Download Pedoman/Juknis MPLS Terbaru 2023/2024 SD,SMP,SMA,SMK

Kherysuryawan.id - MPLS ( masa pengenalan lingkungan sekolah ) merupakan sebuah kegiatan yang wajib di lakukan oleh setiap satuan pendidikan ketika memasuki tahun ajaran baru dan ketika melakukan penerimaan peserta didik baru.

Setiap satuan pendidikan mulai dari jenjang SD,SMP,SMA/SMK pastinya setiap tahun pelajaran baru akan melakukan peoses penerimaan peserta didik baru dan kegiatan tersebut rutin di lakukan ketika akan memasuki tahun pelajaran baru dengan tujuan untuk mencari para peserta didik baru yang akan melanjutkan pendidikannya.

Setiap memasuki tahun ajaran baru setiap sekolah tentunya akan melakukan proses penerimaan peserta didik baru. Setiap sekolah juga pastinya mengharapkan bisa memperoleh banyak siswa baru dengan mengadakan suatu promosi agar dapat menarik minat siswa baru untuk  dapat mendaftar di sekolah yang kita harapkan.

Pada saat akan melakukan proses penerimaan siswa baru setiap sekolah harus menyiapkan beberapa perlengkapan penting dalam pelaksanaan PPDB, diantaranya adalah menyiapkan formulir pendaftaran siswa baru sekaligus membuat brosur PPDB dengan tujuan untuk memeberi informasi mengenai persyaratan dan pengenalan sekolah tentang keunggulan yang dimiliki oleh sekolah yang akan di tuju nantinya sehingga calon peserta didik baru dapat mengetahui dengan jelas informasi sekolah yang akan di masuki nantinya.

Pada postingan saya sebelumnya saya telah membagikan file penting yang di butuhkan dalam kegiatan PPDB diantaranya adalah formulir PPDB, brosur PPDB, Kumpulan materi MPLS. Seluruh file tersebut telah saya bagikan secara gratis melalui blog kherysuryawan.id dan apabila anda belum memilikinya maka silahkan anda dapatkan melalui blog saya tersebut.

Selain itu jika penerimaan peserta didik baru telah selesai di lakukan maka tahapan selanjutnya yang tidak boleh di lewatkan yaitu memberikan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru mengenai program MPLS ( masa pengenalan lingkungan sekolah ) yang berisi materi-materi tentang pengenalan lingkungan sekolah. 
Materi tersebut sangat penting bagi para peserta didik baru terutama agar mereka dapat memahami aturan yang berlaku di sekolah baru tersebut serta calon peserta didik baru dapat memiliki wawasan baru sehingga dapat mengenal dan dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah baru yang akan di tempatinya.

Materi MPLS sangat penting untuk di berikan kepada peserta didik baru dengan tujuan memberikan pengenalan tentang situasi dan kondisi sekolah yang akan di tempati nantinya dan sekaligus dapat melatih mental para peserta didik baru agar dapat berinteraksi dengan lingkungan dan warga sekolah.

Jika pada tahun - tahun sebelumnya kegiatan penerimaan siswa baru sangat identik dengan kegiatan MOS (masa orientasi sekolah) yang mana pada kegiatan tersebut siswa baru biasanya akan di pelonco oleh kakak-kakak kelas mereka yang menjadi panitia pada penerimaan siswa baru sehingga tidak jarang dari mereka yang merupakan peserta siswa baru ada yang merasa tersakiti sehingga mereka enggan untuk melanjutkan pendidikannya, namun saat ini kegiatan MOS tersebut telah di ganti menjasi MPLS yang mana dengan kegiatan MPLS peserta didik baru tidak lagi di pelonco oleh kakak-kakak kelas mereka melainkan para peserta didik baru hanya di beri materi yang berhubungan dengan nuansa pendidikan dan pengenalan lingkungan sekolah baru yang akan mereka tempati nantinya.

Bagi anda yang menjadi panitia dalam kegiatan MPLS di sekolah maka anda harus memiliki atau setidaknya mengetahui pedoman dan juknis tentang pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah.

Memasuki tahun pelajaran baru seperti sekarang ini maka bagi anda yang menjadi panitia dalam kegiatan MPLS dan belum memiliki pedoman atau peraturan atau juknis pelaksanaan MPLS maka pada postingan ini saya akan membagikannya kepada anda.

Semoga dengan adanya pedoman/juknis pelaksaan MPLS maka anda dapat melaksanakan kegiatan MPLS di sekolah anda sesuai dengan peraturan yang telah di tetapkan secara nasional sehingga tidak ada lagi pelanggaran yang dilakukan selama kegiatan MPLS berlangsung.

Baiklah berikut ini pedoman atau juknis PPDB terbaru yang dapat anda miliki untuk anda baca sebagai pedoman anda dalam melakukan kegiatan MPLS di sekolah anda masing-masing.

JUKNIS MPLS TERBARU

  • Juknis & Silabus MPLS Tahun 2023/2024 (DISINI)
  • Formulir Peserta MPLS Terbaru (DISINI)
  • Materi MPLS Masa Biasa (DISINI)
  • Materi MPLS Masa Pandemi (DISINI)


BACA JUGA :

  • SK PANITIA MPLS TERBARU (DISINI)
  • Kartu Peserta MPLS Terbaru (DISINI)
  • SK Pemateri MPLS Terbaru (DISINI
  • Daftar Hadir Panitia/Pemateri MPLS Terbaru (DISINI)
  • Format Contoh Tata Tertib MPLS Terbaru (DISINI)
  • Contoh Format Jadwal MPLS Terbaru (DISINI)
  • Program Kerja MPLS Terbaru (DISINI)

Pedoman atau juknis tersebut tersimpan dalam format PDF sehingga anda dapat langsung memprintnya untuk anda jadikan sebagai pegangan dalam melaksanankan kegiatn MPLS di sekolah anda masing-masing.

Demikianlah Pedoman / Juknis tentang kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga apa yang dapat saya bagikan melalui postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel