Jadwal Pencairan Dana PIP Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2021

Selamat berjumpa kembali di blog Kherysuryawan.id
Postingan kali ini saya akan membahas tentang program Indonesia pintar atau yang sering di sebut PIP.
Sebelum saya membahas lebih jauh tentang PIP maka marilah terlebih dahulu kita memahami apa itu PIP dan bagaimana cara mendapatkan program PIP tersebut.
Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan suatu program yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu berupa pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 - 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah.
Program Indonesia Pintar (PIP) ini dapat di nikmati oleh mereka yang telah memiliki kartu KIP atau mereka yang di usulkan sebagai peserta didik yang layak untuk menerimakan Program Indonesia Pintar (PIP).
Jadi bagi peserta didik yang ingin mendapatkan bantuan program Indonesia pintar maka terlebih dahulu harus mengusulkan untuk bisa mendapatkan kartu KIP (kartu Indonesia pintar) kepada pihak sekolah atau pihak yang dapat memberikan solusi dalam membantu mendapatkan kartu KIP.

Program Indonesia Pintar (PIP) di berikan kepada peserta didik mulai dari jenjang SD,SMP hingga berakhir di jenjang SMA/SMK. Meskipun demikian tidak lama lagi pemerintah juga akan mengeluarkan program Indonesia Pintar (PIP) untuk pelajar yang berada di jenjang perguruan tinggi dengan adanya rencana pemberian kartu KIP kepada mereka yang dianggap layak untuk mendapatkan bantuan PIP.

Bagi peserta didik yang berada pada jenjang SD,SMP SMA/SMK yang akan menerimakan bantuan PIP biasanya akan mendapatkan informasi dari sekolah masing-masing.
Meskipun tidak ada jadwal yang bisa di pastikan dalam penerimaan PIP namun untuk mengetahui jadwal penerimaan PIP maka dapat di lihat pada masing-masing link atau situs yang biasanya di gunakan oleh pihak sekolah dalam mengakses informasi tentang pencairan dana PIP.

Proses pencairan dana PIP biasanya dilakukan secara bertahap dan ada kalanya di terimakan pada 1 semester dan biasanya juga di terimakan selama pertahun. Apabila nama peserta didik yang memiliki kartu KIP pada tahap tertentu tidak keluar namanya sebagai penerima PIP ketika ada pencairan dana PIP maka bisa jadi  ia akan menerimakan dana bantuan PIP tersebut pada tahap selanjutnya.
Intinya siswa yang telah memiliki kartu KIP pasti akan menerimakan bantuan PIP selama peserta didik tersebut masih aktif pada satuan Pendidikan baik di jenjang SD,SMP,SMA ataupun di SMK, serta nama peserta didik tersebut masih di anggap layak untuk menerimakan bantuan PIP pada sekolah yang di masukinya.

Untuk anda yang ingin mengetahui jadwal penerimaan PIP di jenjang SD,SMP,SMA/SMK maka anda dapat memantaunya menggunakan aplikasi yang di gunakan untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP sesuai dengan jenjang sekolah masing-masing, sebab setiap jenjang memiliki link yang berbeda  yang di gunakan untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP, intinya bahwa bantuan PIP akan di terimakan secara bertahap sesuai dengan tahap-tahap yang telah di tentukan oleh pihak pusat sebagai penentu kebijakan tersebut.

Untuk mengetahui cara dalam mengecek nama-nama penerima bantuan PIP pada jenjang SD,SMP,SMA dan SMK maka anda dapat menghubungi operator sekolah atau pegawai sekolah yang di beri amanah untuk mengelola masalah bantuan PIP pada masing-masing satuan Pendidikan di jenjang tertentu .
Untuk lebih jelas mengenai  cara melihat nama-nama penerima PIP untuk jenjang SD,SMP,SMA dan SMK maka silahkan baca pada link di bawah ini:
  • Cara Mengecek Nama Penerima Bantuan PIP SD,SMP,SMA/SMK (DISINI)
Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika ada hal-hal yang dirasa dapat untuk di tanyakan atau di berikana masukkan mengenai postingan ini yang berhubungan dengan bantun program Indonesia pintar (PIP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel