Program Kerja Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2024

Kherysuryawan.id - Contoh Program Kerja Kepala Sekolah (KS) Terbaru mulai dari program kerja kepala sekolah SD, program kerja kepala sekolah SMP, program kerja kepala sekolah SMA/SMK.

Selamat berjumpa kembali di blog Pendidikan yang banyak membahas informasi seputar dunia pendidikan serta banyak membagikan file-file penting untuk administrasi pendidikan.

Melalui blog ini saya sebagai pemilik blog selalu berusaha untuk berbagi pengalaman dan berbagi ilmu pengetahuan baik dalam bentuk artikel yang berupa informasi maupun dalam bentuk file yang ada hubungannya dengan kebutuhan sekolah dengan tujuan untuk bisa berbagi demi kemajuan pendidikan.

Dalam pendidikan kurikulum 2013 sebagai seorang kepala sekolah tentunya di tuntut untuk ekstra dalam memberikan arahan dan pelayanan yang maksimal kepada setiap bawahannya sehingga dapat saling memberikan timbal balik yang dapat menghasilkan kekompakan dalam melakukan aktivitas di sekolah.

Seperti yang kita ketahui saat ini di mana kepala sekolah mulai dari jenjang TK,SD,SMP,SMA dan SMK sudah tidak lagi di berikan kewajiban untuk mengajar dan jabatan sebagai kepala sekolah sudah bukan lagi sebagai tugas tambahan melainkan kepala sekolah sudah secara otomatis menjadi seorang guru yang di beri amanah untuk menjadi manajer di sekolah yang di tempatinya.

Tugas sebagai seorang kepala sekolah baik di jenjang SD,SMP,SMA dan SMK sangat berat namun jika dilakukan dengan penuh kesabaran dan ketekunan serta adanya rasa tanggung jawab yang besar terhadap amanah yang di berikan maka tentunya tugas sebagai kepala sekolah tersebut dapat di kerjakan dengan baik, sehingga dengan adanya kemauan yang besar dalam memajukan sekolah dan dunia pendidikan maka peranan kepala sekolah sangat di butuhkan.

Kepala sekolah bukan lagi menjadi seorang guru yang harus mengajar di kelas namun kepala sekolah menjadi seorang manajerial yang dapat membimbing bawahannya agar dapat menjalankan tugas dengan baik serta mampu untuk memajukan sekolah kearah yang lebih maju.
Kepala sekolah di tuntut untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang bukan hanya di sukai oleh bawahannya melainkan juga dapat memberikan contoh yang baik dan positif bagi bawahannya sehingga benar-benar dapat menjadi teladan  bagi seluruh warga sekolah.

Kepala sekolah menjadi seorang yang memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan perubahan di sekolahya sehingga sebagai seorang kepala sekolah harus benar-benar dapat bekerja dengan penuh kedisplinan sesuai dengan visi dan misi sebagai seorang kepala sekolah.

Sebagai seorang kepala sekolah yang bertanggung jawab maka tentunya akan memiliki program kerja yang dapat di jadikan sebagai pedoman dalam mengatur pekerjaan yang akan dilakukan di sekolah tersebut selama ia menjabat sebagai kepala sekolah. Di dalam program kerja kepala sekolah terdapat beberapa hal penting yang menjadi dasar dalam tujuan yang akan di capai dalam program kerja tersebut.

Selain itu dalam membuat program kerja kepala sekolah maka tentunya harus memiliki tujuan yang akan di capai di dalam program kerja tersebut, dan berikut ini beberapa harapan yang kiranya dapat di kerjakan oleh seorang kepala sekolah dalam membuat program kerja  kepala sekolah :
  • Memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan di sekolahnya;
  • Memiliki strategi yang tepat untuk memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan melalui kerja sama
  • Memberi kesempatan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kemampuan profesinya, dan mendorong keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan yang menunjang tujuan sekolah;
  • Memiliki hubungan sangat erat dengan berbagai pihak yang terkait dengan upaya peningkatan mutu sekolah dan mendukung keterlaksanaan seluruh program sekolah dan produktivitas sekolah;
  • Melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan;
  • Mampu memberikan petunjuk dan pengarahan, meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan tugas secara proporsional;
  • Memiliki strategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memberikan teladan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, dan mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif;
  • Memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya; dan
  • Menjadi figur teladan yang dapat dijadikan contoh dan teladan bagi pendidik dan tenaga kependidikan maupun peserta didik;
Pada postingan kali ini dan melalui blog Kherysuryawan.id ini, maka saya akan memberikan sebuah modul/makalah program kerja untuk kepala sekolah yang terdiri dari beberapa BAB yang dapat di gunakan sebagai sebuah pedoman atau sebuah referensi untuk di gunakan di sekolahnya masing-masing.

Program kerja kepala sekolah yang akan saya bagikan ini dapat di gunakan untuk di jenjang SD, jenjang SMP, di jenjang SMA maupun di jenjang SMK.
Program kerja kepala sekolah yang akan saya bagikan tersebut dapat di miliki secara gratis untuk di gunakan sebagaimana perlunya pada sekolah anda masing-masing.

Bagi anda yang saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang sedang membutuhkan referensi program kerja kepala sekolah untuk jenjang SD,SMP,SMA/SMK atau anda yang saat ini di beri tugas oleh kepala sekolah untuk mencari file contoh program kerja kepala sekolah maka melalui postigan ini anda akan menemukan apa yang anda butuhkan.

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file program kerja kepala sekolah untuk jenjang SD,SMP,SMA /SMK dalam bentuk microsof word maka anda dapat memilikinya secara gratis, dan untuk bisa menyimpannya sebagai kebutuhan anda di sekolah maka silahkan anda download file program kerja kepala sekolah melalui link di bawah ini :

  • PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH DIMASA PANDEMI (DISINI)
  • PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SD TERBARU (disini)
  • PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SMP TERBARU (disini)
  • PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH SMA/SMK TERBARU (disini)
  • PROGRAM RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT) - (DISINI)
  • PROGRAM RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH (RKJM) - (DISINI)

Seluruh file program kerja kepala sekolah yang telah saya bagikan tersebut diatas dapat anda miliki secara gratis dan dapat digunakan sesuai dengan jenjangnya masing-masing.
Untuk bisa memiliki file tersebut di atas maka silahkan anda klik sesuai dengan judul program kerja kepala sekolah yang anda butuhkan, maka nantinya anda akan di arahkan ke link download yang telah di tentukan dan anda dapat menyimpannya.

Semoga file program kerja kepala sekolah SD,SMP,SMA/SMK yang telah saya bagikan tersebut melalui postingan ini dapat benar-benar bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya, dan apabila ada hal-hal yang ingin anda sampaikan tentang postingan yang saya buat ini kiranya dapat memberikan masukan atau tanggapan yang positif melalui kolom komentar yang tersedia, dan akhir kata apabila anda masih membutuhkan file-file lainnya yang berhubungan dengan sekolah dan dunia pendidikan maka silahkan anda kunjungi postingan yang lainnya yang telah banyak saya tulis dan bagikan di dalam blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel