Soal dan Pembahasan Reviu Pedagogi "Karakter Peserta Didik"

Kherysuryawan.id – Kunci jawaban reviu pedagogi pembelajaran 2 tentang karakter peserta didik seri belajar mandiri calon guru asn pppk untuk persiapan menghadapi seleksi P3K atau seleksi PPG dan seleksi CPNS.

Sebagai seorang pendidik ataupun calon ASN maka sebelum mengikuti seleksi terlebih dahulu harus bisa mempersiapkan diri dengan baik khususnya dalam melatih kemampuan menjawab soal-soal latihan. Melalui postingan ini saya akan membagikan contoh soal-soal latihan pedagogi pada materi karakter peserta didik yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalal melakukan pembelajaran.

 


Semakin banyak berlatih maka akan semakin banyak pula pemahaman dan ilmu pengetahuan yang akan di peroleh. Oleh sebab itu saya membagikan contoh soal latihan pedagogi pembelajaran 2 : karakter peserta didik ini untuk bisa membantu para calon peserta ASN PPPK atau calon PPG dan calon ASN untuk bisa memahami soal seputar karakter peserta didik.

 

Selain contoh soal yang di tampilkan disini juga saya telah menyiapkan kunci jawaban dan pembahasannya sehingga calon peserta seleksi dapat dengan mudah belajar dan mencari jawaban dari soal yang di temui. Intinya bahwa postingan ini hanya ingin membantu para guru dalam memahami soal-soal seputar karakter peserta didik.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya, maka silahkan anda simak soal dan kunci jawaban pedagogi pembelajaran 2 tentang karakter peserta didik di bawah ini :

 

SOAL DAN PEMBAHASAN PEDAGOGI “KARAKTER PESERTA DIDIK”


1. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:

a. akibat perbuatan

b. Kontrak/imbal jasa

c. Hati nurani

d. Ketertiban sosial

e. Persetujuan orang lain

KUNCI JAWABAN : b. Kontrak/imbal jasa

 

2. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

a. Menjiplak huruf

b. Mewarnai pola

c. Menendang bola

d. Meronce membuat kalung

e. Memasangpuzzle

KUNCI JAWABAN : c. Menendang bola

 

3. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

a. Media benda nyata

b. Media cetak

c. Media poster

d. Media grafis

e. Media gambar

KUNCI JAWABAN : a. Media benda nyata

 

4. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:

a. Gender peserta didik

b. Gayabelajarpesertadidik

c. Minat peserta didik

d. Kultural peserta didik

e. Etnik peserta didik

KUNCI JAWABAN : c. Minat peserta didik

 

5. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?

a. Etnik

b. Status Sosial

c. Motivasi

d. Moral

e. Minat

KUNCI JAWABAN : a. Etnik

 

6. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?

a.Status social

b. Minat

c. Gender

d. Kultural

e. Etnik

KUNCI JAWABAN : d. Kultural

 

7. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:

a. Kemampuan awalnya

b. Motivasi belajarnya

c. Perkembangan motoriknya

d. Perkembangan emosinya

e. Perkembangan sosialnya

KUNCI JAWABAN : a. Kemampuan awalnya


8. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?

a. Etnik

b. Kultural

c. Motivasi

d. Sosial

e. Status social

KUNCI JAWABAN : c. Motivasi

 

9. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

a. Etnik

b. Kultural

c. Status social

d. Motivasi

e. Minat

KUNCI JAWABAN : c. Status social

 

10. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

a. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

b. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

c. Menggunakan modul dan powerpoint.

d. Menggunakan program audio dan modul.

e. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

KUNCI JAWABAN : b. Menggunakan media audio, video, dan percobaan

  

UNTUK SOAL DAN PEMBAHASAN PEDAGOGIK  PPPK LAINNYA UNTUK LEBIH LENGKAPNYA LIHAT DI BAWAH INI :

  • Soal & Jawaban Pembelajaran 1 Seri Belajar PPPK "Teori Belajar" (DISINI
  • Soal & Jawaban Pembelajaran 3 Seri Belajar PPPK "Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi" (DISINI)
  • Soal & Jawaban Pembelajaran 4 Seri Belajar PPPK "Desain Pembelajaran" (DISINI)
  • Soal & Jawaban Pembelajaran 5 Seri Belajar PPPK "Dasar Komunikasi" (DISINI)
  • Soal & Jawaban Pembelajaran 6 Seri Belajar PPPK "Konsep Penilaian" (DISINI)
  • Soal & Jawaban Pembelajaran 7 Seri Belajar PPPK "Pengembangan Potensi Peserta Didik" (DISINI)

 

Demikianlah contoh soal-soal pedagogi pembelajaran 2 tentang “karakter Peserta didik” yang di setiap soalnya telah di lengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga postingan ini bisa membantu para guru yang akan mengikuti seleksi PPPK atau seleksi PPG atau pun seleksi CPNS sehingga dengan banyak berlatih maka akan memiliki pula banyak pengetahuan yang lebih luas.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel