CARA TERBARU TARIK PESERTA DIDIK DI DAPODIK VERSI 2024

Kherysuryawan.id - Cara tarik siswa baru ke dapodik versi 2024.
Data peserta didik merupakan hal yang sangat penting untuk di perhatikan oleh seorang operator dapodik sekolah sebab jika ada kesalahan data maka operator dapodik sekolah harus segera melakukan perubahan atau perbaikan datanya sehingga data peserta didik tersebut dapat menjadi valid dan sesuai dengan data yang sebenarnya.
Selain itu berbicara mengenai data peserta didik, maka operator dapodik juga harus dapat memahami tentang bagaimana prosedur yang benar dalam melakukan proses penarikan data peserta didik agar dapat masuk kedalam aplikasi dapodik.

Seperti yang kita ketahui saat ini dimana Dapodik yang digunakan pada saat ini yaitu Aplikasi Dapodik Versi 2024 yang merupakan aplikasi dapodik yang baru saja di rilis di tahun pelajaran 2023 / 2024. Pada aplikasi dapodik versi 2024 terdapat beberapa perubahan dari versi dapodik yang sebelumnya. Selain dari segi penampilan ada beberapa fitur yang sangat berbeda dalam penggunaannya.

Pada aplikasi dapodik 2024 salah satu yang paling membedakan dari aplikasi dapodik yang sebelumnya yaitu di aplikasi dapodik 2024 operator sekolah tidak perlu lagi melakukan proses meluluskan siswa / peserta didik tingkat akhir karena pada aplikasi dapodik versi 2024 secara otomatis system telah melakukan proses meluluskan siswa tingkat akhir, hanya saja jika ada siswa yang tidak lulus maka operator dapodik wajib melakukan pembatalan kelulusan siswa / peserta didik tersebut. 

Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan pembatalan kelulusan siswa di aplikasi dapodik terbaru, maka silahkan lihat selengkapnya (DISINI)

Ada lagi hal yang berbeda terjadi pada aplikasi dapodik versi 2024 ini yaitu mengenai cara melakukan penarikan data siswa / peserta didik secara online agar dapat secara otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik 2024.
Jika pada aplikasi dapodik sebelumnya proses penarikan data peserta didik baru dapat dilakukan menggunakan login operator sekolah maka berbeda halnya dengan aplikasi dapodik versi 2024 ini karena untuk melakukan penarikan data peserta didik baru atau siswa pindahan secara online hanya bisa dilakukan dengan melakukan login pada menu “manajemen dapodik sekolah’ atau melalui laman yang akan saya sediakan di bawah nanti. selain caranya yang berbeda tampilan serta fiturnya pun juga berbeda.

Bagi anda para operator dapodik sekolah yang mungkin masih belum memahami bagaimana cara untuk melakukan tarik data siswa kedalam aplikasi dapodik versi terbaru maka Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara bagaimana melakukan proses tarik peserta didik baru agar dapat secara otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik versi 2024.

Berikut ini penjelasannya :
1. Langkah pertama silahkan anda kunjungi alamat link di bawah ini
sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini dan klik "login menggunakan SSO"

2. Selanjutnya silahkan anda masukkan username dan password dapodik lalu klik "masuk"

3. Jika sudah berhasil login, maka silahkan anda pilih menu "Aplikasi" dan selanjutnya klik menu icon "PD Baru" seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

4. Selanjutnya akan ada 2 pilihan proses tarik data yaitu menggunakan tarik data pada sekolah yang menggunakan dapodik atau tarik data pada sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik.
Jika anda ingin menarik data siswa yang disekolah asalnya menggunakan dapodik maka pilih "Dapodik"

5. Perlu di ingat bahwa Jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “ DAPODIK” namun jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik seperti sekolah di bawah naungan departemen agama maka silahkan pilih “NON DAPODIK”

6. Selanjutnya untuk melakukan tarik data siswa maka silahkan isi data yang di perlukan seperti di bawah ini
  • Pada pilihan “propinsi” : silahkan isi sesuai dengan propinsi tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “kabupaten” : silahkan isi sesuai dengan kabupaten tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “kecamatan” : silahkan isi sesuai dengan kecamatan tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “sekolah asal” : silahkan isi sesuai dengan nama sekolah asal tempat peserta didik yang akan di tarik datanya
  • Pada pilihan “tahun lulus” : silahkan isi sesuai dengan tahun kelulusan peserta didik tersebut
Jika semua pilihan tersebut telah diisi degan benar, maka silahkan lanjutkan dengan mengklik Tampilkan” dengan tujuan agar seluruh nama-nama peserta didik yang akan di tarik dari sekolah tersebut muncul dan terlihat.

7. Selanjutnya silahkan anda pilih nama-nama siswa yang ingin di tarik datanya dengan memilih nama-nama siswa yang sesuai dengan daftar PPDB yang akan di tarik ke dalam aplikasi dapodik versi 2024, caranya yaitu dengan melakukan ceklis satu persatu nama-nama siswa yang akan di tarik tersebut kemudian jika semua nama-nama peserta didik telah di pilih maka langkah terakhir silahkan klik "Daftarkan"

Sebagai contohnya berikut ini tampilan nama-nama siswa yang siap untuk dilakukan penarikan datanya ke dalam aplikasi dapodik versi 2024.

Perlu di ingat bahwa jika seluruh proses penarikan data tersebut telah dilakukan dengan benar data yang telah di tarik tersebut tidak langsung masuk kedalam aplikasi dapodik versi 2024, sebab untuk dapat memasukkan nama-nama peserta didik tersebut maka anda harus terlebih dahulu melakukan tarik data di aplikasi dapodik versi 2024 dengan tujuan agar siswa yang telah di tarik dapat masuk kedalam aplikasi dapodik.

Jika anda telah berhasil melakukan tarik data pada aplikasi dapodik versi 2024 maka secara otomatis nama-nama peserta didik yang telah anda tarik tadi akan masuk kedalam aplikasi dapodik 2024.

Demikianlah tutorial mengenai cara melakukan tarik data peserta didik baru menggunakan aplikasi dapodik versi 2024 secara online, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat buat anda para operator dapodik yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel