CARA TAMBAH PESERTA DIDIK BARU DI DAPODIK VERSI 2024

Kherysuryawan.id - Cara menambah siswa baru agar bisa masuk kedalam aplikasi dapodik versi terbaru.
Di tahun pelajaran 2023 / 2024 ini, melalui tim pengembang dapodik pusat maka kembali merilis aplikasi dapodik terbaru yaitu Dapodik versi 2024. Banyak perubahan yang terjadi antara dapodik versi lama dengan dapodik versi baru ini diantaranya dari segi tampilan dan juga beberapa jenis fungsi fitur yang penerapannya di ubah.

Salah satu fitur yang tidak lagi bisa di gunakan atau di nonaktifkan pada aplikasi dapodik versi terbaru saat ini adalah fitur penambahan peserta didik baru. Aturan ini berlaku untuk jenjang SMP, SMA dan SMK regular. Jika pada aplikasi dapodik versi sebelumnya fitur penambahan peserta didik baru dapat dilakukan secara manual melalui fitur tambah peserta didik namun berbeda dengan aplikasi dapodik versi terbaru saat ini karena fitur tambah peserta didik secara manual sudah tidak bisa lagi di fungsikan.

Jika kita ingin melakukan penambahan siswa baru ataupun siswa pindahan yang berasal dari sekolah negeri yang juga menggunakan aplikasi dapodik mungkin hal ini tidak akan bermasalah karena kita dapat melakukan penambahan peserta didik baru menggunakan system tarik peserta didik baru ataupun melakukan tarik siswa pindahan secara online.
Yang menjadi persoalan bagaimana cara melakukan penambahan siswa atau peserta didik baru ataupun siswa pindahan yang berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik???

Sebenarnya memang pada aplikasi dapodik versi sebelumnya sudah tidak bisa lagi digunakan untuk fitur tambah peserta didik baru kecuali dengan cara melakukan tarik peserta didik secara online.
Namun bukan berarti dengan menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru saat ini kita sudah tidak bisa lagi melakukan penambahan peserta didik baru atau siswa pindahan ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru secara manual, hanya saja saat ini cara yang harus dilakukan untuk bisa melakukan system tambah peserta didik baru harus menggunakan cara yang sedikit berbeda dengan cara yang dilakukan pada aplikasi dapodik versi sebelumnya.

Untuk melakukan tambah peserta didik baru secara manual pada aplikasi dapodik versi terbaru dapat dilakukan dengan cara online dan dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

1. Silahkan anda kunjungi alamat berikut ini : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
2. Setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini dan silahkan klik tulisan “Login menggunakan SSO”

3. Kemudian untuk melakukan login/masuk maka silahkan isi username dan password menggunakan akun dapodik.

4. Setelah itu klik menu "Aplikasi" dan klik "+ PD Baru"

5. Jika anda ingin melakukan penambahan siswa baru yang sekolah asalnya menggunakan dapodik maka silahkan pilih tulisan "Dapodik" sedangkan Untuk melakukan penambahan peserta didik baru yang sekolah asalnya tidak menggunakan aplikasi dapodik maka pilih tulisan "Non Dapodik"

6. Setelah itu untuk melakukan penambahan peserta didik baru silahkan isi data peserta didik baru tersebut sesuai dengan data yang wajib di isi pada tampilan tersebut dan langkah terakhir klik “Simpan”

Untuk lebih jelas mengenai bagaimana cara melakukan tambah/tarik siswa yang sekolahnya berasal dari sekolah yang menggunakan dapodik maka lihat penjelasannya (Disini)
Sedangkan untuk mengetahui penjelasan mengenai penambahan siswa baru yang siswanya berasal dari sekolah madrasah ibtidaiyah (MI) atau dari madrasah Tsanawiyah (Mts) yang mana sekolahnya tidak menggunakan aplikasi dapodik, maka anda dapat melakukannya dengan melihat penjelasan lengkapnya (DISINI)

Demikianlah cara untuk melakukan penambahan peserta didik baru di aplikasi dapodik versi terbaru secara online.
Untuk melihat hasilnya maka hasil penambahan peserta didik baru tersebut akan otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik, apabila telah dilakukan verifikasi oleh operator dapodik kabupaten setempat serta setelah sekolah melakukan syncronisasi dapodiknya.
Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat buat teman-teman operator yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel