-->

Cek Daftar Penerima Bantuan PIP Tahap 14 dan 15 Terbaru

Kherysuryawan.id – Cara melakukan cek nama penerima bantuan Program Indonesia pintar (PIP) untuk tahap 14 dan tahap 15 jenjang sekolah menengah pertama (SMP)

Pada bulan sebelumnya telah dikeluarkan daftar nama-nama penerima bantuan PIP untuk tahap di bawah 14 dan 15 dan saat ini sekolah dapat melakukan cek daftar nama penerima bantuan PIP khususnya pada tahap 14 dan tahap 15.

 

Bagi siswa pemilik kartu Indonesia pintar (KIP) maka informasi tentang daftar nama penerima bantuan PIP tentunya akan sangat di tunggu-tunggu, namun di satu sisi siswa yang memiliki kartu KIP tidak dapat dengan sendirinya melakukan cek Namanya masing-masing tanpa bantuan dari pihak sekolah maupun pihak dinas Pendidikan setempat.

 

Seperti di ketahui bahwa bantuan PIP sangat membantu siswa dan juga orang tua siswa yang kehidupannya masih jauh dari kata layak. Bantuan PIP di berikan dalam bentuk uang tunai dan nantinya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk membeli kebutuhan sekolah seperti pakaian seragam sekolah, alat tulis sekolah dan lainnya yang berhubungan dengan kelengkapan sekolah.

 

Sebagai orang tua yang anaknya memiliki kartu KIP perlu untuk selalu mengawasi anaknya dalam proses pencairan dan juga dalam penggunaan bantuan PIP yang di peroleh sehingga semua alur yang harus dilalui dapat dipahami dengan baik serta bantuan PIP yang di peroleh pun dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan Pendidikan anaknya.

 

Perlu di pahami bahwa setiap anak yang memiliki kartu KIP tidak setiap tahap akan keluar Namanya sebagai penerima bantuan PIP. Apabila anak tersebut ketika di tahap 1 dan tahap 5 telah muncul sebagai penerima bantuan PIP maka bisa jadi di tahap 14 dan 15 anak tersebut tidak lagi keluar Namanya, jadi nama-nama penerima bantuan PIP biasanya akan di roling dan di sesuaikan dengan jumlah bantuan yang telah di terimakan.

 

Intinya bahwa siswa penerima bantuan PIP telah menerimakan bantuan PIP nya sesuai dengan jumlah yang seharusnya di terimakan selama 1 tahun. Perlu di ketahui juga bahwa siswa penerima PIP bisa saja menerimakan bantuan PIP nya secara beruntun apabila pada tahap-tahap sebelumnya nama anak tersebut tidak keluar sebagai penerima PIP.

 

Banyak juga orang tua yang bingung kenapa anaknya menerimakan PIP dengan jumlah yang berbeda-beda di setiap tahap pencairan, hal tersebut terjadi tergantung dari jumlah bantuan yang disalurkan oleh pemerintah. Dalam hal ini bisa saja nama anak yang mendapatkan bantuan PIP dibayarkan bantuannya langsung selama 1 tahun atau di bayarkan persemester sehingga tentu nilai nominalnya akan berbeda. Selain itu biasanya besaran nominal yang di terima pun di sesuaikan  dengan jenjang kelas. Sebagai contoh untuk siswa yang kelas 8 menerimakan sebesar Rp 750.000 sedangkan yang kelas 7 menerimakan Rp. 375.000 tapi pada dasarnya dalam setiap tahun siswa tersebut akan menerimakan bantuan PIP dengan jumlah yang sama.

 

Sebagai informasi bahwa saat ini bantuan PIP untuk sekolah jenjang SMP sudah keluar nama-nama penerima pada tahap 14 dan tahap 15. Bagi siswa yang merasa di tahap sebelumnya belum mendapatkan bantuan PIP maka bisa jadi anda masuk sebagai penerima bantuan PIP di tahap 14 dan 15 ini.

 

Lantas bagaimana cara untuk melakukan cek nama penerima bantuan PIP tahap 14 dan 15 ???

Pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan tentang cara untuk melihat daftar nama penerima bantuan PIP tahap 14 dan 15. Perlu di ketahui bahwa untuk melakukan cek daftar nama penerima bantuan PIP di tahap ini hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah dan pihak dinas Pendidikan sebagai pengelola bantuan PIP sekolah.

 

Baiklah berikut ini cara untuk melihat daftar nama penerima bantuan PIP tahap 14 dan tahap 15

1.   Silahkan kunjungi alamat ini “ https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/session

2.   Untuk melakukan login dapat menggunakan 2 pilihan yaitu dapat melakukan login menggunakan NPSN atau login dengan menggunakan SSO dapodik



3.   Jika login menggunakan NPSN maka masukkan username dengan nomor NPSN sekolah sedangkan passwordnya dengan menggunakan nomor registrasi sekolah

4.   Jika login menggunakan SSO Dapodik maka masukkan username dengan menggunakan email dapodik sekolah sedangkan passwordnya dengan menggunakan password dapodik sekolah

5.   Setelah berhasil login maka akan tampil beranda seperti gambar di bawah ini



6.   Selanjutnya silahkan anda klik menu “SISWA”

7.   Kemudian pilih tahap 14 atau 15 dan pilih pada status pencairan tampilkan semua dan kik “SEARCH” untuk menampilkan nama-nama penerima bantuan PIP pada tahap tersebut



8.   Maka akan tampil nama-nama penerima PIP sesuai tahap yang anda pilih

9.   Selesai

 

Demikianlah cara mudah untuk melakukan cek daftar nama – nama penerima bantuan PIP tahap 14 dan 15 terbaru tahun 2020.selain melakukan cek daftar nama-nama penerima bantuan PIP tersebut anda pun bisa melakukan download daftar nama penerima bantuan PIP tersebut dengan mudah dan file yang di sajikan pun dalam bentuk exel sehingga anda bisa menjadikannya sebagai arsip.

 

Langkah selanjutnya ialah anda dapat menyampaikan kabar baik ini kepada siswa yang bersangkutan sebagai penerima bantuan PIP sehingga mereka dapat memepersiapkan segala sesuatunya sebagai persyaratan dalam melakukan pencairan.

 

Untuk mengetahui kapan siswa tersebut dapat mencairkan bantuan tersebut maka anda bisa mengetahuinya dari file yang telah anda download tersebut sebab di dalam file daftar nama penerima PIP tersebut telah tertera penjelasan tentang keterangan pencairan.

 

Demikainlah informasi mengenai cara cek nama penerima PIP terbaru untuk saat ini, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel