-->

Download Nama-Nama Penerima Bantuan PIP SMP Tahun 2020

Selamat berjumpa kembali dalam blog kherysuryawan.id
Pada artikel yang saya buat kali ini saya akan membahas mengenai cara mudah dalam mendownload dan melihat nama-nama peserta didik atau nama-nama siswa yang mendapatkan bantuan program Indonesia pintar (PIP) dari pemerintah pusat khususnya untuk jenjang SMP.
Syarat utama peserta didik dapat menerimakan bantuan PIP adalah harus memiliki KIP.
Apa itu KIP??? KIP adalah kartu Indonesia pintar, kartu tersebut dapat di peroleh dan di miliki oleh peserta didik yang memenuhi persyaratan kelayakan untuk bisa mendapatkan kartu KIP.

Meskipun demikian masih banyak juga para peserta didik yang hidupnya di bawah garis kemiskinan masih belum tersentuh oleh bantuan yang di keluarkan oleh pemerintah sebab mereka yang dapat menerimakan bantuan PIP lebih di utamakan kepada peserta didik yang telah memiliki kartu KIP dan telah di daftarkan pada satuan Pendidikan.

Hal tersebutlah yang kadang kala membuat para orang tua yang anaknya tidak mendapatkan kartu KIP padahal seharusnya mereka juga bisa mendapatkannya sehingga mereka merasa tidak adil dalam pemberian kartu KIP tersebut.
Syarat bagi peserta didik untuk mendapatkan kartu KIP salah satunya adalah memiliki kartu keluarga sejahtera yang di peroleh dari dinas social, dengan adanya kartu tersebut maka dapat di ketahui bahwa peserta didik tersebut benar-benar berasal dari keluarga yang kurang mampu dalam hal ekonomi.

Pada artikel saya sebelumnya saya telah membahas mengenai bagaimana cara untuk bisa mendapatkan kartu KIP dan cara agar dapat menerima bantuan PIP meskipun belum memiliki kartu KIP. 
Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara untuk mendownload Nama-Nama Penerima Bantuan PIP tahun 2020. Apabila anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang juga masuk sebagai penerima bantuan PIP maka anda dapat melihat hasil download tersebut sehingga dapat memastikan apakah nama anda ada diantara sekian banyak penerima bantuan PIP tersebut.

Apabila anda telah mendownload nama-nama peserta didik yang menerima bantuan PIP maka anda akan mengetahui tahap berapa saja yang sudah di cairkan serta jumlah nominal yang akan di terima oleh peserta didik juga akan terlihat di hasil download tersebut.
Berikut ini adalah cara untuk mendownload dan melihat nama-nama penerima bantuan PIP untuk jenjang SMP.

1.   Pertama-tama silahkan anda login melalui alamat di bawah ini
2.   Setelah itu silahkan anda masukkan “username” dan “password” dengan cara untuk username diisi dengan Nomor NPSN sekolah anda, sedangkan password diisi dengan Nomor Registrasi yang di gunakan untuk dapodik sekolah anda. Jika anda sudah memasukkan username dan password maka silahkan anda login dengan cara mengklik tulisan “sign in” seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini
3.   Setelah itu silahkan anda klik menu tulisan “Siswa” seperti gambar di bawah ini
4.   Pada kolom tahun silahkan anda pilih tahun “2020” dan pada kolom tahap silahkan anda pilih nomor tahap yang akan di cek namun apabila anda ingin mendownload nama-nama penerima untuk semua tahap maka kosongkan saja kolom tahap. Kemudian untuk kolom “status pencairan” di situ terdapat 3 jenis status pencairan yaitu: cair, belum cair dan semua. Artinya adalah apabila anda ingin mendownload nama-nama penerima bantuan PIP yang belum cair pada tahun 2020 tersebut maka silahkan anda pilih status pencairan “belum cair” dan apabla anda ingin mendownload nama-nama peserta didik yang sudah cair bantuan PIP nya pada tahun 2020 maka silahkan anda pilih status pencairan “Cair” namun apabila anda ingin mendownload semua nama-nama peserta didik baik yang sudah cair maupun yang belum cair maka silahkan anda pilih status pencairan “ semua”.
5.   Apabila langkah tersebut telah di lakukan maka langkah terakhir silahkan anda klik tulisan “Download” yang terletak pada bagian atas seperti tampak pada gambar di bawah ini.
6.   Simpan hasil download nama-nama penerima bantuan PIP tersebut ke dalam folder penyimpanan di computer anda dan hasil dari download nama-nama penerima bantuan PIP tersebut di tampilkan dalam bentuk exel.

Demikianlah cara untuk mendownload nama-nama penerima bantuan PIP jenjang SMP yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkan informasi ini dan apabila anda masih ingin melihat informasi penting lainnya yang berhubungan dengan dunia Pendidikan maka silahkan anda berkunjung ke blog ini sebab di dalam blog ini saya banyak membagikan informasi penting yang sangat di butuhkan oleh setiap insan pendidik demi kemajuan dunia Pendidikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel