Inilah Suka Duka Menjadi Seorang Guru

Kherysuryawan.id pada kesempatan ini akan memberikan pengalaman yang berhubungan dengan aktivitas yang di lakukan dan di alami oleh seorang guru di sekolah.
Guru merupakan seseorang yang menjadi panutan bagi setiap peserta didiknya bahkan bagi masyarakat sekitar, guru sering di sebut sebagai seseorang yang patut di gugu dan di tiru sehingga untuk menjadi seorang guru harus benar-benar dapat menjaga segala bentuk tingkah laku agar dapat mencerminkan seorang guru yang sesuai dengan persepsi banyak orang.

Tahukah anda bahwa tugas menjadi seorang guru itu sangat berat lho….!
Guru di tuntut untuk bisa mengajar namun juga harus bisa mendidik. Perlu di ketahui bahwa kata mengajar dan mendidik itu memiliki arti yang berbeda. Mengajar berarti memberi sesuatu yang dapat membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu namun tidak merubah perilaku seseorang yang di ajarnya, dalam hal ini siapapun dapat mengajar atau memberi dan mentransfer ilmu kepada orang lain. Berbeda halnya dengan mendidik, dimana mendidik merupakan aktivitas yang dapat merubah tingkah laku seseorang yang mungkin tadinya orang tersebut memiliki sifat yang nakal meka setelah dididik maka orang tersebut menjadi tidak nakal.

Selain mengajar dan mendidik guru juga harus dapat membuat dan menyiapkan bahan ajar, perangkat pembelajaran, hingga melakukan aktivitas belajar sama halnya dengan anak yang masih sekolah. Mengapa guru harus selalu belajar? Sebab jika guru tidak belajar maka tentunya apa yang akan di ajarkan kepada peserta didiknya tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Ibaratnya jika pisau tidak di asah maka lama kelamaan tentunya akan tumpul juga.
Guru menjadi tonggak bagi generus bangsa sehingga guru memang harus dapat memberikan pengajaran yang baik kepada setiap peserta didiknya agar menjadi bekal bagi mereka yang telah di ajarnya.

Saat ini, guru juga di tuntut harus dapat mahir dan bisa menguasai komputer. Hal itu tentunya akan menjadi beban yang sangat berat bagi mereka yang telah berumur dan mau tidak mau mereka harus belajar dan bisa menguasainya. Selain itu guru juga sering di hadapkan pada satu persoalan yang berat yakni harus sabar dalam menghadapi siswa yang memiliki sifat yang kurang bisa di atur alias nakal dan bandel. Dalam banyak kasus sering kita temui dimana guru banyak mengalami permasalahan dalam melakukan aktivitas mengajarnya. Seperti yang terjadi di beberapa daerah dimana guru hingga harus masuk di jeruji besi karena persoalan menghukum peserta didik yang tidak menanati aturan di sekolah.

Guru menjadi serba salah dalam melakukan aktivitas mengajar. Memukul, menjewer, mencubit saat ini sangat jarang sekali di lakukan oleh seorang guru di sekolah meskipun mereka sering tersakiti oleh perilaku siswa yang terkadang tidak taat pada peraturan sekolah. Berbeda halnya dengan jaman dahulu dimana ketika saya menjadi seorang siswa, saya sering mendapati guru memberikan hukuman kepada siswa namun hukuman tersebut merupakan hukuman yang dapat memberikan rasa jera kepada siswa yang melanggar sehingga mereka yang melakukan pelanggaran tidak lagi mengulanginya. Dari pengalaman tersebut ternyata justru mereka yang sering di hokum merupakan siswa yang berhasil karena mau menyadari kesalahannya dan dapat merubah diri manjadi pribadi yang lebih baik.

Memang menjadi seorang guru sangat berat baik dari segi mangajar maupun mendidik yang mana kedua-duanya harus di seimbangkan sehingga dapat memberikan hasil yang baik bagi siswa dan bagi siapapun yang di ajarnya.
Intinya bahwa guru harus memiliki kesabaran dalam melakukan aktivitas agar semuanya dapat menjadi ladang yang berharga bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk orang lain.
Saat ini dengan semakin berkembangnya jaman maka kesejahteraan guru juga semakin membaik. Jika dulu guru di sebut sebagai pahlawan tanda jasa yang melakukan aktivitasnya tanpa mengharapkan imbalan maka saat ini guru telah menjadi sebuah pekerjaan yang bisa memberikan kehidupan yang layak bagi keluarganya. Dengan adanya tunjangan guru baik berupa tunjangan sertifikasi, tunjangan tambahan penghasilan (Tamsil), tunjangan daerah khusus, maka pendapatan guru sudah semakin membaik bahkan saat ini cita-cita untuk menjadi seorang guru sudah semakin meningkat akibat dari gaji guru yang sudah semakin membaik. Hal tersebut terbukti dengan semakin meningkatnya pelamar ASN yang mendaftar untuk bisa menjadi seorang guru di hampir semua daerah.

Pekerjaan menjadi seorang guru saat ini sangat banyak di idam-idamkan oleh banyak orang sehingga jika anda yang membaca postingan ini adalah seorang guru, maka hendaklah anda bersyukur atas pekerjaan yang anda lakukan saat ini, dan teruslah berkarya agar dapat menjadi seorang guru yang professional di bidangnya.
Meskipun pekerjaan guru segudang, baik di rumah maupun di sekolah, namun jika dilakukan dengan senang hati maka tentunya pasti akan terasa menyenangkan.
Demikianlah suka duka menjadi seorang guru yang sering banyak di alami oleh banyak guru yang ada di seluruh Indonesia, sebagai bahan penutup jadilah guru yang kreatif dan professional agar dapat menjadi panutan bagi semua orang.

SALAM GURU INDONESIA.

0 Response to "Inilah Suka Duka Menjadi Seorang Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->