Silabus K13 Kelas 3 SD Semester 1 & 2 Revisi 2021

Kherysuryawan.id - Download Silabus k13 Kelas 3 SD Lengkap Semester 1 dan semester 2 Semua mata pelajaran Revisi 2021.
Salah satu dokumen penunjang dalam melakukan aktivitas mengajar bagi seorang guru adalah perangkat pembelajaran. Ada beberapa jenis perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh seorang guru yang salah satunya adalah silabus. Topik pembahasan yang akan di angkat pada postingan kali ini ialah mengenai perangkat pembelajaran silabus untuk kelas 3 SD. Silabus pembelajaran untuk jenjang SD kelas 3 terdiri dari 2 bagian yang dapat digunakan selama 1 tahun pelajaran yakni silabus kelas 3 SD untuk semester 1 dan juga silabus kelas 3 SD untuk semester 2.

Sebagai seorang pendidik perangkat pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu proses kelancaran dalam kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran memiliki pengaruh yang besar dalam hal persiapan guru, proses mengajar guru dan juga dalam kegiatan evaluasi belajar. Guru di tuntut untuk bisa mengembangkan silabus pembelajaran dan di sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik dalam mencapai target yang di harapkan yakni dapat mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan.

Seorang pendidik dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik dan maksimal apabila pendidik telah memiliki persiapan yang mantap yang akan di gunakan sebagai senjata dalam melakukan proses pembelajaran. Persiapan mengajar seorang guru dibuat sesuai dengan materi yang akan diajarkan serta di sesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Guru atau pendidik di tuntut untuk bisa menuntaskan materi yang telah di atur dalam kurikulum 2013 sehingga guru harus benar-benar dapat membuat perangkat pembelajaran yang sedimikian rupa untuk dapat mencapai target yang telah di tetapkan.

Salah satu perangkat pembelajaran seperti silabus sangat penting bagi seorang guru untuk di buat dan di kembangkan. Pasalnya silabus menjadi pokok dalam proses pembuatan perangkat pembelajaran RPP. Di dalam silabus jenjang SD khususnya pada kelas 3 SD terdapat beberapa aspek yang harus di penuhi didalamnya yang diantaranya adalah jenis mata pelajaran, kompetensi dasar, indicator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
Seluruh aspek tersebut saling berkesinambungan antara yang satu dengan yang lainnya.

Khusus untuk aspek penilaian pada kurikulum 2013 ada beberapa jenis penilaian yang harus di nilai oleh seorang guru, diantaranya adalah penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan juga penilaian keterampilan. Pada jenjang SD guru di tuntut untuk bisa memberikan pembelajaran yang baik sebab pada jenjang SD merupakan dasar bagi seorang peserta didik dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang nantinya dapat menjadi bekal untuk dapat melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam melakukan aktivitas di sekolah, sebab bukan hanya sekedar mengajar tetapi guru juga harus dapat memberikan contoh yang baik kepada setiap peserta didiknya sehingga guru harus benar benar membuat persiapan mengajar yang baik agar ketika akan melakukan proses pembelajaran guru dapat mengajar secara terarah dan sesuai dengan materi yang akan di pelajari.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi perangkat pembelajaran silabus untuk jenjang SD khususnya bagi yang mengajar di kelas 3 SD dan telah menggunakan kurikulum 2013. Adapun isi dari silabus yang akan saya bagikan ini sudah memuat materi mulai dari semester 1 dan juga semester 2 sehingga dapat di gunakan selama 1 tahun. Bagi bapak dan ibu guru yang saat ini mengajar di kelas 3 dan belum memiliki perangkat pembelajaran silabus untuk kelas 3 SD maka kiranya melalui postingan ini akan membantu bapak dan ibu guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran di sekolah.
Silabus kelas 3 SD semester 1 dan semester 2 kurikulum 2013 yang akan saya berikan ini sudah merupakan silabus hasil revisi di tahun 2021 sehingga dapat di gunakan untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran di tahun ini. Perangkat pembelajaran silabus kelas 3 SD ini terdiri dari 8 tema, dan bagi anda yang membutuhkannya maka dapat memiliki filenya secara gratis yang akan saya bagikan berikut ini.
  • Silabus Kelas 3 Tema 1 Semester 1 ( Link )
  • Silabus Kelas 3 Tema 2 Semester 1 ( Link )
  • Silabus Kelas 3 Tema 3 Semester 1 ( Link )
  • Silabus Kelas 3 Tema 4 Semester 1 ( Link )
  • Silabus Kelas 3 Tema 5 Semester 2 ( Link )
  • Silabus Kelas 3 Tema 6 Semester 2 ( Link )
  • Silabus Kelas 3 Tema 7 Semester 2 ( Link )
  • Silabus Kelas 3 Tema 8 Semester 2 ( Link )
  • Untuk Silabus Kelas 1 SD Revisi Terbaru (DISINI)
Semoga file silabus diatas dapat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru SD khususnya yang mengajar di kelas 3 dan dapat menjadi referensi sehingga ketika membutuhkan perangkat pembelajaran khususnya silabus maka file tersebut dapat digunakan.
Demikianlah postingan kali ini, dan atas partisipasi anda dalam mengunjungi artikel ini saya ucapkan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel