-->

Cara Mendaftar Google News Terbaru Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Cara Mendaftarkan blog ke google Berita terbaru tahun 2021.

Postingan ini akan membahas mengenai hal penting yang harus di ketahui oleh para pemilik blog bahwa untuk meningkatkan SEO, maka salah satu tahapn penting yang tak boleh di lewatkan ialah dengan memperbanyak trafict namun dengan catatan trafik harus merupakan trafik yang berasal dari mesin pencari google.



Salah satu cara untuk mendatangkan trafik yang original dan organik ialah dengan membuat postingan yang menarik, jelas, bermutu dan tentunya bermanfaat bagi para pengunjung. Selain itu untuk meningkatkan jumlah pengunjung maka anda perlu untuk rajin dalam membuat postingan agar semakin banyak postingan yang anda buat maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pengunjung.


Jika anda telah memiliki website atau blog yang memiliki jumlah pengunjung yang lumayan banyak serta anda adalah orang yang rajin membuat postingan di setiap harinya maka saya sangat menyarankan anda untuk bisa melakukan pendaftaran di google news atau google berita. Dengan anda mendaftarkan blog ke google berita maka anda akan mendapatkan banyak manfaat yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi blog anda karena akan menambah pengunjung yang kini berasal dari google news.


Perlu anda ketahui bahwa pemilik blog yang mendaftarkan blognya di layanan google news atau google berita maka akan mendaptkan jumlah view yang semakin meningkat dan tentunya jika blog yang dipasangkan iklan adsense atau iklan partner google maka tentunya akan meningkatkan pula penghasilan. Olehnya itu google news sangat baik untuk bisa menjadi salah satu alternatif bagi para blogger untuk bisa meningkatkan pendapatan.


Untuk mengetahui manfaat yang bisa dihasilkan atau di dapatkan saat akan mendaftarkan website ke google berita adalah sebagai berikut :

  • Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari
  • Dapat menambah Jumlah Pengunjung blog
  • Blog yang terdaftar di google news akan berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink
  • Google News berpotensi mendatangkan organic traffic ke blog Anda
  • Bisa menambah penghasilan jika blog sudah di pasangkan iklan adsense atau iklan lainnya

  

Secara umum, Google News sangat memudahkan pembaca dalam memperoleh informasi yang diinginkan, dan bisa diakses melalui gawai dan komputer. Hebatnya lagi, layanan Google News bisa dinikmati secara gratis. Bahkan saat ini satu juta pengguna telah mengunduh Google News di Play Store atau Google Play.Bagi pengguna, Google News menjadi pilihan yang tepat dalam memperoleh informasi atau berita berdasarkan topik, lokasi, hingga sumber berita. Dengan kata lain, pengguna bisa mempersonalisasikan konten sesuai keinginan.

 

Google news atau google berita merupakan Layanan yang cukup populer dan sangat bermanfaat tidak hanya bagi para pembaca tapi juga pemilik website. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci. Berita yang muncul di baris pertama hasil pencarian adalah berita yang paling banyak dibaca dan yang terbaru. Meski berita-berita sudah diseleksi secara otomatis, tetapi situs-situs berita yang muncul dalam layanan ini dipilih secara menual oleh pengguna. Google News menyediakan fitur News Archives Search untuk mencari berita-berita lama.

 

Untuk mendaftar di google news pemilik blog harus selalu rajin melakukan update artikel agar terus berkembang dan disukai oleh pengunjung. selain itu meskipun namanya adalah google news namun bagi anda yang memiliki blog dengan materi atau niche diluar berita pun tetap bisa mendaftarkan blog anda ke layanan google news.


Bagaimana cara untuk melakukan pendaftaran ke google news atau google berita versi terbaru saat ini, Sebelum anda akan mendaftarkan blog anda ke google news maka anda harus mempersiapkan hal-hal berikut ini :

1.   URL blog anda

2.   Logo blog atau icon blog yang akan digunakan untuk menjadi icon yang nantinya tampil di google berita

3.   Feedburner blog anda

4.   Deskripsi blog yang nantinya akan dimasukkan pada “deskripsi publikasi”

5.   Kode google analytic

 

Baiklah berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan apabila akan mendaftarkan blog ke google news atau google berita versi terbaru :

1.   Pertama silahkan Akses Halama Web Pendaftaran Google News atau google berita dialamat berikut : https://publishercenter.google.com/

2.   Silahkan login menggunakan email atau akun anda masing-masing

3.   Pada halaman beranda Publisher Centre, silahkan Pilih + Tambah Publikasi



4.   Selanjutnya silahkan isi kolom yang di sediakandiantaranya :

·         Nama publikasi ( masukkan nama blog anda)

·         Property situs utama (masukkan alamat blog anda)

·         Lokasi (pilih nama lokasi anda)

·         Berikan tanda centang pada notif “Dengan mencentang kotak ini, Anda menyatakan bahwa publikasi pada prinsipnya dan secara permanen ditempatkan di negara pilihan Anda



5.   Setelah mengisi kolom diatas, Selanjutnya klik “Tambah publikasi”

6.   Selanjutnya klik “Setelan Publikasi”



7.   Pada setelan publikasi umum silahkan isikan jawaban pada kolom yang di sediakan, diantaranya meliputi :

·         Nama publikasi

·         Bahasa utama

·         Pilih nama Negara

·         Pada kolom “URL properti situs utama” silahkan klik “verifikasi dalam search console” agar status situs terverifikasi

8.   Pada setelan gaya visual silahkan masukkan logo pada menu “tambahkan logo persegi” dan pada menu “tambahkan logo lebar” sesuai ukuran yang direkomendasikan



9.   Jika sudah klik “simpan”

10. Selanjutnya klik kotak google berita yang masih berstatus “belum dimulai”



11. Setelah itu klik “edit”

12. Kemudian pada setelan umum silahkan isi kolom sesuai pertanyaan, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

·         Deskripsi publikasi (isikan saja sesuai deskripsi blog anda)

·         Kategori (pilih kategori yang sesuai dengan blog anda)

·         Negara (pilih seluruh dunia)

·         Property google (pilih izinkan semua property)

·         Id pelacakan google analytic (masukkan kode pelacakan Google analytic anda)

13. selanjutnya pada setelan konten silahkan klik + rubrik baru dan pilih “feed” 


kemudian silahkan isi kolom yang di sediakan, diantaranya yaitu :

·         Judul rubrik ( silahkan isikan sesuai keinginan anda, bisa juga isi dengan nama blog anda)

·         URL feed RSS atau Atom ( silahkan isikan dengan url feedburner blog anda)

·         Akses lihat (pilih siapa saja)

·         Isikan tanda centang sesuai keinginan




14. Jika semua sudah diisi maka klik “tambahkan”

15. Pada setelan tinjau dan publikasikan, jika Status publikasi aplikasi Google Berita sudah aman, maka langkah terakhir klik “publikasikan”



16. Selesai

 

Setelah anda berhasil mendaftar maka blog anda terlebih dahulu akan di review dan waktu yang dibutuhkan untuk bisa di terima bisanya berkisar 1 hari hingga 1 minggu dan tentunya tergantung dari kualitas blog anda masing-masing, Jika blog anda rajin melakukan update artikel maka akan semakin cepat untuk di terima dalam layanan google news.


Seperti blog kherysuryawan.id ini yang juga telah terdaftar di google news dan hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 hari saja sudah langsung di terima. Jika blog anda nantinya telah melewati masa review dan telah di terima maka akan terlihat hasilnya seperti gambar di bawah ini : 



Apabila blog anda telah di terima seperti pada tampilan gambar diatas maka langkah selanjutnya silahkan anda menguji publikasi dengan cara mengecek blog anda di google news untuk melihat atau mengetahui seperti bagaimana tampilan postingan yang akan muncul pada layanan google news tersebut.

Untuk mengetahui cara menguji publikasi, maka berikut ini langkah-langkahnya :
  • Silahkan masuk di https://publishercenter.google.com/publications
  • Kemudian klik nama publikasi anda di google berita
  • Selanjutnya klik "edit"
  • Pilih menu "tinjau dan publikasikan"
  • Selanjutnya silahkan klik pada link yang telah disiapkan di meu "Menguji Publikasi" (seperti tampak pada gambar di bawah ini)

  • Kemudian anda akan diarahkan menuju ke tampilan google berita yang menayangkan postingan blog yang telah anda daftarkan (seperti tampak pada gambar di bawah ini)


Demikianlah informasi mengenai penjelasan tentang cara untuk mendaftarkan blog ke google news terbaru, dan bagi anda yang ingin mencobanya maka silahkan ikuti tahapan sesuai penjelasan diatas agar anda bisa berhasil.

Sekian, Terimakasih dan semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel