-->

Fungsi Tombol Reset Pendaftaran SSCASN PPPK 2021

Kherysuryawan.id – Cara reset pendaftaran PPPK guru bagi guru honorer yang telah melakukan pendaftaran PPPK dan ingin mengubah pilihan formasi atau jika ingin melakukan pendaftaran ulang PPPK 2021 maka bisa lihat pada tombol reset pendaftaran PPPK.

Sahabat Pendidikan, selamat berjumpa kembali pada blog Pendidikan yang mana untuk pembahasan kali ini saya akan membahas tentang masalah penting yang harus di pahami oleh para pendaftar PPPK di laman sscasn tahun 2021.

 

Bagi anda para guru honorer yang telah melakukan atau melewati masa pendaftaran PPPK namun setelah dilakukan pendaftaran ternyata anda masih belum merasa puas dengan pilihan formasi yang telah anda pilih sebelumnya maka pada saat ini anda bisa melakukan perubahan pilihan formasi dengan melakukan reset pendaftaran di laman sscasn.


Meskipun tombol menu reset pendaftaran PPPK sscasn telah dibuka namun tidak semua orang bisa melakukan reset pendaftaran, sebab menu reset pendaftaran PPPK hanya di peruntukkan bagi pelamar atau pendaftar yang telah menyelesaikan pendaftaran PPPK di laman sscasn hingga tahapan akhir. Tujuannya ialah untuk memberikan kemudahan bagi para pendaftar yang merasa sempat melakukan kesalahan atau tidak bisa memilih formasi sekolah induk.


Menu reset pendaftaran PPPK di tampilkan sebagai bentuk solusi dalam memperbaiki masalah yang pernah terjadi diantaranya seperti solusi saat pendaftar tidak menemukan pilihan formasi di sekolah induk. Hal ini banyak sekali terjadi sehingga banyak guru yang mengajar di sekolah induk tidak bisa memilih sekolahnya sendiri sehingga mau tak mau harus mendaftar PPPK di sekolah lain atau di sekolah non induk. Dengan adanya masalah atau kasus inilah maka bagi anda yang ingin mengganti pilihan formasi atau lokasi formasi maka solusinya ialah dengan melakukan reset pendaftaran khusus bagi pendaftar yang telah melakukan pendaftaran sebelumnya.

 

Selain untuk melakukan perubahan pilihan formasi pada fungsi reset pendaftaran SSCASN PPPK Tahun 2021, ada juga fungsi lainnya yang bisa anda ketahui ketika anda akan melakukan reset pendaftaran SSCASN PPPK Tahun 2021. Perlu untuk anda ketahui sebelum anda melakukan atau mengklik tombol reset pendaftaran SSCASN PPPK Tahun 2021, sebab jika anda tidak mengetahui apa fungsi dan manfaat dari tombol reset pendaftaran SSCASN PPPK Tahun 2021, maka anda akan rugi untuk melakukannya . maka dari itu anda harus bisa memahami fungsi dari reset pendaftaran pada SSCASN PPPK Tahun 2021.


Dengan adanya kemunculan tampilan baru pada menu resume atau menu diakhir pendaftaran yaitu tombol reset pendaftaran PPPK di laman sscasn yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan pilihan formasi maka ada pula hal penting yang harus di ketahui oleh para pelamar PPPK yaitu yang mana jika tadinya jadwal pendaftaran akan di akhiri hingga tanggal 21 juli tahun 2021 maka dengan adanya menu reset pendaftaran PPPK ini maka batas waktu pendaftaran PPPK di perpanjang menjadi hingga tangga 26 juli tahun 2021.


Bagi anda yang ingin melakukan perubahan pilihan formasi maka masih memiliki kesempatan hingga beberapa hari kedepan dan bagi anda yang mungkin hingga hari ini belum menentukan pilihan untuk mendaftar PPPK maka disarankan agar segera melakukan pendaftaran sebab masa akhir pendaftaran masih di buka hingga tanggal 26 juli tahun 2021.

 

Berbicara mengenai fungsi dan kegunaan reset pendaftaran PPPK maka Baiklah berikut ini penjelasan mengenai Penyesuaian Aplikasi Pendaftaran Terkait Penentuan Peserta Seleksi Kompetensi I Guru ASN PPPK 2021.


Menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor  B/1075/S.SM.01.00/2021 Tentang Ketentuan Peserta Seleksi Kompetensi I pada Pengadaan PPPK untuk JF Guru Tahun 2021, dan dengan mempertimbangkan Dapodik Kemendikbudristek terkait penugasan guru pada Satuan Administrasi Pangkal serta jenis jabatannya, dengan ini disampaikan Pengumuman sebagai berikut:

1. Terdapat penyesuaian aplikasi pendaftaran seleksi Guru ASN-PPPK Tahun 2021 terkait penentuan individu peserta yang dapat mengikuti seleksi kompetensi pertama, berupa tombol reset pendaftaran, yang ditujukan bagi:

A. Ada formasi, system terkunci

Guru dengan penugasan di sekolah induk yang terdapat formasi dan seharusnya dapat melamar ke formasi tersebut, namun formasinya tidak dapat dipilih dikarenakan kuota formasi yang terkunci, sehingga terpaksa melamar ke formasi di sekolah lain;

 

B. Tidak ada formasi, system terkunci

Guru dengan penugasan di sekolah induk yang tidak terdapat formasi dan seharusnya dapat melamar ke sekolah lain yang masih memiliki sisa kuota formasi, namun formasinya tidak dapat dipilih dikarenakan kuota formasi yang terkunci; dan

 

C. Tidak ada formasi

Guru dengan penugasan di sekolah induk yang tidak terdapat formasi dan sudah mendaftar ke sekolah lain yang tidak memiliki sisa kuota formasi, dikarenakan prioritas bagi guru yang bertugas di sekolah lain tersebut

 

2. Fasilitas penyesuaian pada aplikasi pendaftaran tersebut hanya dapat dipergunakan satu kali. Mohon dipergunakan dengan seksama/teliti untuk dapat menyesuaikan lamaran ke formasi sekolah induk/tempat bertugas atau sekolah lain dalam wilayah instansi kewenangan yang sama. Setelah mempergunakan fasilitas tersebut, harap dapat dipastikan kembali kondisi final resume sebelum batas akhir waktu pendaftaran.

3. Bagi Guru yang sudah menetapkan pilihan formasi dan tidak terkendala oleh formasi yang terkunci baik di sekolah induk/tempat tugas maupun di sekolah lain dalam satu wilayah instansi kewenangan yang sama, fasilitas penyesuaian dalam aplikasi pendaftaran seleksi Guru ASN-PPPK Tahun 2021 dapat diabaikan.


Beberapa fungsi atau manfaat yang bisa anda ketahui jika anda akan melakukan atau mengklik tombol reset pendaftaran SSCASN PPPK Tahun 2021 :


FUNGSI RESET PENDAFTARAN PPPK

1. Saat anda melakukan salah upload atau dokumen pendaftaran maka untuk memperbaikinya anda bisa melakukan atau mengklik tombol reset pendaftaran sscasn

2. Apabila anda salah pilih formasi atau ingin mengganti foemasi maka untuk menggantinya anda bisa melakukan atau mengklik tombol reset pendaftaran sscasn

3. Apabila anda ingin mengganti lokasi formasi maka untuk memperbaikinya anda bisa melakukan atau mengklik tombol reset pendaftaran sscasn

4. Apabila saat anda melakukan pendaftaran ternyata ada beberapa biodata pribadi yang anda ketikkan tidak sesuai atau salah, maka untuk memperbaikinya maka anda bisa melakukan atau mengklik tombol reset pendaftaran sscasn

 

TUJUAN RESET PENDAFTARAN PPPK:

1. Mengubah formasi ke sekolah induk yang awalnya mendaftar di sekolah lain. (Wajib sesuai Permen PANRB Nomor 28 Tahun 2021)

2. Tidak perlu di reset jika sudah mendaftar di sekolah induk

3. Tidak perlu direset hanya untuk memperbaiki data dikhawatirkan nanti formasi yg sdh dipilih justru hilang.

4. Tak perlu bingung dengan Akreditasi, mulai malam tadi sudah terhapus tak ada pengaruh ke administrasi.


Itulah beberapa fungsi dan tujuan dari reset pendaftaran P3K yang bisa anda ketahui sebelum anda melakukan atau mengklik tombol reset pendaftaran sscasn PPPK tahun 2021. Perlu di ketahui pula bahwa untuk melakukan reset pendaftaran PPPK di laman sscasn maka terlebih dahulu anda sudah pernah melakuka pendaftaran dan sudah sampai pada tahapan akhir yaitu tahapan resume dan cetak kartu pendaftaran, jika anda belum melakukan pendaftaran PPPK di laman sscasn hingga tahap akhir maka menu atau tombol reset tersebut tentunya belumlah berfungsi sebab tombol reset pendaftaran PPPK tersebut di peruntukkan bagi para pendaftar PPPK yang telah berhasil melakukan pendaftaran dan ingin melakukan perbaikan atau perubahan data dari data yang telah di pilih sebelumnya.

 

Sebagai informasi pula bahwa jika anda akan melakukan reset pendaftaran PPPK di sscasn maka anda hanya di beri kesempatan satu kali saja untuk bisa melakukan perubahan data yang artinya bahwa anda harus berhati-hati dalam melakukan reset pendaftaran PPPK tersebut, dan usahakan jika anda ingin melakukan atau mengklik tombol reset pendaftaran PPPK maka anda harus mengetahui kira-kira apa yang akan anda ubah atau anda perbaiki agar apa yang anda lakukan tidak sia-sia.

 

Bagi anda yang belum mengetahui atau ingin mengetahui bagaimana cara untuj melakukan reset pendaftaran PPPK di laman sscasn tahun 2021, maka berikut ini langkah-langkahnya :


CARA MELAKUKAN RESET PENDAFTARAN PPPK DI LAMAN SSCASN TAHUN 2021

 

1. Silahkan login ke akun sscasn masing-masing dengan menggunakan NIK dan password yang telah di buat masing-masing pendaftar

2. Setelah berhasil login, maka pada tahapan RESUME akan muncul tombol “Reset pendaftaran” nah untuk melakukan reset silahkan klik tombol tersebut



3. Setelah anda mengklik tombol reset pendaftaran maka akan tampil sebuah notifikasi atau peringatan yang isinya seperti ini :

“Apakah Anda yakin untuk mengulang pendaftaran?"

Data Anda akan direset dan data terbaru akan ditarik berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Proses ini hanya akan Anda lakukan 1 (satu) kali. Dan Anda diwajibkan menyelesaikan sampai Tahap resume apabila anda sudah yakin dengan data yang sudah Anda input/pilih sebelum batas waktu pendaftaran”.



4. Jika anda setuju dan ingin melanjutkan maka silahkan klik “IYA”

5. Selanjutnya browwser akan diarahkan kembali ke fitur pemilihan formasi, sehingga dilaman inilah para pendaftar bisa mengecek formasi yang tersedia.

6. Langkah berikutnya silahkan akhiri pendaftaran sampai ke tahap resume.

 

Demikianlah fungsi, manfaat dan tujuan dari munculnya menu atau tombol reset pendaftaran sscasn tahun 2021, semoga anda yang saat ini sedang melakukan pendaftaran namun masih belum puas dengan hasil yang teah anda daftarkan sebelumnya dan ingin melakukan perubahan pilihan atau perubahan data maka dengan adanya menu reset pendaftaran ini anda bisa melakukan perubahan sesuai keinginan.

Sekian semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel