-->

Download Instrument Pengisian PMP Versi 2019 Jenjang SD,SMP,SMA,SMK

PMP merupakan singkatan dari penjaminan mutu Pendidikan, saat ini setiap satuan Pendidikan mulai dari jenjang SD,SMP,SMA dan SMK wajib untuk melakukan pengisian pada aplikasi PMP yang tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat mutu Pendidikan yang ada di sekolah tersebut.
Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pengisian pada aplikasi PMP dilakukan setahun sekali dan setiap tahun pastinya pihak kementerian yang dalam hal ini menangani masalah pengembangan aplikasi PMP selalu mengeluarkan aplikasi PMP yang baru.

Aplikasi PMP selalu di perbaharui dari tahun ke tahun  untuk mengetahui tingkat permasalahan yang sering di hadapi oleh setiap satuan Pendidikan yang menggunakan aplikasi tersebut ketika akan melakukan pengisian pada kuesioner PMP sehingga pihak pengembang akan melakukan pembaharuan aplikasi dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan pengguna dalam melakukan proses pengisian pada setiap instrument di aplikasi PMP.



Saat ini aplikasi PMP yang telah di rilis dan di gunakan adalah aplikasi PMP versi 2019. Bagi anda yang belum memiliki aplikasi PMP versi 2019 maka anda dapat melakukan download aplikasi tersebut melalui laman resmi pmp dikdasmen atau anda dapat juga mendownloadnya melalui postingan yang telah saya bagikan pada artikel sebelumnya.
Dalam melakukan pengisian pada aplikasi PMP maka tentunya kita akan membutuhkan sebuah instrument yang dapat membantu kita dalam melakukan pemilihan jawaban yang sesuai dengan apa yang kita alami di sekolah masing – masing serta melalui instrument kuesioner PMP tersebut juga kita akan terbantu dalam melakukan pengisiannya ke dalam aplikasi PMP.

Pada aplikasi PMP versi 2019 ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam proses pengisiannya yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan HP Android, IOS (tablet) dan juga dapat dilakukan dengan menggunakan computer. Proses pengerjaannya pun dapat dilakukan baik melalui mode offline maupun dengan mode online.

Pada postingan ini saya akan membagikan 4 jenis instrument pengisian kuesioner aplikasi PMP versi 2019 yaitu meliputi instrument PMP jenjang SD, instrument PMP jenjang SMP, instrument PMP jenjang SMA, dan instrument PMP jenjang SMK.
Namun sebelum saya membagikan instrument pengisian kuesioner aplikasi PMP maka saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pentingnya dalam melakukan pengisian pada aplikasi PMP yang apabila ada sekolah yang tidak melakukan pengisian pada aplikasi PMP maka akan berpengaruh pada penerimaan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Saat ini pemerintah yang dalam hal ini kementerian Pendidikan telah memberikan anggaran Pendidikan yang semakin besar dan juga pemberian dana BOS pun sudah di tambah menjadi 3 jenis yang mana jika sebelumnya setiap satuan Pendidikan hanya menerimakan dana Bos regular saja maka mulai tahun 2019 ini pemerintah telah menambahnya dengan memberikan bantuan dana BOS Afirmasi dan juga dana BOS kinerja.

Nah untuk sekolah yang akan menerimakan dana BOS afirmasi dan Kinerja maka harus selalu aktif dalam melakukan pengisian pada aplikasi dapodik dan juga aplikasi PMP agar sekolah tersebut dapat memperoleh bantuan dana bos afirmasi dan kinerja.

Berbicara mengenai pengisian PMP yang dalam hal ini untuk mengetahui mutu sekolah maka anda harus paham bahwa pemetaan mutu merupakan Proses terkait kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi tentang capaian   pemenuhan   standar   nasional   pendidikan   dari   mulai   tingkat   sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.
Dengan melakukan pemetaan mutu maka akan Memberikan  gambaran  kepada  berbagai  pemangku  kepentingan  tentang  capaian pemenuhan standar nasional pendidikan.

Dalam melakukan pengisian kuesioner pada aplikasi PMP kita juga harus mengetahui siapa saja yang memiliki kewajiban dalam melakukan pengisian pada kuesioner aplikasi PMP tersebut, nah untuk mengetahui siapa saja yang harus terlibat dalam pemetaan mutu maka berikut ini penjelasannya :

YANG TERLIBAT DALAM PEMETAAN MUTU ADALAH :

·         Warga sekolah yang memberikan data dan informasi pada level sekolah yaitu:

  Kepala sekolah

  Perwakilan guru

-          minimal 1 guru per mata pelajaran.
-          Total perwakilan guru minimal 8 - 10 guru

·         Perwakilan siswa, dengan ketentuan:

-          Minimal 5 siswa per tingkat kelas.
-          Total perwakilan siswa minimal 15 siswa tiap sekolah.

·         Perwakilan komite sekolah

-          minimal 1 orang perwakilan pimpinan komite
-          minimal 2 orang perwakilan orang tua siswa

·       Pengawas    yang    merupakan    pengawas    pembina/manajerial.    menggunakan instrumen berupa kuesioner pemetaan mutu pendidikan yang  dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

·       Pengawas sekolah dan/atau petugas pemetaan mutu yang telah dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk melakukan proses verifikasi dan validasi atas data yang akan disampaikan oleh sekolah.

·       Petugas pemetaan mutu atau operator DAPODIK dapat dilibatkan untuk  membantu sekolah dalam merekam dan mengirimkan data dan informasi pemetaan mutu melalui aplikasi pengumpulan data yang ada di sekolah.

·       Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  melalui  Direktorat  Jenderal  Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu oleh Lembaga Penjaminan Mutu  Pendidikan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengkoordinir agar  seluruh sekolah dapat terpetakan mutunya.

Nah bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan instrument pengisian kuesioner aplikasi PMP 2019 maka pada postingan ini anda akan dengan mudah mendapatkannya sebab saya akan membagikannya dengan lengkap mulai dari instrument PMP jenjang SD, instrument PMP jenjang SMP, instrument PMP jenjang SMA, dan instrument PMP jenjang SMK

Bagi anda yang ingin memperolehnya, maka silahkan anda download melalui link download si bawah ini:

==> Perangkat Instrumen PMP SD Tahun 2019

==> Perangkat Instrumen PMP SMP Tahun 2019

==> Perangkat Instrumen PMP SMA Tahun 2019

==> Perangkat Instrumen PMP SMK Tahun 2019


Demikianlah postingan mengenai instrument pengisian PMP versi 2019 untuk instrument PMP jenjang SD, instrument PMP jenjang SMP, instrument PMP jenjang SMA, dan instrument PMP jenjang SMK yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel