8 Tahapan Cara Membuat Jadwal Pelajaran Otomatis Tanpa Bentrok

kherysuryawan.id – Aplikasi pembuat jadwal pelajaran untuk sekolah SD,SMP,SMA/SMK menggunakan exel dan dijamin mudah dalam menggunakannya.
Setiap memasuki awal semester untuk sekolah baik jenjang sekolah dasar maupun sekolah menengah tentunya pihak sekolah harus menyiapkan perlengkapan yang di butuhkan dalam kelancaran proses pembelajaran. Salah satu hal penting yang harus di persiapkan oleh sekolah yaitu jadwal pelajaran.

Adapun Pihak sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembuatan jadwal pelajaran yaitu wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Sebagai seorang yang menangani urusan kurikulum maka memasuki awal semester tentunya akan sangat sibuk dalam mempersiapkan pembuatan jadwal pelajaran. Hal utama yang harus dilakukan sebelum membuat jadwal atau roster pelajaran yaitu melakukan rapat pembentukan panitia dan urusan-urusan sekolah sekaligus rapat pembagian tugas mengajar bagi guru dan juga tugas bagi tenaga kependidikan.

Dari hasil rapat pembagian tugas itulah, maka nantinya urusan kurikulum dapat melakukan pembuatan jadwal pelajaran. Jika anda merupakan salah satu orang yang termasuk sebagai urusan kurikulum maka mau tidak mau anda harus dapat membuat jadwal pelajaran dengan baik agar pelaksanaan pembelajaran di sekolah dapat berlangsung dengan lancar.
Bagi sebagian orang khususnya yang menangani bagian kurikulum, banyak yang merasa sangat kesulitan dalam mengahadapi persoalan dalam membuat jadwal pelajaran mulai dari mengatasi adanya jam pelajaran yang tabrakan hingga menerima masukan dari teman guru yang menginginkan agar jam mengajarnya dapat di tempatkan di hari tertentu sesuai keinginan mereka.

Memang dalam membuat jadwal pelajaran mau tidak mau pekerjaan tersebut harus dilakukan dengan sabar dan teliti apalagi jika dalam membuat jadwal pelajaran ternyata anda belum memiliki pengalaman sebelumnya dalam melakukan hal tersebut maka pastinya anda akan merasa sedikit kebingungan dalam melakukan pekerjaan tersebut. Berbeda halnya jika sebelumnya anda sudah sering membuat jadwal pelajaran maka tentunya anda sudah memiliki pengalaman dalam mengatasi masalah-masalah yang sering timbul ketika anda membuat jadwal pelajaran di sekolah.
Bagi sekolah yang masih memiliki ruang kelas atau rombel yang sedikit mungkin saja masih belum terlalu sulit dalam membuat jadwal pelajaran, namun bagaimana halnya dengan sekolah yang memiliki banyak rombel maka tentunya akan membutuhkan pemikiran yang ekstra dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Melalui postingan ini admin akan merekomendasikan kepada anda yang saat ini sedang membutuhkan trik atau cara cepat dalam membuat jadwal pelajaran untuk di gunakan di sekolah anda. Meskipun sekolah anda memiliki rombel yang banyak maka anda akan mudah dalam membuat jadwal pelajaran jika anda mengikuti cara yang akan admin jelaskan pada postingan kali ini.
Adapun cara yang memudahkan anda dalam membuat jadwal pelajaran untuk sekolah anda maka anda harus menggunakan sebuah aplikasi yang dapat di buka dengan menggunakan Microsoft office exel yang sangat mudah untuk di lakukan.

Aplikasi pembuat jadwal pelajaran sekolah yang akan admin berikan pada postingan ini di buat dalam bentuk exel dan telah di lengkapi dengan rumus yang dapat membaca jika terjadi tabrakan pada jam pelajaran yang telah di buat sehingga pengguna akan merasa sangat mudah dalam membuat jadwal pelajaran . selain itu dengan bantuan aplikasi pembuat jadwal pelajaran dalam bentuk exel ini maka akan mempersingkat waktu anda dalam membuat jadwal pelajaran untuk sekolah anda.

Apabila anda berminat untuk memiliki aplikasi pembuat jadwal pelajaran otomatis anti bentrok dalam bantuk exel ini, maka anda dapat memilikinya secara gratis dan dapat menggunakannya untuk sekolah anda mulai dari jenjang SD,SMP, SMA maupun SMK.
Berikut ini aplikasinya yang dapat anda unduh secara Cuma-Cuma
  • Aplikasi pembuat jadwal pelajaran otomatis (DISINI)
Adapun langkah-langkah dalam menggunakannya yaitu sebagai berikut :
Berikut ini 8 tahapan cara menngunakan aplikasi pembuat jadwal pelajaran otomatis anti bentrok.
1.   Silahkan anda buka aplikasi pembuat jadwal pelajaran dalam bentuk exel tersebut
2.   Selanjutnya silahkan anda isi identitas data sekolah anda yang meliputi : Nama sekolah, alamat, tahun pelajaran, semester saat ini, nama kepala sekolah, NIP kepala sekolah, nama kota, dan tanggal penetapan jadwal.
3.   Kemudian silahkan input nama-nama guru dan berikan nama kode bagi setiap guru
4.   Isikan nama mata pelajaran yang sesuai dan di gunakan pada kurikulum yang berlaku di sekolah anda
5.   Isikan jumlah jam pada masing-masing guru sesuai dengan kelas yang diampunya dan di sesuaikan dengan jumlah jam yang ada pada mata pelajaran tersebut.
6.   Selanjutnya silahkan isi tabel aplikasi sesuai dengan yang anda inginkan dan jika terjadi tabrakan maka akan terlihat warna merah dan jika jam masih kurang maka akan berwarna hijau, jika jam lebih maka akan berwarna kuning sedangkan jika jam telah pas atau terpenuhi maka akan berwarna putih.
7.   Jika anda telah selesai dan berhasil melakukannya dengan sempurna maka anda dapat langsung memprint hasilnya melalui aplikasi tersebut ataupun dapat mencopy hasil pengisian yang ada pada tabel aplikasi dan menyimpannya di exel yang baru untuk di atur posisinya sesuai dengan keinginan.
8.   Selesai.

Jika anda telah memahami cara untuk melakukannya dengan benar, maka dapat dipastikan anda akan sangat terbantu dalam membuat jadwal pelajaran sekolah dengan menggunakan bantuan aplikasi dalam bentuk exel tersebut sebab anda dapat sangat menghemat waktu dalam mengerjakannya.
Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya dan semoga anda yang menggunakannya dapat memperolah hasil yang memuaskan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel