NOMOR PESERTA UN TAHUN 2020 TERBARU

Kherysuryawan.id - Cek Nomor Peserta UN/UNBK Tahun 2020 serta memahami perbedaan jumlah digit kode nomor peserta ujian nasional tahun 2018,2019,2020.
Nomor peserta ujian nasional ( UN ) merupakan nomor yang sangat penting bagi seorang peserta didik, sebab dengan memiliki nomor peserta ujian maka dapat di artikan bahwa peserta didik tersebut telah terdaftar dan secara resmi dapat mengikuti tahapan dalam pelaksanaan ujian nasional di sekolah.
Bagi sekolah yang akan menyelenggarakan pelaksanaan ujian nasional maka harus dapat memahami tentang pentingnya memiliki nomor peserta ujian nasional bagi peserta didik yang akan mengikuti pelaksanaan UN dan dapat mengetahui arti dan makna dari nomor peserta UN tersebut.
Selain itu sebelum menyelenggarakan ujian nasional sekolah juga perlu untuk membaca dan memahami aturan dalam menyelenggarakan ujian nasional yang telah di tuangkan dalam POS UN yang di keluarkan oleh pihak BSNP.
Apabila anda belum memiliki file POS UN Tahun 2020 maka anda dapat memiliki filenya pada postingan yang telah saya bahas sebelumnya serta telah saya bagikan lengkap dengan kisi-kisi Un untuk semua mata pelajaran yang di ujiankan di tahun 2020 ini.
              
Nomor peserta ujian juga merupakan nomor yang sangat penting karena nantinya nomor tersebut akan di input di dalam ijazah saat peserta didik berhasil lulus dalam tahapan mengikuti ujian nasional selain itu nomor peserta ujian juga sangat di butuhkan saat melakukan penginputan data peserta didik di dalam aplikasi dapodik.

Jika pada tahun 2018 nomor peserta ujian memiliki format dimana setiap peserta ujian memiliki nomor peserta yang terdiri dari 14 digit. yang memiliki makna: Pada Digit pertama merupakan kode jenjang, digit ke dua adalah kode tahun, 2 digit ke tiga merupakan kode provinsi, 2 digit ke empat adalah kode kota/kabupaten,3 digit ke lima yaitu kode sekolah, 3 digit ke enam merupakan kode siswa / Nomor urut siswa dan 1 digit ke tujuh adalah kode Cek digit/link
maka berbeda halnya dengan tahun 2019 dan 2020. Dimana pada tahun 2019 & 2020 format penulisan nomor peserta ujian mengalami beberapa perubahan, letak perubahannya yaitu terletak pada nomor kode sekolah dan nomor kode siswa yaitu terjadi penambahan digit angka pada kedua kode tersebut.

Nomor peserta ujian nasional yang dimiliki oleh  peserta didik memiliki jumlah digit yang berbeda antara tahun 2018 dengan tahun 2019. JIka jumlah digit nomor peserta ujian pada tahun 2018 berjumlah 14 digit maka pada tahun 2019 jumlah digit nomor peserta ujian peserta didik yaitu berjumlah 16 digit.
Begitu pula untuk nomor peserta ujian nasional di tahun 2020 tentunya jumlah digit kode peserta UN akan sama dengan jumlah digit nomor peserta UN pada tahun 2019.

Adapun Proses penerbitan nomor peserta ujian hal itu tidak terlepas dari tanggung jawab panitia pendataan Ujian nasional baik panitia UN yang berasal dari pusat, provinsi, maupun kabupaten. 
Demikianlah informasi mengenai Nomor Peserta UN yang baru di berlakukan mulai tahun 2019 dan juga tetap berlaku untuk aturan di tahun 2020. 
Terimakasih telah membaca postingan ini dan Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

11 Responses to "NOMOR PESERTA UN TAHUN 2020 TERBARU"

  1. Terus bagaimana pak solusinya,, soalnya saya pun mengalami ini,, pas di input di menu register nomor peserta ujian tidak bisa terinput semua, jadi digit belakang hilang karena memang kolomnya tidak cukup...

    ReplyDelete
  2. Nmr UN dengan nmr DNT sama gak pak ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Kirain di sertakan dgn contohnya pak.. 😅

    ReplyDelete
  4. Nomor usbn 11 digit sudah benar tapi untuk pendaftaran online kenapa tidak terdaftar ya untuk angkatan lulus 2020 ini

    ReplyDelete
  5. Nmor peserta un SD ada 15
    Knapa PPDB cma ada 11

    ReplyDelete
  6. nomor ujian hanya 11 angka, di formulir pendaftaran 14

    ReplyDelete
  7. DI NO INDUK SISWA ADA 10 DIGIT TAPI DI PPDB 11 DIGIT ,BAGAI MANA ITU..

    ReplyDelete
  8. No ujia 10digit tapi di ppdb 11 digit trus gimana

    ReplyDelete
  9. Bagaimana nomorpeserta ujian di tengah wana covid, pa juga ada yg di terbuka?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->