Cara Menonaktifkan Real-time Protection di Windows 10 Secara Permanen

Kherysuryawan.id – Cara mematikan Real-Time Protection di windows 10 secara permanen.

Apakah anda pengguna windows 10 dan sering mengalami masalah saat akan melakukan instalasi aplikasi tiba-tiba aplikasi yang anda telah install tersebut tidak berfungsi ??? jika masalah itu pernah anda alami maka anda perlu untuk membaca postingan ini agar anda bisa mengetahui penyebab serta masalahnya.

 


Didalam windows 10 pastinya anda memiliki fitur yang bernama windows defender. Windows Defender adalah antivirus buatan Microsoft untuk Windows. Seperti umumnya antivirus, Windows Defender digunakan untuk memproteksi komputer dari virus, rootkit, dan spyware. Windows Defender akan berjalan otomatis di Windows dan juga dapat menonaktifkan sendiri secara otomatis ketika mendeteksi ada software keamanan lain yang terinstal di Windows. 

 

Perlu anda ketahui bahwa windows Defender Antivirus atau Microsoft defender antivirus di Windows 10 memiliki fitur yang bernama real-time protection yang berfungsi untuk melakukan scan terhadap malware dan virus, serta dapat mengunduh perbaruan anti virus secara berkala. Real time protection tersebut dapat di setting menjadi on (hidup) atau off (mati) sesuai kebutuhan.

 

Perlu anda pahami bahwa mengatur real time protection pada windows 10 sangat penting untuk dilakukan sebab dapat mempengaruhi kinerja sebuah aplikasi yang dipasang di computer/laptop. Dalam melakukan pengaturan real time protection pada windows 10 sebenarnya dapat di fungsikan dengan baik sesuai keinginan pengguna komputer masing-masing.

 

Real time protection pada windows 10 dapat di matikan secara sementara maupun secara permanen. Bagi anda yang mungkin pernah mematikan real time protection pada windows 10 namun dalam kurun waktu tertentu menu real time protection pada windows 10 tersebut aktif kembali maka hal itu di sebabkan karena anda mematikan menu real time protection pada windows 10 hanya bersifat sementara saja.

 

Lantas bagaimana cara untuk mematikan real time protection pada windows 10 secara permanen ???

Melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan penjelasan atau tutorial tentang bagaimana cara untuk menonaktifkan real time protection di windows 10 secara permanen.

Namun sebelum itu kherysuryawan.id akan memberikan sedikit cerita yang ada hubungannya dengan real time protection pada windows 10 sehingga saya berinisiatif untuk membuat postingan ini.

 

Awal mulanya saya belum mengetahui bahwa menu real time protection yang terdapat diwindows 10 dapat dimatikan secara permanen sehingga setiap saya melakukan penginstalan aplikasi exambro untuk pelaksanaan asesmen nasional yang dilakukan secara online tiba-tiba saja aplikasi tersebut sudah tidak lagi berfungsi alias termakan virus. Anehnya padahal ketika itu menu windows anti virus firewall dan juga real time protection sudah di non aktifkan namun saat aplikasi dijalankan secara online virus kembali mendeteksi adanya aplikasi yang tidak diinginkan sehingga membuat aplikasi yang telah diinstal (exambro) tidak bisa berfungsi lagi.

 

Setelah saya mencari tahu penyebabnya ternyata real protection tiba-tiba hidup kembali alias ON dan berfungsi kembali serta mendeteksi adanya aplikasi yang berjalan dan membuat aplikasi menjadi termakan oleh virus. Usut punya usut teenyata hal itu di sebabkan karena pengaturan yang saya lakukan saat menonaktifkan real time protection pada windows 10 hanyalah bersifat sementara saja sehingga sewaktu-waktu virus kembali aktif saat computer dijalankan dalam moda online.

 

Akhirnya dengan pengalaman tersebutlah maka saya mengetahui jika ternyata menu real time protection pada windows 10 dapat dimatikan atau dinonaktifkan secara permanen. Bagi anda yang mugkin memiliki pengalaman yang sama dengan apa yang saya ceritakan pada artikel diatas sewaktu anda menjalankan atau menginstal sebuah aplikasi namun tiba-tiba aplikasi tersebut termakan oleh virus, maka anda bisa mendapatkan solusinya dengan cara mematikan real time protection pada windows 10 secara permanen.

 

Baiklah berikut ini penjelasan tentang cara untuk mematikan real time protection pada windows 10 secara permanen.

 

1.   Silahkan tekan bersamaan Logo Windows + R, sehingga muncul seperti tampilan di bawah ini



2.   Kemudian pada kolom “Open” ketikkan gpedit.msc lalu klik “OK

3.   Setelah itu klik “Computer Configuration” lalu “Administrative Templates



4.   Klik 2x “Windows Components

5.   Cari folder “Microsoft Defender antivirus” atau “windows Defender antivirus” (tergantung yang mana yang ada di computer anda) lalu klik 2x pada folder tersebut



6.   Selanjutnya pilih dan klik 2x pada “Real time protection



7.   Kemudian klik 2x pada “Turn off real-time protection



8.   Pilih “Enable” lalu klik “OK


9. Setelah proses selesai (tanpa perlu restart), maka anda akan mendapati opsi real-time protection yang tidak aktif berserta tulisan “This settings is managed by your administrator“.

 


10.Untuk mengembalikan pengaturan seperti semula, anda bisa mengubah opsi menjadi “Not Configured” pada langkah ke-8.

11.Selesai.

 

Demikianlah cara mudah untuk bisa mematikan atau menonaktifkan real-time protection yang terdapat pada windows 10. Semoga tutorial yang telah saya bagikan ini bisa membantu anda yang sedang mencari informasi tentang cara mematikan real-time protection di windows 10 secara permanen.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel