-->

Cara Cek Nomor Virtual Account Bagi Penerima Bantuan PIP


Kherysuryawan.id – Langkah-langkah untuk melihat virtual account bank bagi para penerima bantuan PIP Tahun 2020 yang memiliki kartu Indonesia pintar (KIP).
Bagi setiap siswa yang telah memiliki kartu KIP tentunya akan sangat berharap untuk bisa memiliki dan mendapatkan bantuan dana Pendidikan yang di salurkan dalam bentuk uang tunai oleh pemerintah pusat melalui program Indonesia pintar (PIP). Banyak pertanyaan muncul mengenai siapa sajakah siswa yang berhak mendapatkan bantuan dana PIP tersebut???

Nah untuk menjawabnya maka anda perlu mengetahui bahwa tidak semua siswa dapat memiliki bantuan PIP sebab penerima bantuan PIP hanya di prioritaskan bagi siswa yang memiliki kartu Indonesia pintar (KIP). Namun bukan berarti bahwa siswa yang tidak memiliki kartu KIP tidak akan bisa mendapatkan bantuan PIP tersebut sebab jika sekolah mengusulkan siswa yang tidak memiliki kartu KIP untuk bisa juga menerimakan bantuan PIP maka bisa jadi siswa tersebut juga akan dapat memperoleh bantuan PIP.

Bantuan PIP sebenarnya di peruntukkan bagi siswa yang tergolong dari keluarga kurang mampu serta yang telah memiliki kartu KIP atau kartu KKS, KPS dan sejenisnya yang merupakan kartu identitas bahwa pemilik kartu tersebut memang benar-benar termasuk keluarga yang kurang mampu. Bantuan PIP di peruntukkan bagi siswa dalam rangka membantu perekonomian keluarga sehingga orang tua tidak lagi di beratkan dalam urusan pembiayaan sekolah anaknya.

Ada beberap hal ynag menjadi tujuan dari di berikannnya bantuan PIP, di antaranya adalah sebagai berikut :
1.   Bantuan PIP di peruntukkan untuk Meningkatkan angka partisipasi Pendidikan Dasar dan Menengah
2.   Meningkatkan angka keberlanjutan pendidikan yang ditandai dengan menurunnya angka putus sekolah sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang memiliki warga berpendidikan yang layak.
3.   Membantu keluarga tidak mampu dalam memberikan Pendidikan yang layak kepada setiap anak yang membutuhkan
4.   Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi penting bagi anda yang telah memiliki kartu KIP serta telah terdaftar sebagai calon penerima bantuan PIP di sekolah anda. Biasanya ketika nama anda telah terdaftar sebagai calon penerima bantuan PIP maka belum tentu anda dapat langsung mencairkan  bantuan tersebut, sebab anda harus memahami prosedur dalam melakukan pencairan dana PIP tersebut yang salah satunya adalah anda harus memiliki nomor virtual account yang terdapat pada SK atau surat keputusan yang menatakan bahwa nama anda tertera sebagai calon penerima bantuan PIP.

Virtual account sangat penting bagi calon penerima bantuan PIP sebab jika anda tidak memiliki nomor Virtual account tersebut maka anda tidak bisa melakukan pengecekan di bank penyalur yang telah di tunjuk sebagai tempat untuk mencairkan dana PIP anda.
Fungsi dari nomor Virtual account tersebut adalah untuk bisa memastikan apakah bantuan dana PIP yang telah anda terima sudah siap untuk di cairkan atau belum siap di cairkan sebab untuk melakukan pengecekan dana bantuan PIP siswa maka di butuhkan nomor Virtual account dari si calon penerima bantuan PIP tersebut.

Baiklah melalui postingan ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk bisa melihat atau mengecek nomor Virtual account penerima bantuan PIP. Perlu di ketahui bahwa calon penerima bantuan PIP baik siswa SD, SMP, SMA maupun SMK pastinya memiliki nomor Virtual account sebagai bukti bahwa SK mereka ada, dan nama mereka ada di dalam SK tersebut Bersama dengan nomor Virtual accountnya.
Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan cek Virtual account penerima bantuan PIP :
1.   Silahkan anda mengakses alamat “sekolah.sipintar.web.id”
2.   Selanjutnya silahkan anda login menggunakan username dan password yang telah anda miliki
3.   Selanjutnya silahkan anda pilih menu “siswa”
4.   Kemudian anda akan melihat nama-nama siswa calon penerima bantuan PIP dan di dalam setiap nama tersebut anda akan melihat daftar nomor Virtual account pada setiap nama siswa yang keluar Namanya sebagai calon penrima bantuan PIP, seperti pada gambar di bawah ini
5.   Jika anda telah melihat nomor Virtual account anda maka anda dapat melakukan pengecekan di bank yang telah di tentukan untuk mengetahui apakah dana tersebut sudah dapat di cairkan atau belum namun tentunya dengan membawa persyaratan lain yang telah di siapkan oleh pihak sekolah.
Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk melakukan cek nomor Virtual account bagi para penerima bantuan PIP, semoga melalui postingan ini anda yang sedang membacanya dapat memperoleh manfaatnya.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel