Cara Cek Pencairan Bantuan PIP SMA Terbaru Tahun 2021

Postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara untuk melakukan pengecekan nama-nama peserta didik penerima bantuan PIP khususnya untuk jenjang SMA.
Pada postingan saya sebelumnya saya juga telah membagikan mengenai cara dalam mengecek nama-nama peserta didik yang menerimakan bantuan PIP untuk jenjang SD dan juga jenjang SMP.

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah salah satu program yang di berikan oleh pemerintah pusat khusus untuk memberikan bantuan Pendidikan berupa uang tunai yang disalurkan secara langsung melalui rekening penerima sehingga benar-benar penyalurannya dapat di nikmati sepenuhnya oleh peserta didik yang memperoleh bantuan PIP tersebut.


Pada jenjang SMA bantuan PIP dalam bentuk uang tunai di salurkan secara langsung melalui rekening peserta didik dan di berikan kepada mereka yang dinyatakan layak untuk menerimakan bantuan PIP tersebut. Ada beberapa kategori yang dapat dinyatakan layak dalam menerimakan bantuan PIP diantaranya yaitu merupakan peserta didik yang masih aktif pada satuan Pendidikan dan berstatus tidak mampu atau berasal dari keluarga yang kurang mampu, selain itu peserta didik tersebut juga telah memiliki kartu KIP atau sering di sebut dengan kartu Indonesia pintar.

KIP atau kartu Indonesia pintar biasanya di peroleh dari pemeritah yang di salurkan secara langsung melalui dinas terkait dan langsung di serahkan ke pihak sekolah untuk di berikan kepada masing-masing peserta didik yang layak untuk menerimakannya. Prosedur yang harus dilalui untuk bisa menerimakan bantuan PIP yaitu peserta didik yang telah menerimakan kartu KIP terebut harus terlebih dahulu meregistrasikan nomor dan nama kartunya ke dalam aplikasi dapodik serta di usulkan sebagai calon peserta didik yang layak untuk menerimakan bantuan PIP.

Pada jenjang SMA dana bantuan PIP yang dapat di peroleh pada masing-masing peserta didik biasanya akan di terimakan secara bertahap yaitu dapat di berikan secara persemester atau bisa jadi juga di salurkan dalam bentuk pertahun yaitu selama 2 semester.
Apabila nama-nama peserta didik telah tercover sebagai penerima bantuan PIP maka biasanya pihak sekoah akan memberikan informasi untuk bisa mencairkan bantuan tersebut di bank penyalur yang telah di tentukan.

Saat ini untuk bisa mencairkan dana bantuan PIP sudah tidak sama lagi dengan jaman dahulu dimana jika dahulu untuk bisa mencairkan dana PIP maka sekolah harus mencairkannya melalui pihak dinas Pendidikan setempat namun saat ini untuk bisa mencairkannya sekolah dapat langsung untuk melihat nama-nama penerima bantuan PIP hanya dengan mengunjungi sebuah alamat situs yang memberikan informasi tentang pencairan dana PIP SMA.

Dari berbagai kegiatan yang dilakukan DitPSMA mulai dari sosialisasi PIP, pendataan dan verifikasi calon penerima PIP sampai berkoordinasi dengan beberapa bank sebagai bank penyalur dana PIP dan pihak dinas atau sekolah serta hal penting lainnya yang berhubungan dengan memaksimalkan pelaksanaan program PIP ini, maka DitPSMA merasa masih belum mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu belum memenuhi tuntutan siswa dan sekolah terutama dalam masalah pencairan dana yang terlambat untuk di terima oleh peserta didik.
Hal tersebut juga sangat dirasakan oleh pihak sekolah terutama jenjang SMA, karena telatnya informasi mengenai SK atau data siswa penerima yang dikeluarkan dalam beberapa tahap.

Dengan alasan tersebutlah maka pemerintah selalu berusaha untuk bisa menjadikan program Indonesia pintar ini menjadi lebih efektif sehingga mudah untuk di akses dan di kontrol dalam hal penyaluran dana PIP yaitu dengan mengeluarkan sebuah web yang dapat menjadi tempat bagi sekolah dalam memudahkan sekolah untuk bisa mengecek penyaluran dana PIP yang di salurkan dalam beberapa tahap.

Dengan adanya link atau alamat khusus yang di keluarkan oleh pemerintah untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP maka akan membuat penyaluran dana PIP akan lebih mudah dan lebih terarah karena dapat langsung di akses oleh pihak sekolah secara online.
Dengan adanya aplikasi dalam bentuk web maka akan semakin memudahkan pihak sekolah dalam mengakses informasi seputar pencairan dana bantuan PIP khususnya untuk jenjang SMA.

Selain itu Tujuan utama pembuatan aplikasi web untuk mengecek pencairan PIP SMA ialah untuk mengetahui secara cepat dan akurat mengenai apakah dana PIP untuk peserta didik tersebut sudah disalurkan dengan benar atau belum. Jika terjadi masalah pada penyaluran dana, maka sekolah dapat segera melapor kepada Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas agar dapat segera dicarikan solusi atas permasalahan yang dialami tersebut.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara untuk mengecek nama-nama penerima PIP SMA secara online melalui web yang telah di sediakan oleh pihak kementerian pendidikan dalam mengakses proges pencairan PIP SMA.
Berikut ini penjelasannya :
  • Untuk bisa melihat informasi penyaluran dana PIP jenjang SMA maka silahkan anda kunjungi link situs di bawah ini http://pip.psma.kemdikbud.go.id/dashboard/
  • Sebelum anda login maka terlebih dahulu anda harus memiliki token untuk di aktivasi agar dapat login ke web tersebut dan apabila anda belum memiliki kode token tersebut maka anda dapat berkooordinasi dengan pihak dinas Pendidikan setempat.

  • Setelah itu silahkan anda login menggunakan username dan password yang telah anda miliki, dan silahkan anda cek nama-nama peserta didik baik yang sudah mencairkan ataupun yang baru akan mendapatkan bantuan PIP.

  • Pada web tersebut anda juga dapat melihat grafik pencairan dana antara jumlah yang sudah mencairkan dan yang belum mencairkan. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini

  • Selain itu pada web tersebut juga anda dapat mengetahui data penyaluran pencairan bantuan PIP dari setiap provinsi antara yang sudah mencairkan dan yang belum mencairkan serta jumlah penerima bantuan PIP pada setiap provinsi.
  • Untuk mengetahui jumlah persen penerima bantuan PIP dari setiap kelas (kelas 10,11,dan 12) maka anda juga dapat mengeceknya melalui web tersebut
Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini semoga apa yang dapat saya bagikan pada postingan ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya yang sedang mencari informasi mengenai bantuan PIP SMA tahun 2021.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel