Cara Cek Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) Secara Online

Kherysuryawan.id - Cara mengecek Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) secara online.
Salam sejahtera bagi anda yang sedang mengunjungi dan membaca postingan ini, dan Selamat datang di blog pendidikan ini.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai masalah yang berhubungan dengan data khususnya data untuk kepala sekolah.


Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa untuk menjadi seorang kepala sekolah maka harus memiliki sertifikat sebagai calon kepala sekolah dan apabila telah di angkat menjadi kepala sekolah dan belum memiliki sertifikat calon kepala sekolah makai a harus mengikuti diklat penguatan kepala sekolah dengan tujuan untuk bisa mendapatkan sertifikat yang membuktikan bahwa yang bersangkutan layak untuk di tugaskan sebagai kepala sekolah.

Apabila seorang kepala sekolah tidak memiliki sertifikat sebagai calon kepala sekolah makai a tidak layak untuk memiliki atau memegang jabatan sebagai kepala sekolah.
Tujuan seorang calon kepala sekolah mengikuti Pendidikan calon kepala sekolah adalah agar kelak ketika ia di angkat menjadi seorang kepala sekolah makai a telah layak untuk memgang jabatan tersebut sebab ia telah memiliki bukti fisik berupa sertifikat sebagai calon kepala sekolah atau sertifikat penguatan sebagai kepala sekolah.

Saat ini pada setiap satuan Pendidikan yang menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi terbaru maka kita akan menjumpai sebuah menu yang baru yang harus di pahami oleh operator sekolah yaitu menu untuk memasukkan nomor unik kepala sekolah atau yang biasa disingkat dengan NUKS.

Apabila seorang kepala sekolah tidak memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) maka kedepannya kepala sekolah tidak akan bisa menerimakan tunjangan sebagai kepala sekolah, sebab saat ini kepala sekolah sudah tidak lagi menerima tunjangan profesi guru atau yang sering di sebut dengan tunjangan sertifikasi melainkan kepala sekolah akan menerimakan yang Namanya tunjangan kepala sekolah.

Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) sangat penting bagi seorang kepala sekolah sebab dengan memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) maka akan membuktikan bahwa ia telah mengikuti pelatihan sebagai kepala sekolah dan telah memiliki sertifikat kepala sekolah yang di beri nama “Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan” (STTPP).

Bagi anda yang saat ini menjabat sebagai kepala sekolah dan merasa telah atau pernah mengikuti pelatihan Pendidikan sebagai calon kepala sekolah namun belum mengetahui Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) yang anda miliki maka saat ini anda dapat dengan mudah untuk mengetahuinya dengan cara mengecek Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) secara online.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mudah untuk mengecek Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) secara online.
Berikut ini penjelasannya :

CARA CEK NUKS/NRKS SECARA ONLINE
  • Selanjutnya silahkan anda cari menu "Cari STTPP"
  • Kemudian silahkan anda mencari nomor registrasi kepala sekolah (NRKS) dengan cara mengetikkan salah satu atau dengan mengkombinasikan pada form pencarian. 
  • Adapun jenis form pencarian yang di sediakan ada 3, yakni :
  1. Bisa mencari dengan menggunakan NIP/NUPTK/NRKS
  2. Bisa melakukan pencarian berdasarkan Nama
  3. Bisa melakukan pencarian berdasarkan wilayah propinsi
  • Jika langkah di atas telah anda lakukan maka nantinya anda akan melihat hasil pencarian sesuai dengan data yang anda ingin lihat. Adapun hasilnya akan terlihat 5 informasi kolom yang akan tampil setelah anda melakukan pencarian diantaranya sebagai berikut :
1.   Kolom nama : yakni menampilkan nama
2.   Kolom unit kerja : menampilkan nama unit kerja
3.   Kolom NRKS : menampilkan nomor registrasi kepala sekolah
4.   Kolom detail : menampilkan jendela informasi data yang lebih lengkap
5.   Kolom status : menampilkan sumber dari kepala sekolah mendapatkan NRKS ( terdiri dari 3 jenis kategori, yaitu melalui PPCKS, Penguatan kepala sekolah atau melalui STTPP.

  • Berikut ini contoh hasil NRKS yang telah di cek secara online :


Demikianlah informasi yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga melalui postingan ini bagi anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai cara untuk mengecek Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) secara online, maka kiranya postingan ini dapat membantu apa yang sedang anda butuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel