Silabus Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2021

Kherysuryawan.id – Download silabus kurikulum 2013 kelas 2 SD Lengkap semester 1 dan semester 2 revisi 2019 – 2021.
Sebagai seorang guru kelas, tugas yang di emban bukan hanya semata-mata mengajar saja, melainkan harus dapat memberi contoh dan menanamkan sifat yang menunujukkan karakter sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat pada katrakter kurikulum 2013. Guru harus dapat mendidik dan mengajar dengan baik sehingga dapat melahirkan penerus bangsa yang kreatif dan berjiwa nasionalis.

Guru dalam proses mengajar memiliki segudang pekerjaan yang tidak hanya di kerjakan di sekolah malinkan juga terkadang harus dikerjakan di rumah, belum lagi jika harus mengurus keluarga, sehingga terkadang banyak guru yang tidak dapat membagi waktunya dengan baik antara waktu untuk keluaraga dan waktu untuk di sekolah. Walaupun demikian tentunya kewajiban sebagai seorang guru tidak boleh di abaikan terutama dalam hal melakukan proses pembelajaran di sekolah.
Salah satu pekerjaan guru yang sering menyita waktu adalah ketika guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk proses mengajar di kelas. Perangkat pembelajaran wajib di buat oleh seorang guru agar guru memiliki persiapan yang matang ketika akan mengajar sehingga apa yang akan di sampaikan dan di ajarkan kepada peserta didiknya semuanya dapat tersampaikan dengan sangat baik dan terarah sesuai dengan persiapan yang telah di buat.

Salah satu jenis perangkat pembelajaran yang harus dibuat dan dikembangkan oleh seorang guru adalah perangkat pembelajaran silabus. Perangkat pembelajaran silabus merupakan perangkat dasar bagi seorang guru yang dapat di gunakan dalam membuat perangkat pembelajaran turunan seperti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebenarnya pemerintah pusat dalam hal ini kementerian Pendidikan telah memberikan pokok-pokok inti yang harus ada dan harus di terapkan di dalam silabus sehingga guru tinggal mengembangkan silabus tersebut sesuai dengan kondisi di sekolah atau di wilayahnya masing-masing sesuai dengan kesepakatan yang di adakan pada pertemuan musyawarah guru mata pelajaran.

Berbicara mengenai perangkat pembelajaran silabus, pastinya masih banyak guru SD yang hingga saat ini belum memiliki perangkat pembelajaran silabus tersebut, entah di karenakan tidak mengerti dalam membuat dan mengembangkan silabus tersebut atau karena tidak memiliki waktu yang tepat untuk membuatnya. Hal tersebut banyak terjadi di sekolah-sekolah dan menyebabkan guru menjadi bingung mencari perangkat pembelajaran ketika akan dilakukan sidak oleh kepala sekolah maupun oleh pengawas sekolah pada saat akan dilakukan supervisi.

Perangkat pembelajaran wajib di buat oleh setiap guru mata pelajaran maupun oleh guru kelas, olehnya itu guru harus memiliki persiapan yang baik sebelum melakukan aktivitas mengajar. Apabila guru telah membaca dengan baik langkah -langkah dalam membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku maka pastinya semua guru akan dapat melakukannya dengan mudah.
Pada kesempatan kali ini untuk memudahkan guru dalam memiliki referensi mengenai perangkat pembelajaran silabus, maka saya akan memberikan sebuah file perangkat pembelajaran silabus khususnya silabus untuk kelas 2 SD yang mana di dalam silabus ini telah dilengkapi dengan seluruh jenis mata pelajaran yang di ajarkan si kelas 2 SD dan juga telah lengkap mulai dari semester 1 hingga semester 2 dan sudah merupakan silabus hasil revisi terbaru tahun 2021.

Bagi bapak dan ibu guru kelas 2 SD yang belum sempat membuat perangkat pembelajaran silabus, maka melalui postingan ini anda dapat memiliki filenya dengan mudah, dan anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi untuk membuat dan menyiapkan perangkat pembelajaran yang anda butuhkan untuk keperluan di sekolah.
Baiklah untuk bisa mendapatkan filenya, maka silahkan anda ambil file silabus kelas 2 SD di bawah ini, sesuai dengan semester yang anda butuhkan.
  • Silabus Kelas 2 Tema 1 Semester 1 (Link)
  • Silabus Kelas 2 Tema 2 Semester 1 (Link)
  • Silabus Kelas 2 Tema 3 Semester 1 (Link)
  • Silabus Kelas 2 Tema 4 Semester 1 (Link)
  • Silabus Kelas 2 Tema 5 Semester 2 (Link)
  • Silabus Kelas 2 Tema 6 Semester 2 (Link)
  • Silabus Kelas 2 Tema 7 Semester 2 (Link)
  • Silabus Kelas 2 Tema 8 Semester 2 (Link)
  • Untuk Silabus Kelas 3 Semua Tema Versi Terbaru  DISINI
Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang perangkat pembelajaran silabus kelas 2 SD revisi terbaru, semoga file silabus yang telah saya bagikan tersebut dapat digunakan dengan baik untuk kebutuhan anda di sekolah dalam melengkapi administrasi guru di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel