-->

APLIKASI E-RAPOR TERBARU UNTUK SMP DAN SMA

Aplikasi e-Rapor merupakan suatu aplikasi yang di keluarkan oleh direktorat pembinaan sekolah menengah pertama dan menengah atas yang tujuannya untuk memudahkan sekolah dalam menginput nilai dan mengirim nilai menggunakan aplikasi e-Rapor.

Untuk saat ini aplikasi e-Rapor baru di keluarkan untuk jenjang sekolah menengah pertama atau SMP dan juga jenjang sekolah menengah atas atau SMA. Bagi sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 maka aplikasi eraport ini sangat bermanfaat untuk di gunakan di sekolah namun bagi sekolah yang belum menggunakan kurikulum 2013 atau yang masih menggunakan kurikulum ktsp aplikasi eraport ini juga tetap bisa di gunakan untuk melakukan penginputan nilai.
Aplikasi e-Rapor ini dapat di gunakan oleh sekolah yang menggunakan kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Didalam aplikasi erapor terdapat menu penginputan nilai untuk versi ktsp dan juga untuk versi 2013. Selain itu aplikasi eraport juga secara otomatis dapat langsung di gunakan untuk melakukan cetak raport baik rapor versi kurikulum ktsp Maupun cetak rapor versi kurikulum 2013.

Untuk sekolah jenjang SMP saat ini aplikasi e-Rapor yang di gunakan yaitu versi terbaru untuk tahun pelajaran 2018/2019 yang di beri nama dengan e-Rapor versi 1.2 sedangkan untuk aplikasi eraport yang di gunakan untuk sekolah jenjang SMA dan SMK yaitu versi terbaru untuk tahun pelajaran 2018/2019 yang di beri nama dengan e-Rapor versi 2018.e

Untuk aplikasi e-Rapor yang di gunakan pada jenjang SMP telah di luncurkan oleh direktorat pembinaan sekolah menengah pertama yaitu aplikasi e-Rapor versi 1.0 (V1.0) yang kemudian di update kembali dengan versi update terbaru yaitu e-Rapor versi 1.1 (V1.1), setelah itu pihak pengembang eraport kembali mengupdate aplikasi e-Rapor versi 1.1 dengan aplikasi eraport versi terbaru yaitu aplikasi e-Rapor versi 1.2 yang mana aplikasi e-Rapor versi 1.2 inilah yang sampai saat ini di gunakan untuk melakukan penginputan nilai dan pencetakan rapor baik rapor kurikulum KTSP maupun rapor kurikulum 2013.

Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi e-Rapor untuk jenjang SMP maka Untuk bisa menggunakan aplikasi erapor jenjang SMP versi yang paling terbaru,maka terlebih dahulu harus melakukan instalasi aplikasi e-Rapor  versi 1.0  setelah berhasil melakukan install aplikasi e-Rapor versi 1.0 maka silahkan mengupdate ke versi 1.1  dan langkah terakhir yaitu kembali melakukan update ke versi yang paling baru yang di gunakan saat ini di tahun pelajaran 2018/2019 yaitu e-Rapor versi 1.2

Langkah penginstalan dan update eraport tersebut harus dilakukan karena sampai saat ini pihak pengembang eraport untuk jenjang SMP belum mengeluarkan instalan langsung untuk aplikasi e-Rapor versi 1.2 melainkan hanya mengeluarkan yang versi update sehingga mau tidak mau untuk bisa menggunakan aplikasi e-Rapor SMP terbaru harus melakukan langkah-langkah penginstalan seperti pada penjelasan di atas.
Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara mudah untuk menggunakan eraport terbaru versi 1.2 di bawah ini :

  • Bagi yang akan mulai menggunakan e-Rapor V1.2 untuk jenjang SMP
    1. Sangat disarankan bagi admin untuk membaca tuntas panduan e-Rapor dan panduan penilaian;
    2. Sebelum mulai menggunakan e-Rapor, pastikan data pada dapodik sudah final; Jangan sampai ada lagi siswa salah rombel, siswa salah data rincian, penginputan dapodik yang tidak sesuai prosedur karena dapat menyebabkan permasalahan bertingkat.
    3. Silakan mulai prosedur penginstalan e-Rapor mulai dari Versi 1.0, kemudian updater Versi 1.1, lalu lanjut ke updater Versi 1.2;
    4. Pastikan menginstal e-Rapor diperangkat yang terdapat aplikasi Dapodik;
    5. Selama proses instal dan update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;
    6. Setelah selesai instalasi, akan muncul 2 port yang bisa diakses. Port 2679 untuk akses local host, dan port 3679 untuk akses melalui client;
    7. Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;


Untuk aplikasi e-Rapor terbaru yang di gunakan pada jenjang SMA saat ini yaitu aplikasi e-Rapor versi 2018.e yang mana  aplikasi e-Rapor versi 2018.e merupakan aplikasi e-Rapor terbaru yang saat ini di gunakan untuk tahun pelajaran 2018/2019. Sebelum aplikasi e-Rapor versi 2018.e di luncurkan pihak pengembang e-Rapor jenjang SMA telah terlebih dahulu meluncurkan aplikasi erapor versi 2018.d.1 hanya saja bedanya untuk erapor versi 2018.d.1 dapat langsung di install di computer sedangkan e-Rapor versi 2018.e tidak dapat langsung di install karena di luncurkan dalam bentuk file update sehingga untuk menggunakan aplikasi e-Rapor 2018.e maka terlebih dahulu harus melakukan penginstalan erapor versi 2018.d.1 dan kemudian di update menggunakan aplikasi erapor versi 2018.e

Untuk lebih jelas mengenai cara melakukan instalasi aplikasi e-Rapor terbaru jenjang SMA versi 2018.e maka silahkan simak penjelasan di bawah ini :

Instalasi erapor versi terbaru dimulai dengan tahapan berikut:
-  Bagi yang sudah menggunakan aplikasi erapor versi 2018.d.1
Langsung Install updater Versi 2018.e

- Bagi pengguna baru atau belum pernah menginstal e-Rapor versi 2018.e :
1) Install eRapor Versi 2018.d.1,
2) Install updater Versi 2018.e,

-  Bagi sekolah yg sudah menggunakan versi 2018.d.1 patch atau updater 2018.e tester,
Tetap update langsung menggunakan versi 2018.e ini.

Itulah penjelasan singkat mengenai aplikasi e-Rapor terbaru untuk jenjang SMP dan jenjang SMA yang dapat di gunakan bagi sekolah yang menggunaka kurikulum ktsp maupun sekolah yang menggunakan kurikulum 2013.

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi eraport terbaru untuk jenjang SMP dan jenjang SMA maka anda dapat mengetahui nama-nama aplikasi erapor yang telah banyak beredar dan digunakan yang akan saya bagikan pada artikel ini, dan semoga dengan menggunakan aplikasi eraport ini dapat semakin memudahkan sekolah dalam melakukan penginputan dan pengiriman nilai serta dapat di mudahkan dalam melakukan pencetakan raport.

Berikut ini Nama-Nama Aplikasi E-rapor untuk jenjang SMP:

  • APLIKASI E-RAPOR VERSI 1.0
  • UPDATE APLIKASI E-RAPOR VERSI 1.1
  • UPDATE APLIKASI E-RAPOR VERSI 1.2
Berikut ini Nama-Nama Aplikasi Erapor untuk jenjang SMA:

  • APLIKASI E-RAPOR VERSI 2018.D.1
  • UPDATE APLIKASI E-RAPOR VERSI 2018.E
Demikianlah postingan mengenai pembahasan aplikasi eraport untuk jenjang SMP dan SMA yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.
Apabila ada kritikan,pertanyaan maupun saran serta masukan tentang aplikasi e-Rapor yang sifatnya positif dan membangun maka silahkan kemukakan melalui kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel