-->

√2 Cara Login Dapodik Menggunakan Akun Guru/PTK

Kherysuryawan.id – Bagi bapak dan ibu guru serta tenaga kependidikan yang ingin melakukan login kedalam aplikasi dapodik maka anda harus mengetahui caranya dan melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan tentang cara untuk melakukan login kedalam aplikasi dapodik versi terbaru dengan menggunakan akun masing-masing guru.

 

Aplikasi dapodik merupakan sebuah aplikasi untuk melakukan penginputan data sekolah, data guru, data tenaga kependidikan, data siswa, data pembelajaran dan data lainnya yang menjadi pokok dan penunjang dalam pengisian data di aplikasi dapodik. Untuk bisa menjalankan aplikasi dapodik maka tentunya sekolah harus memilih atau menentukan salah seorang yang akan menjadi operator dapodik sekolah.

 

Tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah memang tidaklah mudah, sebab ia menjadi pengendali dalam melakukan proses penginputan data sekolah, selain itu operator dapodik sekolah juga harus bisa memberikan panduan kepada setiap gurunya ketika akan melakukan proses penginputan data ataupun proses penginputan nilai kedalam aplikasi dapodik.

 

Sebenarnya sebagai seorang operator dapodik tugas yang harus di emban bukan hanya mengurusi dapodik saja melainkan masih ada banyak aplikasi sekolah lainnya yang juga harus diketahui sebab ada beberapa aplikasi sekolah yang pelaksanaanya harus terkoneksi dengan aplikasi dapodik, sebagai contohnya ialah dalam menjalankan aplikasi PMP dan erapor maka harus bisa di kerjakan dalam laptop yang terkoneksi dengan aplikasi dapodik.

 

Pembahasan kali ini saya tidak akan membahas tentang aplikasi lainnya melainkan saya hanya akan berfokus pada penjelasan mengenai cara login ke dalam aplikasi dapodik dengan menggunakan akun PTK atau akun guru. Mengapa pembahasan ini ssangat penting untuk di ketahui sebab hal ini berhubungan dengan data individu guru di dalam aplikasi dapodik.

 

Perlu anda ketahui bahwa jika pada aplikasi dapodik versi sebelumnya untuk melakukan perubahan data guru atau PTK maka dapat di kerjakan secara langsung melalui login akun operator dapodik sekolah, namun saat ini di versi dapodik terbaru hal itu tidak bisa lagi dilakukan sebab untuk melakukan perubahan data guru/PTK maka hanya bisa di lakukan dengan cara login menggunakan akun PTK/guru yang bersangkutan.

 

Sebagai contoh jika ada seorang guru yang ingin melakukan perubahan data kepegawaianya atau data kenaikan pangkatnya di aplikasi dapodik maka ia tidak bisa melakukan perubahan melalui akun dapodik sekolah/operator melainkan perubahan tersebut hanya dapat dilakukan apabila guru yang bersangkutan melakukan login dengan menggunakan akun guru tersebut.

 

Lantas siapa yang akan membuatkan akun guru untuk digunakan login kedalam aplikasi dapodik ?

Yang wajib membuat akun guru untuk nantinya di berikan kepada masing-masing guru ialah operator dapodik sekolah dengan catatan guru wajib memberikan email alktif yang nantinya akan digunakan sebagai username bagi guru tersebut saat akan melakukan login kedalam aplikasi dapodik.

 

Selain itu yang porlu dipahami pula bahwa email yang akan di jadikan username saat akan login kedalam aplikasi dapodik ialah usahakan email aktif yang nantinya akan langsung di verifikasi sehingga dapat digunakan dengan baik saat akan melakukan login kedalam aplikasi dapodik. Adapun untuk penentuan password maka masing-masing guru bisa memberikan password sesuai keinginan masing-masing.

 

Jadi bagi bapak dan ibu guru yang sampai saat ini masih belum memiliki akun untuk digunakan login kedalam aplikasi dapodik maka anda dapat meminta kepada operator dapodik untuk dibuatkan akun dapodiknya sehingga nantinya ketika akan melakukan perubahan data atau penginputan data nilai kedalam aplikasi erapor sudah bisa dengan mudah melakukan login kedalam aplikasi dapodik dengan menggunakan akun masing-masing.

 

Bagi bapak dan ibu guru yang sudah memiliki akun dapodik, maka untuk bisa melakukan login kedalam aplikasi dapodik maka disini saya akan memberikan 2 cara yang bisa dipilih sesuai keinginan anda agar bisa melakukan login kedalam aplikasi dapodik menggunakan akun PTK/Guru.

 

Berikut ini 2 cara login menggunakan akun PTK/Guru di dalam aplikasi dapodik.

#CARA 1

Pada cara pertama ini anda bisa melakukan login dengan cara :

1.   Siapkan akun dapodik anda (jika belum punya silahkan minta sama operator dapodik sekolah anda)

2.   Silahkan buka aplikasi dapodik (Pastikan anda membuka di laptop yang sudah terpasang aplikasi dapodik didalamnya yaitu dengan cara meminjam keoperator dapodik sekolah)

3.   Selanjutnya masukkan username, password dan pilih tahun pelajaran yang sesuai dengan saat ini (seperti tampak pada gambar di bawah ini)



4.   Klik “masuk”

5.   Selanjutnya akan muncul notifikasi “Pilih salah satu role peran dibawah ini untuk masuk ke dalam aplikasi” maka silahkan anda klik yang ada nama anda (lihat contoh gambar)



6.   Setelah berhasil login maka anda akan melihat beranda dapodik seperti tampak pada gambar di bawah ini



7.   Untuk melakukan perubahan data maka silahkan klik “GTK” lalu pilih guru jika anda adalah guru dan pilih PTK jika anda bukan guru

8.   Selanjutnya akan muncul nama anda

9.   Lalu klik nama anda dan klik menu “ubah”

10. Silahkan pilih data yang akan anda rubah

11. Selesai.


#CARA 2

Pada cara kedua ini anda bisa login langsung dengan menggunakan akun operator dapodik sekolah, caranya ialah sebagai berikut :

1.   Silahkan login kedalam aplikasi dapodik sekolah dengan menggunakan akun operator sekolah

2.   Setelah berhasil login maka klik menu “Pengaturan”



3.   Selanjutnya klik “Tukar akses pengguna”



4.   Lalu masukkan kode registrasi sekolah

5.   Pilih nama guru yang akan login, dan klik "Tukar pengguna"



6.   Jika telah berhasil login maka silahkan lakukan perbaikan atau perubahan data jika di perlukan

7.   Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk melakukan login kedalam aplikasi dapodik dengan menggunakan akun guru/PTK masing-masing. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Jika anda mengalami kendala saat akan melakukan login kedalam aplikasi dapodik maka saran saya jangan malu untuk bertanya dan mohon petunjuk kepada operator dapodik sekolah anda masing-masing.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel