Program Kerja Wakasek Kesiswaan Terbaru Tahun 2020/2021 SMP,SMA,SMK

Kherysuryawan.id - Sebagai seorang wakil kepala sekolah maka pekerjaan yang harus dilakukan adalah membantu kepala sekolah dalam membangun mutu dan kualitas pendidikan yang ada di sekolah tersebut.
Pada jenjang SMP,SMA dan SMK Tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah terdiri dari beberapa jenis yaitu salah satunya adalah sebagai wakil kepala sekolah di bidang kesiswaan.

Wakil kepala sekolah yang menangani bidang kesiswaan lebih cenderung memiliki tugas dalam mengarahkan peserta didik dan membuat perwakilan dari masing-masing kelas kedalam sebuah organisasi yang di sebut dengan OSIS.
Tugas wakil kepala sekolah kesiswaan adalah membina pengurus osis agar dapat menjadi panutan bagi peserta didik lainnya sehingga nantinya pengurus osis dapat menjadi contoh yang baik bagi peserta didik yang lainnya.
Tugas sebagai wakil kepala sekolah memiliki jam tambahan setara dengan tugas mengajar guru di kelas sebanyak 12 jam pelajaran, sehingga tugas sebagai wakil kepala sekolah pada dasarnya sama dengan tugas mengajar seorang guru selama melakukan tatap muka di kelas dan di hitung sebanyak 12 jam pelajaran di dalam aplikasi dapodik.

Ada beberapa hal penting yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai seorang kepala sekolah khususnya wakasek pada bidang kesiswaan.
Berikut ini beberapa tugas penting yang harus dilakukan oleh seorang wakil kepala sekolah pada bidang kesiswaan, 


1.     Menyusun program pembinaan kesiswaan / OSIS

2.     Melaksanakan bimbingan, pengarahan, pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus

3.     Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi

4.     Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insindental

5.     Membina dan melaksanakan koordinasi  keamanan, kesehatan, kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan dan kekeluargaan ( 7 K )

6.     Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon – calon siswa penerima beasiswa

7.     Pengadaan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah

8.     Mengatur mutasi siswa

9.     Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan


10. Menyusun program kegiatan ekstrakurikuler

Menjadi seorang wakil kepala sekolah bidang kesiswaan harus dapat membuat sebuah program kerja yang mana dari program kerja tersebutlah nantinya seorang wakil kepala sekolah dapat melihat hal-hal apa saja yang akan dilakukannya selama memegang jabatan sebagai wakil kepala sekolah khususnya pada bidang kesiswaan.

Pada postingan ini saya akan memberikan sebuah contoh program kerja wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yang mana program kerja wakasek kesiswaan ini dapat di gunakan pada jenjang SD, SMP, SMA dan jenjang SMK.
Bagi anda yang memegang pekerjaan atau di beri mandat sebagai wakil kepala sekolah khususnya pada bidang kesiswaan maka tentunya anda akan membutuhkan sebuah program kerja tahunan sebagai wakasek kesiswaan.

Kiranya melalui postingan ini, file program kerja wakil kepala sekolah kesiswaan yang akan saya bagikan ini dapat menjadi sebuah referensi bagi anda dalam membuat sebuah program kerja wakasek kesiswaan sehingga anda dapat mengetahui hal-hal penting apa saja yang harus di masukkan ke dalam pembuatan program kerja sebagai wakasek kesiswaan.

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file contoh program kerja wakil kepala sekolah bidang kesiswaan versi terbaru untuk jenjang SD,SMP,SMA dan SMK yang akan saya bagikan pada postingan ini maka anda dapat mendownloadnya dengan cara silahkan anda klik pada judul di bawah ini ;

  • Program kerja wakasek terbaru (disini)

Demikianlah postingan kali ini semoga melalui blog Kherysuryawan.id ini file program kerja wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yang telah saya bagikan tersebut dapat bermanfaat bagi anda bapak atau pun ibu guru yang sedang membutuhkannya.

0 Response to "Program Kerja Wakasek Kesiswaan Terbaru Tahun 2020/2021 SMP,SMA,SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->