saja melainkan anda pun tetap bisa melihat rapor mutu PMP di tahun-tahun sebelumnya.

Seperti yang akan saya praktekkan disini yang mana selain anda bisa melihat dan melakukan download rapor mutu PMP tahun 2020, maka anda juga bisa melakukannya untuk melihat dan mendownload hasil rapor mutu tahun 2016, hasil rapor mutu tahun 2017, hasil rapor mutu tahun 2018, hasil rapor mutu tahun 2019, hasil rapor mutu tahun 2020. 

Baiklah untuk mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana cara melakukan cek rapor mutu PMP tahun 2020, maka berikut ini pejelasannya :
  • Selanjutnya silahkan masukkan nama pengguna/NPSN pada kolom "Nama" 
  • Masukkan password/Kode registrasi dapodik pada kolom "Password" 
  • Lalu klik kotak yang bertuliskan "saya bukan robot" hingga muncul tanda centang
  • Lalu klik "login"
  • Maka akan tampil Capaian Mutu atau rapor mutu mulai Tahun 2020 hingga tahun-tahun sebelumnya (seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini)
  • Selanjutnya untuk mendownload hasil rapor mutu tersebut maka silahkan anda klik menu "excel" seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini)


  • Simpan hasil download pada drive komputer anda
  • untuk melakukan cetak rapor mutu PMP tahun 2020 maka anda tinggal melakukannya dengan mudah.
  • Selesai.

Setelah anda melihat hasil rapor mutu tahun 2020 maka anda dapat membandingkan nilainya dengan hasil rapor mutu pada tahun-tahun sebelumnya, jika nilai hasil rapor mutu tidak terlalu jauh perbedannya itu berarti sekolah anda masih dalam kondisi yang stabil dan nilai masih tetap konsisten.

Demikianlah tutorial mengenai cara mengecek dan mendownload raport mutu PMP tahun 2020 secara online, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel