Cara Input Jadwal Pembelajaran di Aplikasi Dapodik 2022

Kherysuryawan.id – Cara pengisian jadwal pembelajaran di aplikasi dapodik versi 2022 untuk jenjang Paud, janjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA dan jenjang SMK.

Sahabat operator dapodik sekolah, selamat berjumpa kembali pada pembahasan seputar aplikasi dapodik. Seperti kita ketahui saat ini bahwa khusus untuk aplikasi dapodik versi terbaru yang saat ini digunakan ialah aplikasi dapodik versi 2022.

 

Jika anda adalah seorang operator dapodik sekolah, maka pasti anda mengetahui bahwa ada begitu banyak tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang operator dapodik sekolah. Tugas umum yang sering di ketahui yang dilakukan oleh seorang operator dapodik ialah melakukan penginputan data sekolah, data guru dan pegawai sekolah, data siswa, data sarana dan prasarana, dan masih banyak lagi data lainnya yang harus di kerjakan oleh seorang operator dapodik sekolah.

 

Salah satu data yang tak kalah pentingnya untuk diinputkan di dalam aplikasi dapodik ialah data tentang jadwal pembelajaran guru di sekolah. Sebagai operator dapodik maka kita harus memahami tentang bagaimana cara untuk melakukan penginputan data pembelajaran atau pengisian jadwal pembelajaran guru kedalam aplikasi dapodik.

 

Menginput data jadwal pelajaran kedalam aplikasi dapodik memang sangat penting untuk dilakukan karena jika sekolah dalam hal ini operator dapodik sekolah tidak melakukan penginputan jadwal pelajaran kedalam aplikasi dapodik maka akan terlihat tanda warning di dalam menu validasi pembelajaran.

 

Meskipun apabila jadwal pembelajaran tidak diinputkan kedalam aplikasi dapodik tidak menyebabkan tanda invalid namun perlu diketahui bahwa data pengisian jadwal pelajaran kedalam aplikasi dapodik sangat penting dan sifatnya wajib untuk diisi agar seluruh data yang ada di daplikasi dapodik bisa menjadi baik dan tentunya tidak ada lagi tanda invalid dan warning yang muncul saat operator dapodik akan membuka dan memeriksa data di menu validasi.

 

Pengisian jadwal pelajaran mengajar guru di dalam aplikasi dapodik dapat dilakukan setelah operator membuat kelas dan mengisikan data pembelajaran dimasing-masing kelas serta mengisi data lainnya kedalam aplikasi dapodik. Jika anda sebelumnya sudah pernah menangani masalah penginputan di aplikasi dapodik maka pastinya anda sudah mendengar tentang pengisian jadwal di dalam aplikasi dapodik.

 

Untuk persoalan dalam melakukan pengisian jadwal pelajaran di aplikasi dapodik versi terbaru saat ini sebenarnya caranya masih tetap sama dengan cara ketika anda masih menggunakan aplikasi dapodik versi lama atau yang sebelumnya. Jadi jika anda sudah pernah melakukannya maka anda akan mudah juga melakukan pengisian jadwal mengajar guru di dapodik versi terbaru ini.

 

Namun bagi anda yang saat ini masih sangat awam tentang aplikasi dapodik maka pastinya anda masih kebingungan dalam melakukan pengisian jadwal pelajaran kedalam aplikasi dapodik. Nah, bagi anda yang mugkin saat ini baru saja memegang tugas baru sebagai operator dapodik sekolah baik di jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK) maka melalui postingan ini saya akan membantu untuk memberikan informasi tentang bagaimana cara mudah dalam melakukan pengisian jadwal pelajaran kedalam aplikasi dapodik versi terbaru saat ini.

 

Sebelum saya memberikan langkah-langkah dalam melakukan pengisian atau penginputan jadwal pelajaran kedalam aplikasi dapodik versi terbaru ini, maka perlu anda ketahui bahwa hasil inputan jadwal pelajaran di dalam aplikasi dapodik nantinya bisa anda lihat hasilnya ketika anda akan melakukan download profil sekolah melalui menu unduhan di dalam aplikasi dapodik.

 

Perlu juga dipahami bahwa ketika anda akan melakukan input jadwal pelajaran kedalam aplikasi dapodik maka anda pun harus memasukkan data yang sesuai atau data real sesuai jadwal yang dibuat oleh sekolah anda masing-masing. Untuk jam istirahat maka tidak perlu dimasukkan kedalam aplikasi dapodik karena tidak tersedia pihan tersebut didalam pengentrian jam mengajar guru di dalam aplikasi dapodik.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka berikut ini langkah-langkah dalam melakukan pengisian jadwal pelajaran kedalam aplikasi dapodik versi 2022

 

1.   Silahkan login kedalam aplikasi dapodik dengan menggunakan akun operator dapodik sekolah

2.   Selanjutnya klik menu “jadwal” pada sidebar dapodik



3.   Pada tampilan menu jadwal maka akan muncul pilihan ruang maka silahkan anda pilih ruang kelas, sesuai yang akan anda inputkan jam mengajarnya

4.   Setelah memasukkan pilhan ruang maka silahkan klik pilihan “hari” (sebagai contoh : pilih hari senin)



5.   Lalu klik menu “tambah”

6.   Selanjutnya silahkan anda masukkan nama pelajaran pada menu pembelajaran



7.   Kemudian atur alokasi jam sesuai jumlah jam pelajaran yang telah ditentukan pada kurikulum 2013( sebagai contoh jika jumlah jam mengajar matematika 5 jam dan diajarkan selama 2 hari dalam 1 minggu maka dihari pertama masukkan alokasi jamnya 3 jam dan dihari kedua masukkan jamnya 2 jam jadi total 5 jam dalam 1 minggu untuk setiap kelas)

8.    Selanjutnya silahkan tentukan mapel tersebut masuk pada jam pembelajaran keberapa sesuai jadwal pembelajaran yang ada di sekolajh masing- masing

9.   Lakukan tambah untuk menambah jam mengajar di hari yang telah di tentukan

10. Lakukan begitu seterusnya mulai dari hari senin hingga hari sabtu sesuai jadwal yang ada di sekolah anda masing-masing.

 

Intinya bahwa usahakan apa yang anda input adalah sesuai dengan jadwal yang di tetapkan di sekolah anda masing-masing sehingga nantinya ketika anda akan melakukan download profil sekolah maka ajadwal yang dihasilkan sudah sesuai dengan jadwal yang ada di sekolah anda.

 

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan penginputan jadwal mengajar di dalam aplikasi dapodik versi terbaru, semoga informasi ini bisa bermanfaat khususnya bagi para operator dapodik sekolah yang akan melakukan penginputan jadwal pelajaran di aplikasi dapodik.

Sekian dan Terimakasih kiranya bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel