7 Cara Agar Nilai Standar PTK Muncul di Menu Rapor Mutu PMP 2019/2020

Kherysuryawan.id – langkah-langkah untuk melihat hasil lengkap 8 standar penilaian pada aplikasi PMP tahun 2019/2020.
Sahabat operator PMP dimanapun berada, salam hangat selalu buat anda yang tidak pernah lelah dalam menjalankan aktivitas demi memajukan dunia pendidikan di sekolah anda masing-masing.
Menjadi seorang operator PMP memang terasa asyik dan menyakitkan. Kedua perasaan tersebut tentunya pernah di alami oleh sebagian operator PMP di seluruh nusantara. Dalam mengerjakan PMP akan terasa asyik apabila seluruh responden telah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik hingga tuntas serta proses sincronisasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sedangkan perasaan menyakitkan sering timbul ketika seorang operator telah berusaha menyelesaikan tugasnya dengan susah payah namun ketika akan berada di titik puncak ternyata aplikasi PMP nya menjadi eror dan harus memulai pekerjaan dari awal kembali.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada saat melakukan pengisian di aplikasi PMP tahun 2019 banyak sekali kendala yang dialami mulai dari erornya aplikasi hingga server yang tidak mampu untuk menampung masalah yang di hadapi oleh setiap operator PMP di seluruh nusantara alhasil banyak operator PMP yang mengeluh karena susahnya dalam melakukan pengisian kuesioner PMP akibat dari kurangnya kesiapan pihak pengelola aplikasi PMP yang menyebabkan banyak sekali timbul masalah baru dalam proses pengisian di aplikasi PMP 2019/2020.

Pada kesempatan kali ini saya tidak ingin membahas terlalu banyak mengenai masalah yang banyak sekali timbul dalam proses pengisian aplikasi PMP melainkan saya hanya ingin fokus pada satu masalah besar yang hingga saat ini masih belum bisa terselesaikan yakni mengenai masalah nilai pada standar Pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang tidak bisa muncul di menu hasil rapor PMP 2019/2020. Masalah itu terjadi secara nasional sehingga seluruh sekolah tidak dapat mengetahui hasil capaian secara keseluruhan dari proses pengisian PMP sebab di menu rapor PMP nilai PTK tersebut masih kosong.

Saat ini masalah tersebut sudah dapat teratasi, sebab sudah banyak sekolah yang kini sudah dapat melihat hasil nilai standar PTK muncul di menu hasil rapor PMP Tahun 2019/2020. Meskipun demikian ternyata masih banyak juga sekolah yang sampai saat ini belum bisa menampilkan hasil nilai dari standar PTK nya pada menu rapor PMP sekolah mereka dan melalui postingan inilah kiranya masalah tersebut dapat teratasi.
Ada beberapa syarat yang harus di penuhi agar sekolah anda dapat menampilkan nilai standar PTK pada hasil rapor PMP sehingga kedelapan standar pada penilaian PMP dapat terlihat secara sempurna.
Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan agar anda dapat melihat nilai pada standar PTK muncul di rapor PMP anda.
1.   Pastikan bahwa dari ke 8 nilai standar yang seharusnya muncul, 7 diantaranya sudah terlihat pada menu hasil rapor mutu PMP anda
2.   Jangan lupa untuk menggunakan patch PMP versi 2020.02.07
3.   Selanjutnya pada aplikasi PMP versi 2020.02.07 silahkan Masuk ke menu Pengaturan, submenu Manajemen Pengguna
4.   Kemudian Pilih Kandidat Responden untuk semua pengguna yang menjadi responden EDS. Langkah ini harus berhasil ditandai dengan huruf berwarna hijau pada “Kandidat Responden Pengisi Instrumen”
5.   Kemudian jangan lupa Cek Kemajuan Pengisian Keseluruhan pada menu beranda yang terletak di bagian paling bawah, Jika sudah 100%, maka silahkan langsung menuju “Hitung Rapor Mutu” pada menu Rapor Mutu
6.   Langkah selanjutnya Lakukan sinkronisasi untuk mengirimkan hasil rapor mutu ke server pusat
7.   Apabila setelah syncron ternyata Rapor mutu belum menampilkan 8 standar, maka silahkan tunggu 3x24 jam agar rapor mutu satandar PTK dan Sarpras terproses di server PMP
Sebagai tambahan jika anda akan melakukan syncronisasi maka di harapkan untuk melakukannya lebih dari 1 kali agar data benar-benar dapat terkirim keserver pusat dengan lengkap.
Apabila anda melakukan tahapan di atas dengan baik dan benar, maka bisa di pastikan data nilai pada standar PTK akan masuk dan terlihat pada menu hasil rapor mutu di aplikasi PMP anda.
Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, kiranya dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah tersebut.
Sekian dan terimakasih atas waktu anda dalam membaca postingan ini semoga anda sukses dalam mengerjakan PMP.

3 Responses to "7 Cara Agar Nilai Standar PTK Muncul di Menu Rapor Mutu PMP 2019/2020"

  1. Terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  2. kendala yang saya alami saat ini, terima kasih atas pencerahannya saya dapatkan dari artikel Anda ini. Sukses selalu. :)

    ReplyDelete
  3. Standar PTK ku rendah, yang diubah yang mana ya ?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel