-->

√ Cara Membuat Spanduk menggunakan Microsoft Word


kherysuryawan.id - Langkah mudah membuat desain spanduk hanya tanpa menggunakan aplikasi atau software tetapi cukup dengan menggunakan microsoft word.
Apakah anda pernah berfikir untuk mencoba membuat desain spanduk namun tidak tau bagaimana caranya ???
Sebenarnya jika kita banyak mencari referensi di internet mengenai bagaimana cara membuat spanduk maka tentunya kita akan menemukan banyak sekali cara yang di tawarkan dalam membuat desain spanduk.

Jujur saja saya pun pernah ingin membuat desain spanduk untuk di gunakan dalam membuat spanduk penerimaan peserta didik baru di sekolah namun setelah saya mencari informasi mengenai cara untuk membuatnya ternyata hampir semua konten yang saya temukan hanya memberikan cara membuat desain spanduk dengan menggunakan aplikasi yaitu diantaranya aplikasi photoshop, coreldraw, dan lain sebagainya.

Sebenarnya saya bukan tidak suka membuat desain menggunakan aplikasi seperti yang telah saya sebutkan di atas namun saya lebih kepada kurangnya memahami penggunaan aplikasi tersebut dan juga di laptop saya belum ada aplikasi tersebut sehingga untuk bisa menggunakannya maka tentunya saya harus terlebih dahulu menginstal aplikasi tersebut lalu belajar dari awal tentang cara menggunakan aplikasi tersebut dan tentunya hal itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama bagi saya untuk bisa melakukannya.

Dalam kesempatan lain ternyata ada satu hal yang saya temukan khususnya dalam mmebuat desain spanduk yang kelihatanny tidak terlalu ribet dan mudah untuk dilakukan sebab dapat dilakukan tanpa harus menginstal aplikasi seperti photoshop melainkan kita cukup menggunakan word yang barang tentu sudah terinstal di setiap computer atau laptop.

Terus apakah bisa kita membuat desain spanduk menggunakan word ???
Pertanyaan tersebut ternyata bukan hanya anda saja yang mungkin menanyakannya melainkan awalnya saya pun juga bertanya-tanya apa iya kita bisa membuat desain spanduk menggunakan word.
Setelah saya mencari beberapa referensi ternyata memang benar bahwa kita bisa membuat desain spanduk dengan menggunakan word.

Untuk bisa membuat desain spanduk dengan menggunakan word maka tentunya anda hanya cukup memiliki computer atau laptop yang di dalamnya telah terintal word yang biasanya digunakan untuk mengetik sebuah dokumen. Pada umumnya word memang hanya umum di gunakan untuk membantu seseorang dalam mengetik atau menyimpan sebuah tulisan penting yang kemudian di simpan dalam bentuk file, namun jika kita mengetahui lebih jauh tentang manfaat menggunakan word maka ternyata dengan word kita pun bisa membuat gambar ataupun desain spanduk.

Untuk membuat sebuah desain spanduk dengan bantuan word maka kita tidak perlu membutuhkan skil yang terlalu mendalam melainkan cukup memahami langkah-langkah yang akan di lakukan dalam proses pembuatan spanduk. Disini di dalam postingan ini saya akan memberikan penjelasan singkat dalam membuat desain spanduk dengan menggunakan word.

Jika anda tidak menguasai photoshop ataupun coreldraw yang umumnya banyak di gunakan orang dalam membuat desain spanduk maka janganlah anda berkecil hati atau psimis dalam membuat spanduk sebab saya pun awalnya sama seperti itu dimana saya juga pernah di berikan mandat untuk membuat desain spanduk sementara saya sendiri tidak menguasai aplikasi photoshop ataupun coreldraw dan akhirnya saya pun berusaha untu mencari alternative lain yang mungkin bisa digunakan dalam membuat desain spanduk.

Al hasil akhirnya saya menemukan cara yang lebih mudah dalam membuat desain spanduk tanpa menggunakan aplikasi melainkan hanya dengan menggunakan word.
Bagi anda yang mungkin ingin mencoba membuat desain spanduk dengan menggunakan word maka kiranya melalui postingan ini anda bisa sedikit terbantu meskipun mungkin saya tidak bisa memberikan penjelasan yang sangat mendetail namun saya pastikan anda akan bisa melakukannya dengan mudah.

Baiklah untuk lebih jelasnya tentang cara membuat desain spanduk dengan bantuan Microsoft word, maka berikut ini penjelasannya yang akan saya bagikan di bawah ini :

1.   Pertama silahkan anda buka Microsoft word di computer anda
2.   Selanjutnya sebagai informasi awal bahwa disini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara membuat spanduk di word dengan menggunakan perbandingan 1:3 yang artinya bahwa ketika spanduk di buat maka dapat di cetak kedalam uuran 1 meter kali 3 meter atau bisa juga di atasnya yaitu 2 meter kali 6 meter.
3.   Siapkan gambar yang nantinya akan di masukkan kedalam desain spanduk
4.   Setelah word di buka maka buat word baru dengan ukuran 15cm x 45 cm , dan buat format word dalam tampilan layout menggunakan landscape. caranya adalah :
·       Klik menu “layout” pilih orientation dan pilih landscape
·       Klik “Size” pilih more paper size
·       Pada menu “paper” isikan di kolom width = 45 cm dan dikolom height = 15 cm lalu klik “OK”
·       Maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, dan untuk membuat tampilan menjadi terlihat full maka perkecil tampilan menjadi ukuran 60%

5.   Selanjutnya set margin ke “Narrow” dengan cara klik menu “Layout” pilih margins dan pilih narrow
6.   Selanjutnya double klik untuk membuka header dan masukkan gambar yang ingin anda isi kedalam desain spanduk. Perlu diingat seluruh gambar yang ingin dimasukkan kedalam desain spanduk harus dimasukkan di header tujuannya agar nantinya setelah desain jadi maka gambar tidak bisa di geser kecuali melalui header

7.   Untuk bisa memindahkan gambar maka klik gambar yang akan di geser / dipindah kemudian pilih menu “format” dan pada pilihan “wrap text” pilih “in front of text”
8.   Selanjutnya klik menu “insert” pilih shapes dan pilih bentuk gambar yang ingin anda masukkan lalu anda buat gambar shapes tadi menjadi full dengan cara Tarik ujungnya hingga melewati ukuran word agar terlihat full dan untuk mengganti warnanya maka anda bisa mengganti dengan mengklik terlebih dahulu gambar yang anda buat melalui shapes kemudian klik menu “Format” lalu pilih “shape file” dan pilih warna yang anda sukai
9.   Selanjutnya silahkan anda kreasikan sendiri dengan cara memasukkan kembali gambar dari shapes kemudian agar gambar tidak menutupi gambar lainnya maka klik kanan pada gambar lalu klik menu format lalu klik “send to back”

10. Silahkan anda masukkan teks dengan cara klik menu “insert” pilih “wordart” lalu masukkan teks sesuai keinginan
11. Jangan lupa juga masukkan gambar atau foto-foto sesuai keinginan anda dan ingat masukkan pada bagian header
12. Jika semua telah dirasa selesai maka silahkan keluar dari header untuk bisa melihat hasilnya dengan cara klik menu “Design” dan klik “Close Header”

Berikut contoh hasil spanduk yang dibuat meskipun hanya sebuah contoh saja



Demikianlah yang bisa saya berikan pada penjelasan kali ini bagi anda yang ingin membuat spanduk di word maka kiranya postingan ini bisa memberikan sedikit gambaran tentang cara membuat spanduk dengan menggunakan word. Anda dapat mengkreasikannya ketika anda membuat desain spanduk sesuai selera dan keinginan anda.
Sekian semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel