CARA TERBARU TARIK PESERTA DIDIK DI DAPODIKDASMEN VERSI 2020

Data peserta didik merupakan hal yang sangat penting untuk di perhatikan oleh seorang operator dapodik sekolah sebab jika ada kesalahan data maka operator dapodik sekolah harus segera melakukan perubahan atau perbaikan datanya sehingga data peserta didik tersebut dapat menjadi valid dan sesuai dengan data yang sebenarnya.
Selain itu berbicara mengenai data peserta didik, maka operator dapodik juga harus dapat memahami tentang bagaimana prosedur yang benar dalam melakukan proses penarikan data peserta didik agar dapat masuk kedalam aplikasi dapodik.

Seperti yang kita ketahui saat ini dimana Dapodik yang digunakan pada saat ini yaitu Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 yang merupakan aplikasi dapodik yang baru saja di rilis di tahun pelajaran 2019 / 2020. Pada aplikasi dapodik versi 2020 terdapat beberapa perubahan dari versi dapodik yang sebelumnya. Selain dari segi penampilan ada beberapa fitur yang sangat berbeda dalam penggunaannya.
Pada aplikasi dapodik 2020 salah satu yang paling membedakan dari aplikasi dapodik yang sebelumnya yaitu di aplikasi dapodik 2020 operator sekolah tidak perlu lagi melakukan proses meluluskan siswa / peserta didik tingkat akhir karena pada aplikasi dapodik versi 2020 secara otomatis system telah melakukan proses meluluskan siswa tingkat akhir, hanya saja jika ada siswa yang tidak lulus maka operator dapodik wajib melakukan pembatalan kelulusan siswa / peserta didik tersebut pada menu PD keluar.

Ada lagi hal yang berbeda terjadi pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020 ini yaitu mengenai cara melakukan penarikan data siswa / peserta didik secara online agar dapat secara otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik 2020.
Jika pada aplikasi dapodik sebelumnya proses penarikan data peserta didik baru dapat dilakukan menggunakan login operator sekolah maka berbeda halnya dengan aplikasi dapodik versi 2020 ini karena untuk melakukan penarikan data peserta didik baru atau siswa pindahan secara online hanya bisa dilakukan dengan melakukan login pada menu “manajemen dapodik sekolah’ selain caranya yang berbeda tampilan serta fiturnya pun juga berbeda.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara bagaimana melakukan proses tarik peserta didik baru agar dapat secara otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Berikut ini penjelasannya :

1. Langkah pertama silahkan anda kunjungi alamat link link di bawah ini
sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :
2. Langkah kedua yaitu anda harus login menggunakan menu manajemen dapodik sekolah.
Untuk melakukan login di menu manajemen dapodik sekolah, anda dapat melakukannya dengan cara berikut :
Silahkan anda klik tulisan login dan pilih “manajemen sekolah” seperti pada gambar di bawah
3. Kemudian akan tampil seperti pada gambar di bawah, untuk melakukan login manajemen silahkan masukkan “username” dan “password” pada kolom yang tersedia dengan menggunakan username dan password dapodik anda kemudian silahkan lanjutkan dengan mengklik tulisan “kelola data sekolah”.
4. Setelah itu akan muncul gambar informasi akun seperti pada gambar berikut, dan lanjutkan dengan mengklik tulisan “ kelola data pokok”
5. Kemudian akan muncul tampilan berikut dan klik menu “ peserta didik” untuk melakukan proses penarikan data peserta didik baru
6. Setelah itu klik tulisan “tambah peserta didik” seperti pada gambar di bawah
7. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.
Untuk melakukan proses tarik peserta didik baru maka isilah kolom-kolom yang telah di sediakan sesuai dengan alamat sekolah asal tempat peserta didik yang akan di tarik tersebut.

Sebagai info berikut ini sekilas penjelasannya:
- Pada kolom pilihan “sumber data” silahkan pilih sesuai dengan jenis peserta didik yang akan di tarik.Apakah peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik di sekolahnya atau peserta didik tersebut berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik di sekolahnya.
Jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “ TARIK PD DAPODIK” namun jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “TAMBAH PD DI LUAR DAPODIK”

  • Pada pilihan “propinsi” : silahkan isi sesuai dengan propinsi tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “kabupaten” : silahkan isi sesuai dengan kabupaten tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “kecamatan” : silahkan isi sesuai dengan kecamatan tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “sekolah asal” : silahkan isi sesuai dengan nama sekolah asal tempat peserta didik yang akan di tarik datanya
  • Pada pilihan “tahun lulus” : silahkan isi sesuai dengan tahun kelulusan peserta didik tersebut
Jika semua pilihan tersebut telah diisi degan benar, maka silahkan lanjutkan dengan mengklik tulisan
“Tampilkan” dengan tujuan agar seluruh nama-nama peserta didik yang akan di tarik dari sekolah tersebut muncul dan terlihat.
Sebagai contohnya berikut ini tampilan nama-nama siswa yang siap untuk dilakukan penarikan datanya ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Untuk memilih nama-nama siswa yang sesuai dengan daftar PPDB yang akan di tarik ke dalam aplikasi dapodik versi 2020 maka silahkan anda ceklis satu persatu nama-nama siswa yang akan di tarik tersebut kemudian jika semua nama-nama peserta didik telah di pilih maka langkah terakhir silahkan klik “ SIMPAN”.
Perlu di ingat bahwa jika seluruh proses penarikan data tersebut telah dilakukan dengan benar data yang telah di tarik tersebut tidak langsung masuk kedalam aplikasi dapodik versi 2020, sebab untuk dapat memasukkan nama-nama peserta didik tersebut maka anda harus terlebih dahulu melakukan syncronisasi dapodik.

Jika anda telah berhasil melakukan syncronisasi dapodik versi 2020 maka secara otomatis nama-nama peserta didik yang telah anda tarik tadi akan masuk kedalam aplikasi dapodik 2020.

Demikianlah tutorial mengenai cara melakukan tarik data peserta didik baru menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020 secara online, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat buat anda para operator dapodik yang membutuhkannya.

14 Responses to "CARA TERBARU TARIK PESERTA DIDIK DI DAPODIKDASMEN VERSI 2020"

  1. Bagai mana cara mengembalikan siswa pindahan yang ditatik online salah masukan tujuan kelas

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya, Semoga bermanfaat.

      Delete
  3. Jika siswa tidak lulus bagaimana caranya membalikkan ke data dapodik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di menu PD Keluar pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020

      Delete
  4. bagaimana cara membatalkan registrasi pd baru , yang tertarik ke sekolah lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluarkan nama peserta didik tersebut dengan keterangan "MUTASI"

      Delete
  5. Setelah proses tarik dilakukan, bagaimana bisa disingkronkan dengan dapodik? sementara syarat singkron adalah data pada aplikasi dapodik harus valid semua. bagaimana bisa valid sementara rombel kelas 7 masih kosong? Bagaimana solusinya? Trims sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melakukan syncron pertama kali maka tidak perlu memasukkan rombel kelas 7, gunakan saja rombel yang ada dan ketika nanti data peserta didik baru telah masuk barulah buat rombel untuk kelas 7.
      Semoga dapat membantu.

      Delete
  6. Bagaimana mau sinkronisasi, data rombel kelas 1 invalid. keterangannya kelas 1 tidak mempunyai siswa, padahal sudah ditarik. Mohon pencerahannya! Terimaksih

    ReplyDelete
  7. Bagaimana cara memasukan PD kedapodik 2020 yg sudah keluar.

    ReplyDelete
  8. maaf pak saya orang baru, pas ketika pergantian semester saya tidak pakai menu aksi dalam rombel tetapi saya membuat rombel manual, mohon solusinya?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. mohon pa solusinya tentang nama sekolah saya tidak muncul di menu pilihan sekolah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel