-->

Cara Menonaktifkan/Mengaktifkan Nomor Otomatis di Word

Jika pada postingan-postingan sebelumnya kherysuryawan.id banyak membahas tentang dunia pendidikan maka di ksesmpatan kali ini pembahasan yang akan saya sampaikan merupakan pemnahasan yang umum yang dapat di pelajari oleh semua kalangan baik oleh kalangan guru,siswa,mahasiswa,dosen maupun masyarakat secara umum.

 

Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai sebuah masalah yang pernah saya alami secara pribadi ketika menggunakan Microsoft word. Bagi anda yang sering mengetik sesuatu menggunakan laptop atau computer maka pastinya anda mengenal yang namanya Microsoft office word.

 

Bagi anda yang mungkin sering mengetik menggunakan word namun anda belum mengetahui apa itu sebenarnya Microsoft office word maka baiklah disini saya akan menjelaskannya yah.

Microsoft office word itu merupakan perangkat lunak untuk pengolah kata yang dapat digunakan untuk mengedit, membuat, maupun memformat sebuah dokumen.

 

Word sangat penting maknanya bagi seorang pekerja maupun sebagai seorang pelajar ketika akan melakukan aktivitas. Dengan semakin berkembangnya zaman maka tentunya kita pun harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik sehingga teknologi bukan lagi hanya sekedar untuk gaya-gaya melainkan benar-benar bisa membantu aktivitas kita sehari-hari.

 

Berbicara tentang word maka ada begitu banyak fungsi yang harus kita ketahui dan kita pelajari tentang menu-menu yang terdapat di dalam office word. Salah satunya ialah tentang penulisan nomor ataupun huruf yang bisa di buat menjadi tampilan otomatis sehingga apabila kita telah mengetikkan satu buah nomor maka ketika kita akan melakukan enter maka secara otomatis nomor selanjutnya akan muncul.

 

Perlu di ketahui bahwa tidak semua orang yang menggunakan office word menyukai system penomoran otomatis yang terdapat pada word sebab setiap orang memiliki keinginan yang tentunya berbeda-beda. Oleh sebab itulah maka kita sebagai pengguna word maka harus bisa memahami fungsi dari setiap menu yang terdapat pada word itu sendiri.

 

Seperti kita ketahui apabila kita membeli laptop ataupun computer yang baru di toko elektronik maka kita akan langsung mendapatkan instalan aplikasi Microsoft office word sehingga kita dapat lengsung menggunakannya untuk melakukan edit atau membuat dokumen. Perlu anda ketahui bahwa ketika anda melakukan edit di word atau membuat dokumen baru di word maka biasanya secara otomatis pembuatan nomor atau angka akan muncul ketika kita akan membuat penomoran di word.

 

Sebagai contoh ketika kita akan mengetikkan nomor “1” atau huruf “a” pada awal baris/paragraph dan di sertai dengan tanda titik maka secara otomatis akan dibuat menjadi nomor otomatis oleh word sehingga ketika anda melakukan enter maka tentunya akan tampil nomor atau huruf selanjutnya sesuai dengan nomor dan huruf sebelumnya. Nah tentunya dengan adanya penomoran otomatis tersebut maka akan memudahkan seseorang yang akan membuat penomoran pada dokumen yang akan di buat.

 

Namun demikian, tidak semua orang suka dengan adanya tampilan nomor otomatis yang terdapat di word, sehingga ada orang yang menginginkan untuk bisa melakukan penonaktifan nomor otomatis yang ada di word.

Yang menjadi pertanyaaan ialah apakah bisa melakukan penonaktifan nomor di word agar nomor tidak secara otomatis muncul ketika kita melakukan pengetikan di word ???

 

Jawabannya tentu saja bisa.

Postingan ini sengaja saya buat karena saya pun pernah mengalami dimana saya juga ingin menghilangkan nomor otomatis yang sering muncul di word dan akhirnya saya pun berhasil melakukannya. Dari pengalaman tersebutlah maka melalui postingan ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara untuk mengaktifkan dan juga menonaktifkan nomor dan angka otomatis yang muncul di office word.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka silahkan anda simak penjelasannya di bawah ini.

Cara ini dapat anda lakukan baik di office word versi 2007, word 2010, word 2013, word 2016,word 2019 maupun versi yang diatasnya.

 

CARA MENGHILANGKAN NOMOR OTOMATIS DI WORD

1.   Silahkan anda buka office word sesuai versi yang anda miliki

2.   Klik menu “Office Button”  atau “File” yang terletak di sudut kiri atas



3.   Selanjutnya klik “option”



4.   Kemudian pilih menu “Proofing”

5.   Lalu klik tombol "AutoCorrect option"



6.   Kemudian klik menu “Auto Format As you Type”

7.   Dan pada pilihan “Automatic numbered lists” silahkan di hilangkan centangnya

8.   Selanjutnya klik “OK”



9.   Langkah terakhir silahkan klik “OK” sekali lagi untuk menutup dialog word option

Setelah anda melakukan cara diatas maka silahkan anda coba ketikkan nomor atau huruf dan dibarengi dengan tanda titik maka penomoran otomatis di word pasti sudah tidak berfungsi lagi seperti biasanya.

 

Lantas bagaimana cara agar bisa memberikan kembali atau menampilkan kembali penomoran otomatis di word ??? untuk mengetahuinya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

CARA MENAMPIKAN NOMOR OTOMATIS DI WORD

Untuk cara ini perlakuannya sama dengan cara yang diatas hanya saja pada point ke 7 harus melakukan hal yang sebaliknya dari cara yang di atas. Berikut langkah-langkahnya :

1.   Silahkan anda buka office word sesuai versi yang anda miliki

2.   Klik menu “Office Button”  atau “File” yang terletak di sudut kiri atas

3.   Selanjutnya klik “option”

4.   Kemudian pilih menu “Proofing”

5.   Lalu klik tombol AutoCorrect option

6.   Kemudian klik menu “Auto Format As you Type”

7.   Dan silahkan beri tanda centang pada pilihan “Automatic numbered lists”



8.   Selanjutnya klik “OK”

9.   Langkah terakhir silahkan klik “OK” sekali lagi untuk menutup dialog word option

 

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara untuk menampilkan dan menghilangkan penomoran otomatis pada office word, semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel