Soal & Pembahasan Tryout SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Soal dan pembahasan tryout PPPK Tahun 2021 terbaru asli dari laman kemendikbud.

Sahabat edukasi dimanapun berada, tak terasa waktu terus berlalu dan tak lama lagi seleksi untuk penerimaan ASN PPPK akan dimulai. Hal itu tentunya akan menjadi sebuah tantangan bagi para pendaftar yang ingin mendapatkan tiket kelulusan sebagai seorang ASN PPPK.

 


Pada postingan sebelumnya saya juga telah membagikan banyak soal latihan untuk persiapan seleksi ASN PPPK mulai dari soal pedagogic hingga soal professional yang semuanya telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Di kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan beberapa soal tryout PPPK tahun 2021 yang bisa menjadi sebuah referensi bagi anda yang akan mengikuti seleksi asn pppk nantinya.

 

Dengan semakin banyak belajar maka tentunya peluang untuk bisa lulus juga akan semakin besar. Bagi anda yang mungkin sedang ingin berlatih mengerjakan soal-soal tryout P3K namun tidak memiliki referensi maka disini anda bisa melakukannya dengan mudah dan gratis. Adapun soal yang di sajikan sudah merupakan soal hasil update terbaru yang mungkin akan memiliki kemiripan yang sama dengan soal yang nantinya akan muncul pada seleksi meskipun saya tidak menjamin bahwa soal tersebutlah yang nantinya akan keluar namun setidaknya dengan banyak berlatih maka anda akan memiliki banyak pengetahuan dan bekal dalam menghadapi ujian seleksi pppk nantinya.

 

Soal tryout PPPK tahun 2021 ini di peruntukkan bagi para guru SD, guru SMP, guru SMA/SMK yang masih honorer sebagai bahan latihan dalam mengerjakan dan melihat jenis soal pedagogi dan soal numerasi atau prifesional. Sekali lagi saya menyampaikan bahwa soal latihan tryout ini hanyalah sebagai bahan latihan dalam meghadapi seleksi ASN PPPK nantinya jadi bukan sebagai soal yang akan pasti muncul nantinya di saat anda mengikuti seleksi.

 

Mengapa saya menyiapkan soal lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya karena tujuannya ialah untuk memudahkan anda dalam memahami maksud dari soal yang di sajikan meskipun mungkin masih ada option yang menurut anda keliru maka anda bisa melakukan perbaikan sebab sebagai manusia biasa saya pun tak luput dari yang namanya salah. Intinya adalah disini saya ingin berbagi untuk anda yang membutuhkan soal latihan tryout PPPK terbaru.

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki referensi soal latihan tryout ASN PPPK tahun 2021 terbaru yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya, maka silahkan anda simak soal dan pembahasannya di bawah ini :

 

1. Seorang anak mengumpulkan batu kerikil dalam perjalanan pulang dari sekolah. Tiap hari ia mengumpulkan 5 kerikil lebih banyak dari hari sebelumnya. Jika pada hari pertama ia membawa pulang 1 kerikil, maka jumlah kerikil pada hari ke – 25 adalah ….

a. 1525

b. 1647

c. 1404

d. 121

e. 550

JAWABAN : a. 1525

 

PEMBAHASAN : untuk mengerjakan soal ini maka anda harus menggunakan rumus menentukan jumlah suku ke-n yakni SN = n/2 (a + un)

 

2. Organ-organ pada system pencernaan makanan manusia dapat dibedakan menjadi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Berikut ini, organ yang merupakan saluran pencernaan sekaligus sebagai kelenjar pencernaan adalah ……

a. usus halus dan hati

b. pankreas dan us ubuntu

c. lambung dan usu halus

d. lambung dan hati

e. pancreas dan hati

JAWABAN : c. lambung dan usu halus

 

PEMBAHASAN : Saluran pencernaan manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Kelenjar pencernaan manusia terdiri dari air liur, lambung, pancreas, hati usu halus.

 

3. Pembangunan sebuah Gedung direncanakan selesai dibangun selama 20 hari oleh 36 pekerja. Setelah di kerjakan 12 hari pekerjaan dihentikan selama 2 hari. Jika kemampuan bekerja setiap pekerja dianggap sama dan agar pembagungan selesai tepat waktu , banyak pekerja tambahan yang di perlukan adalah ……

a. 16 pekerja

b. 12 pekerja

c. 14 pekerja

d. 18 pekerja

e. 20 pekerja

JAWABAN : b. 12 pekerja

 

PEMBAHASAN : Pada soal ini maka anda bisa mengerjakannya dengan menggunakan prinsip perbandingan berbalik nilai.

 

4. pada KD “menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal”, materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah …..

a. sudut-sudut dan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4

b. hubungan antar sudut dengan tingkat kognitif C4

c. hubungan antar sudut dengan tingkat kognitif C3

d. hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4

e. hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3

JAWABAN : b. hubungan antar sudut dengan tingkat kognitif C4

 

PEMBAHASAN : kata “menganalis” berarti masuk pada tingkat kognitif C4, kemudian ada kalimat “hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar” jadi kita harus focus pada kalimat hubungan antar sudut sehingga jawabannya adalah yang bagian B.

 

5. Via menunggu (1) pembantu baru. Via ikut bunda kekantor sepulang (2) sekolah. Mula-mula (3) semua berjalan lancar. Lalu Via mulai sakit-sakitan (4). Akhirnya ia harus opname. Dokter menduga Via kurang istirahat dan makannya tidak teratur. Bunda menangis mendengarkannya. Ia merasa bersalah (5). Kata kerja tindakan ditandai dengan nomor ……..

a. (3)

b. (4)

c. (1)

d. (5)

e. (2)

JAWABAN : c. (1)

 

PEMBAHASAN : Kata kerja tindakan itu termasuk pada kata kerja aktif, dalam kata kerja tindakan subjeknya berperan sebagai pelaku. Adapun ciri dari kata kerja tindakan yaitu umumnya memiliki awalan ME- dan BER-.

 

6. Pantun di bawah ini termasuk dalam jenis pantun……

Harimau telah semakin sombong

Suka menghina yang jelek

Masih kecil telah ompong

Mirip Bersama dengan nenek-nenek

a. sukacita

b. jenaka

c. nasihat

d. teka-teki

e. dukacita

JAWABAN : b. jenaka

 

PEMBAHASAN : karena ada kata-kata masih kecil telah ompong dan mirip Bersama dengan nenek-nenek merupakan hal yang lucu yang sifatnya menghibur maka pantun tersebut termasuk dalam pantun jenaka.

 

7. Menurut bruner, apabila seseorang memahami objek-objek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari …..

a. konflik

b. ikonik

c. simbolik

d. intuitif

e. enaktif

JAWABAN : b. ikonik

 

PEMBAHASAN : melalui gambar-gambar itu termasuk pada tahap ikonik

 

8. Sebuah kubus mempunyai volume 64 cm3. Apabila setiap rusuk kubus tersebut di perpanjang dua kalinya maka luas permukaan kubus yang baru adalah …..cm2

a. 144

b. 216

c. 384

d. 512

e. 432

JAWABAN : c. 384

 

PEMBAHASAN : soal ini dapat di kerjakan dengan cara mencari terlebih dahulu Panjang rusuk kubus dengan menggunakan rumus volume kubus, setelah rusuknya di ketahui maka dikalikan 2 dan setelah itu barulah di cari luas kubus dengan menggunakan rusuk yang telah dikali 2 tadi.

 

9. Bumi tidak persis seperti bola tetapi agak pepat dikedua kutubnya. Ini di sebabkan oleh ……

a. bulan dan bumi berevolusi terhadap matahari

b. bulan berevolusi terhadap bumi

c. orbit bumi berbentuk lingkaran

d. khatulistiwa berayun kearah luar akibat rotasi bumi

e. bumi berevolusi terhadap mathari

JAWABAN : d. khatulistiwa berayun kearah luar akibat rotasi bumi

 

PEMBAHASAN : Bumi tidak persis seperti bola karena khatulistiwa berayun kearah luar akibat rotasi bumi

 

10. alasan di perlukannya identifikasi potensi peserta didik adalah ……

a. minat dan bakat peserta didik selalu tidak sama dalam setiap kelas belajar

b. kualitas sekolah dimana peserta didik berasal tidak sama

c. peserta didik berasal dari keluarga dengan tingkat Pendidikan orang tua yang berbeda

d. tingkat perekonomian peserta didik berbeda

e. peserta didik memiliki karakteristik dan kemampuan awal yang tidak sama

JAWABAN : e. peserta didik memiliki karakteristik dan kemampuan awal yang tidak sama

 

PEMBAHASAN : tujuan dari identifikasi potensi peserta didik adalah untuk mengetahui akan karakteristik dan kemampuan awal peserta didik sebab karakteristik dan kemampuan awal peserta didik itu tidak sama.

 

Demikianlah beberapa soal latihan untuk tryout PPPK tahun 2021 yang mana soal tersebut di ambil dari latihan evaluasi tryout kemendikbud dan juga di setiap soal yang telah di sajikan sudah memiliki kunci jawaban serta pembahasannya sehingga akan sangat mudah untuk di pelajari bagi siapapun yang membutuhkannya.

Sekian informasi ini semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel