-->

Buku Panduan Pelaporan, Penyaluran Dana BOS Terbaru Tahun 2020/2021

Kherysuryawan.id pad kesempatan kali ini akan memberikan sebuah file dokumen yang sangat penting bagi setiap sekolah yang membutuhkannya. Adapun file dokumen yang akan saya bagikan di kesempatan kali ini yaitu mengenai buku panduan atau buku petunjuk penggunaan system informasi rekening bantuan operasional sekolah atau disingkat dengan SIRBOS.

 

Apa itu SIRBOS ????

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu sirbos maka perlu anda ketahui bahwa system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) merupakan sebuah aplikasi yang di keluarkan oleh kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) yang tujuannya untuk melakukan pelaporan dana BOS, melakukan update data nomor rekening sekolah penerima bantuan dana BOS, melakukan konfirmasi penyaluran dana BOS dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

 


Bagi seorang bendahara dan kepala sekolah aplikasi SIRBOS sangatlah penting untuk selalu di akses agar informasi seputar dana BOS dapat mudah untuk di ketahui serta dapat memberikan informasi terupdate seputar penyaluran dana BOS baik BOS regular maupun BOS afirmasi dan BOS kinerja. Banyak sekolah yang telah menerimakan bantuan dana BOS namun tak sedikit juga dari beberapa sekolah yang telah menerimakan dana BOS tidak melakukan pelaporan baik pelaporan konfirmasi penerimaan maupun pelaporan penggunaan dana BOS itu sendiri

 

Akibat yang di timbulkan oleh sekolah yang jarang melakukan pelaporan dana BOS ialah akan menghambat penyaluran dana BOS di tahap selanjutnya, oleh sebab itu pihak sekolah yang dalam hal ini bendahara harus bisa memahami tentang aplikasi SIRBOS untuk kelancaran pelaporan dana BOS bagi sekolah. Kemendikbud membuat aplikasi SIRBOS ini tentunya untuk memudahkan penyaluran dan pelaporan bantuan dana BOS ke sekolah-sekolah penerima sehingga sekolah-sekolah yang menerima bantuan dana BOS harus dapat memastikan kebenaran nomor rekening yang telah di inputkan agar bantuan dana yang di salurkan dapat tepat sasaran.

 

Pada postingan kali ini saya ingin membantu pihak sekolah dalam memahami apa itu system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) dan bagaimana cara untuk penggunaannya terkhusus bagi bendahara sekolah yang dalam hal ini memegang kendali dalam melakukan pelaporan penggunaan dana bos sekolah.

 

Apabila anda merupakan bendahara sekolah maka anda harus memiliki pengetahuan tentang system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS). Jika sebelumnya anda pernah melakukan login ke dalam laman portal BOS maka tentunya anda sudah memiliki dasar pengetahuan tentang system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) sebab portal BOS merupakan bagian dan pengganti dari SIRBOS itu sendiri.

 

Untuk mengetahui lebih jauh dan lebih lengkap mengenai system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) maka pada postingan kali ini saya akan membagikan buku panduan petunjuk penggunaan aplikasi system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) secara gratis dengan tujuan untuk memudahkan pihak sekolah atau bendahara sekolah dalam memahami cara untuk melakukan pelaporan dan update data rekening sekolah di aplikasi SIRBOS.

 

Aplikasi system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) dapat di akses secara online dan hanya dapat di akses dengan menggunakan username dan password sekolah bagi sekolah yang ingin melakukan pelaporan dana BOS nya. Jadi perlu diingat bahwa sekolah yang ingin melakukan login kedalam aplikasi SIRBOS maka wajib harus memiliki atau mengetahui username dan juga password dapodik sekolah.

 

Di dalam aplikasi system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) terdapat banyak menu yang bisa anda gunakan untuk mengetahui tentang dana BOS di setiap penyalurannya mulai dari tahap 1 hingga tahap 3 dan mulai dari BOS regular hingga BOS afirmasi dan BOS kinerja. Bagi anda yang masih bingung dalam memahami menu-menu yang terdapat di dalam aplikasi SIRBOS serta penggunaannya maka melalui postingan ini saya akan membagikan buku panduan penggunaan system informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) yang tentunya akan memandu anda dalam menggunakan aplikasi SIRBOS.

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki buku panduan atau buku petunjuk penggunaan sistem informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS) maka di bawah ini saya telah menyediakan file lengkapnya dan anda dapat dengan mudah melakukan download buku petunjuk pelaporan dana BOS yang te;ah saya siapkan berikut ini :

  • Buku Panduan Penggunaan SIRBOS ( DISINI )

Demikianlah postingan mengenai Buku panduan penggunaan sistem informasi rekening bantuan operasional sekolah (SIRBOS), semoga dengan file buku panduan SIRBOS tersebut maka dapat membantu anda yang sedang kesulitan dalam menetahui cara menggunakan menu-menu yang terdapat di dalam aplikasi SIRBOS tersebut.

Sekian dan selamat menggunakannya, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel