Cara Tambah Peserta Didik Baru Di Dapodik Versi 2023

Salam Satu Data,
Memasuki tahun pelajaran baru yaitu tahun pelajaran 2022/2023 maka tentunya sebagai seorang operator sekolah mau tidak mau harus siap kembali melakukan aktivitas yang cukup berat dalam melakukan penginputan data ke dalam aplikasi dapodik.

Saat ini tim pengembang dapodik pusat telah membuat aplikasi dapodik versi terbaru yang di beri nama aplikasi dapodik versi 2023.
Bagi anda yang bertugas sebagai operator dapodik sekolah maka anda harus memiliki persiapan yang baik sebelum melakukan penginputan data peserta didik khususnya melakukan proses tambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik versi 2023.

Pada postingan saya kali ini, saya akan memberikan tutorial mengenai cara menambah siswa baru atau cara tambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik versi 2023. Bagi anda yang akan melakukan tugas dalam menambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik versi 2023 maka anda harus sudah mempersiapkan data-data peserta didik baru yang akan di masukkan ke dalam aplikasi dapodik versi 2023.

Tutorial yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini mengenai cara melakukan tambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik versi 2023 akan sangat membantu anda dalam melakukan proses tambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru saat ini.

Namun sebelum anda melakukan penambahan siswa baru atau menambahkan peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik VERSI 2023 maka di harapkan anda telah mempersiapkan data - data dan biodata lengkap yang di sertai dengan bukti fisik dari dokumen peserta didik baru yang akan di input kedalam aplikasi dapodik. Bukti fisik yang harus dipersiapkan antara lain adalah Ijazah peserta didik baru/SKHU sementara, Akte Kelahiran, Kartu keluarga, KTP kedua orang tua serta formulir pengisian PPBD.
Apabila seluruh data peserta didik baru telah lengkap maka tentunya proses dalam melakukan tambah peserta didik baru akan dapat dilakukan dengan mudah.

Sekedar informasi bahwa untuk bisa melakukan penambahan siswa baru kedalam aplikasi dapodik versi 2023 maka anda hanya dapat melakukannya dengan cara online dan dengan cara menarik data peserta didik baru tersebut dari sekolah asal menuju ke sekolah tujuan yang dalam hal ini adalah menuju kesekolah anda.

Proses tambah peserta didik baru dengan cara menarik data peserta didik dari sekolah asal ke sekolah tujuan dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu cara menambah siswa baru ke dalam aplikasi dapodik versi 2023 dapat dilakukan bagi peserta didik yang sekolahnya menggunakan aplikasi dapodik maupun tidak menggunakan aplikasi dapodik.

Baiklah berikut ini penjelasan mengenai cara untuk melakukan tambah peserta didik baru atau tambah sisiwa baru ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru, dengan cara melakukan penarikan data peserta didik baru secara online, dan dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

1. Langkah pertama silahkan anda kunjungi alamat link di bawah ini
sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini dan klik "login menggunakan SSO"

2. Selanjutnya silahkan anda masukkan username dan password dapodik lalu klik "masuk"

3. Jika sudah berhasil login, maka silahkan anda pilih menu "Aplikasi" dan selanjutnya klik menu icon "PD Baru" seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

4. Selanjutnya akan ada 2 pilihan proses tarik data yaitu menggunakan tarik data pada sekolah yang menggunakan dapodik atau tarik data pada sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik.
Jika anda ingin menarik data siswa yang disekolah asalnya menggunakan dapodik maka pilih "Dapodik"

5. Perlu di ingat bahwa Jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik maka silahkan pilih “ DAPODIK” namun jika peserta didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik seperti sekolah di bawah naungan departemen agama maka silahkan pilih “NON DAPODIK”

6. Selanjutnya untuk melakukan tarik data siswa maka silahkan isi data yang di perlukan seperti di bawah ini
  • Pada pilihan “propinsi” : silahkan isi sesuai dengan propinsi tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “kabupaten” : silahkan isi sesuai dengan kabupaten tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “kecamatan” : silahkan isi sesuai dengan kecamatan tempat sekolah asal peserta didik yang akan di tarik
  • Pada pilihan “sekolah asal” : silahkan isi sesuai dengan nama sekolah asal tempat peserta didik yang akan di tarik datanya
  • Pada pilihan “tahun lulus” : silahkan isi sesuai dengan tahun kelulusan peserta didik tersebut
Jika semua pilihan tersebut telah diisi degan benar, maka silahkan lanjutkan dengan mengklik Tampilkan” dengan tujuan agar seluruh nama-nama peserta didik yang akan di tarik dari sekolah tersebut muncul dan terlihat.

7. Selanjutnya silahkan anda pilih nama-nama siswa yang ingin di tarik datanya dengan memilih nama-nama siswa yang sesuai dengan daftar PPDB yang akan di tarik ke dalam aplikasi dapodik versi 2023, caranya yaitu dengan melakukan ceklis satu persatu nama-nama siswa yang akan di tarik tersebut kemudian jika semua nama-nama peserta didik telah di pilih maka langkah terakhir silahkan klik "Daftarkan"

Sebagai contohnya berikut ini tampilan nama-nama siswa yang siap untuk dilakukan penarikan datanya ke dalam aplikasi dapodik versi 2023.

Perlu di ingat bahwa jika seluruh proses penarikan data tersebut telah dilakukan dengan benar data yang telah di tarik tersebut tidak langsung masuk kedalam aplikasi dapodik versi 2023, sebab untuk dapat memasukkan nama-nama peserta didik tersebut maka anda harus terlebih dahulu melakukan tarik data di aplikasi dapodik versi 2023 dengan tujuan agar siswa yang telah di tarik dapat masuk kedalam aplikasi dapodik.

Jika anda telah berhasil melakukan tarik data pada aplikasi dapodik versi 2023 maka secara otomatis nama-nama peserta didik yang telah anda tarik tadi akan masuk kedalam aplikasi dapodik 2023.

Demikianlah cara untuk melakukan penambahan peserta didik baru di aplikasi dapodik versi 2023 secara manual.
Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat buat teman-teman operator yang membutuhkannya, dan apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar dapodik, maka anda dapat mengunjungi postingan yang lainnya di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel