Cara Mudah Membuat RPP 1 Halaman Jenjang SD,SMP,SMA/SMK

Kherysuryawan.id – Trik Mudah dalam membuat atau menyusun RPP 1 Lembar mulai dari RPP jenjang SD hingga SMA.
RPP 1 halaman atau 1 lembar merupakan RPP yang saat ini banyak di cari-cari oleh guru di seluruh Indonesia. RPP 1 lembar di gunakan mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga SMK. Sejak keluarnya surat edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP maka sejak saat itu pula RPP versi 1 lembar sudah mulai di berlakukan dan mulai banyak dicari dan diminati oleh guru-guru di seluruh Indonesia.

Banyak guru-guru mulai dari jenjang SD hingga SMA yang masih meragukan dalam menggunakan RPP versi 1 halaman. Banyak yang bertanya-tanya apakah saat ini RPP dengan format 1 halaman sudah dapat di gunakan atau belum. Pertanyaan tersebut tentunya menimbulkan persepsi bahwa RPP 1 halaman belum fix untuk di gunakan dan di terapkan dalam pembelajaran.
Menurut saya pribadi sebagai seorang admin yang sering membagikan perangkat pembelajaran, bahwa RPP 1 halaman atau RPP 1 lembar dapat di gunakan bagi guru yang ingin menggunakannya dalam proses pembelajaran sebagai bahan analisis keberhasilan proses dalam tahapan pembelajaran, namun jika guru yang bersangkutan belum mampu untuk menerapkan atau menggunakan RPP versi 1 lembar maka juga tidak di paksakan sehingga guru masih tetap dapat menggunakan RPP versi kurikulum 2013 yang masih menggunakan banyak halaman.
Intinya baik RPP 1 lembar ataupun RPP k13 versi lama dengan banyak halaman semuanya masih tetap dapat di gunakan oleh guru dalam melakukan pembelajaran dan untuk kegiatan supervisi namun hendaknya RPP yang di gunakan merupakan RPP yang dapat membantu aktivitas guru dalam menganalisis keberhasilan pembelajaran dan tentunya dapat berorientasi kepada murid atau peserta didik.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan trik mudah dalam membuat dan menyusun RPP 1 halaman baik untuk jenjang SD,SMP,SMA maupun jenjang SMK. Postingan kali ini bukan untuk membagikan perangkat pembelajaran RPP 1 lembar melainkan lebih kepada tahapan dan langkah-langkah mudah dalam membuat RPP versi 1 halaman agar guru dapat lebih efisien dan kreatif dalam membuat RPP versi 1 halaman.
Jika bapak dan ibu guru merasa kesulitan dalam membuat RPP 1 halaman maka kiranya melalui postingan ini maka bapak dan ibu guru dapat dengan mudah dalam menerapkan proses pembuatan RPP versi 1 lembar. Di postingan admin yang sebelumnya telah banyak admin bagikan jenis RPP 1 lembar dan juga format RPP 1 halaman, dan apabila anda membutuhkannya maka anda dapat memiliki filenya yang telah admin bagikan pada postingan-postingan sebelumnya.

Perlu di pahami oleh bapak dan ibu guru bahwa dalam membuat RPP 1 lembar maka hal terpenting yang harus di pahami yakni jenis komponen yang harus di muat dalam proses pembuatan RPP 1 halaman tersebut. Adapun komponen penting yang harus termuat dalam RPP 1 halaman sesuai arahan mendikbud yaitu terdiri dari 3 komponen yakni yang pertama ialah Tujuan pembelajaran yang harus memuat unsur ABCD ( audient, behavior, condition, dan degree), yang kedua yaitu langkah-langkah pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan juga kegiatan penutup yang di lakukan oleh guru dan siswa serta yang ketiga yaitu assesment atau sistem penilaian yang meliputi jenis penilaian sikap, pengetahuan dan juga penilaian keterampilan.

Untuk mudah dalam membuat RPP versi 1 lembar yakni bapak dan ibu guru dapat menjadikan RPP k13 versi lama sebagai bahan pedoman yang nantinya RPP tersebut di sederhanakan sehingga yang tadinya memuat banyak halaman maka kini dapat di sederhanakan menjadi 1 halaman saja.
Trik mudah dalam membuat RPP 1 halaman yaitu :
1.   Siapkan RPP k13 versi lama
2.   Sederhanakan setiap pertemuan yang ada di RPP k13 menjadi 1 kali pertemuan saja
3.   Ambil tujuan pembelajaran pada setiap 1 pertemuan
4.   Ringkaslah kegiatan yang ada pada langkah-langkah pembelajaran sehingga ambil unsur yang terpenting saja mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup (Tidak perlu penjelasan, melainkan cukup intinya saja)
5.   Untuk penilaian atau assesment maka ambil jenis penilaian yang di gunakan pada pertemuan tersebut dan cukup menyebutkan jenis penilaian yang di gunakan serta cara melakukan penilaian pada saat pembelajaran.
6.   Pantau hasil RPP yang telah anda sederhanakan dan usahakan hanya memuat 1 halaman saja dalam setiap 1 kali pertemuan sehingga anda mudah dalam membuat RPP.

Jika langkah-langkah di atas dapat anda terapkan dalam membuat RPP, insyaallah anda akan mudah dalam membuat RPP versi 1 lembar, yang terpenting adalah anda harus terlebih dahulu memiliki referensi RPP kurikulum 2013 yang nantinya dapat menjadi senjata bagi anda dalam melakukan penyederhanaan RPP.

Mungkin itu saja yang admin dapat sampaikan pada postingan kali ini, dan apabila anda yang masih belum memiliki referensi RPP k13 ataupun jenis RPP 1 lembar maka anda dapat melihat contohnya melalui postingan yang telah saya bagikan pada artikel sebelumnya.
Sekian yang dapat admin berikan, dan terimakasih atas kesediaan anda dalam membaca postingan ini, semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel