Rangkuman Seni Budaya Kelas 9 Bab 6 Semester 1

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi seni budaya kelas 9 Bab 6 “Unsur Pendukung Tari Kreasi”.

Sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sajian materi pelajaran khususnya materi seni budaya kelas 9 Bab 6 tentang Unsur Pendukung Tari Kreasi. Materi ini nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 kurikulum 2013.

 


Kita ketahui bahwa pada pembelajaran kurikulum 2013 setiap sekolah sudah memiliki buku paket kurikulum 2013 untuk semua mata pelajaran. Nah pada pembelajaran seni budaya kelas 9 maka buku yang akan digunakan yaitu buku siswa dan buku guru seni budaya kelas 9 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

Melalui postingan ini saya akan memberikan ringkasan atau lebih tepatnya rangkuman materi seni budaya untuk pembelajaran di kelas 9 SMP khususnya pada materi Bab 6 tentang Unsur Pendukung Tari Kreasi. Tentunya dengan mempelajari materi yang telah diringkas akan semakin memudahkan para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pebelajaran.

 

Adapun materi yang akan di pelajari pada pelajaran seni budaya kelas 9 Bab 6 Unsur Pendukung Tari Kreasi yaitu sebegai berikut :

 

A. Unsur Pendukung Tari

B. Memperagakan Gerak Tari Kreasi dengan menggunakan Unsur Pendukung

 

Dalam mempelajari materi ini nantinya ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk bisa dicapai oleh para peserta didik, yairu sebagai berikut ;

 

Setelah mempelajari Bab VI ini, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni tari, yaitu:

1. Mengidentifi kasi unsur pendukung tari kreasi.

2. Memahami konsep iringan tari kreasi.

3. Mengidentifi kasi jenis iringan tari kreasi.

4. Memahami fungsi iringan tari kreasi.

5. Menjelaskan unsur pendukung properti tari.

6. Mengidentifi kasi jenis properti tari.

7. Menjelaskan unsur pendukung tata rias dan busana tari kreasi.

8. Mengidentifikasi jenis tata rias dan busana tari kreasi.

9. Menjelaskan unsur pendukung tata pentas tari kreasi.

10. Mengidentifi kasi jenis tata pentas tari kreasi.

11. Menjelaskan unsur pendukung tata lampu dan tata suara.

12. Mengidentifi kasi jenis tata lampu dan tata suara.

13. Mengomunikasikan unsur pendukung karya seni tari kreasi baik secara lisan maupun tulisan.

14. Meragakan gerak tari kreasi dengan unsur pendukung tari

 

Setelah memahami tujuan dari pembelajaran diatas, maka berikut ini ringkasan atau rangkuman materi seni budaya kelas 9 Bab 6 “UNSUR PENDUKUNG TARI KREASI” yang akan di pelajari pada semester 1.

 

BAB 6 UNSUR PENDUKUNG TARI KREASI

A. Unsur Pendukung Tari

Tari sebagai bentuk seni merupakan salah satu sajian pertunjukan yang mengarah pada estetika manusia.

Unsur-unsur pendukung dalam tari antara lain adalah iringan (musik), tata busana (kostum), tata rias, tempat, tata lampu, dan tata suara (sound).

 

1. Iringan (Musik)

Musik dan tari merupakan pasangan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Keberadaan musik di dalam tari memiliki tiga aspek dasar yang kaitannya dengan tubuh dan kepribadian manusia, yaitu melodi, ritme, dan dramatik. Ketiga aspek tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1) Sumber melodi dapat kita ketahui rangkaian nada-nada,

2). Ritme adalah degupan dari musik yang sering ditandai dengan aksen/tekanan yang diulang-ulang secara teratur, dan

3). Dramatik, yaitu suara-suara yang dapat memberikan suasana tertentu. Salah satu contoh yaitu Tari Uncul yang diiringi musik sampyong. Musik sampyong terbuat dari bambu.

 

2. Properti Tari

Properti merupakan semua peralatan yang digunakan untuk pementasan tari. Properti tari pada dasarnya dapat digunakan untuk memberikan keindahan bentuk pada pertunjukan tari agar garapan tari akan terlihat lebih sempurna.

 

Penggunaan properti tari harus mempertimbangkan jenis, fungsi, dan ketepatan dalam menggunakan properti tari dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan dalam penggunaan properti tari perlu penguasaan dan keterampilan dari seorang penari. Kualitas penguasaan dan keterampilan dari seorang penari atas properti tari yang digunakan menjadi salah satu teknik tari yang dibutuhkan dalam format garapan tari yang berkualitas. Properti tari banyak ragam, bentuk, dan fungsinya.

 

Properti tari yang digunakan antara lain selendang, tongkat, keris, payung, piring, panah, pohon-pohonan, dan sebagainya.

 

3. Tata Rias dan Busana Tari Kreasi

Busana dan tata rias pada seni tari adalah sarana pembantu yag berperan mendukung pertunjukan tari. Sementara itu, aksesori adalah bagian dari busana. Busana dan tata rias sebagai sarana pembantu, artinya bahwa tanpa busana (termasuk aksesori) atau hanya dengan gerak saja, maka suatu pertunjukan tari telah terjadi.

 

Tata busana atau pakaian adalah segala sesuatu yang dikenakan atau melekat dengan seorang penari. Busana penari merupakan sarana pembantu yang berperan mendukung perwujudan tari.

Busana tari dapat dikelompokkan ke dalam lima bagian, yaitu:

a. pakaian dasar;

b. pakaian kaki atau sepatu;

c. pakaian tubuh;

d. pakaian kepala;

e. perlengkapan-perlengkapan.

 

4. Tempat Pentas

Suatu seni pertunjukan selalu memerlukan tempat atau ruangan guna menyelenggarakan pertunjukan itu sendiri. Di Indonesia, kita dapat mengenal bentuk-bentuk tempat pertunjukan (pentas), seperti lapangan terbuka atau arena terbuka, di pendapa dan bentuk panggung proscenium.

 

5. Tata Lampu dan Tata Suara

Sarana dan prasarana yang ideal bagi sebuah pertunjukan tari adalah jika gedung pertunjukan telah dilengkapi dengan peralatan yang menunjang penyelenggarakan pertunjukan, khususnya tata lampu (lighting) dan tata suara (sound system). Tata lampu dan tata suara sebagai unsur pelengkap sajian tari yang berfungsi untuk kesuksesan pergelaran.

 

B. Memperagakan Gerak Tari Kreasi dengan Menggunakan Unsur Pendukung

Setelah mengetahui keunikan ragam gerak tari kreasi nusantara, maka Berikut ini akan diuraikan motif gerak tari panen padi dengan hitungan 1x8 hitungan.

 

  • Motif 1, gerak berjalan menuju sawah

Berikut ini gambarnya



  • Motif 2, gerak memetik  padi

Berikut ini gambarnya



  • Motif 3, gerak membawa hasil panen

Berikut ini gambarnya


  • Motif 4, gerak menikmati hasil panen

Berikut ini gambarnya


Demikianlah sajian ringkasan/rangkuman materi seni budaya kelas 9 Bab 6 Unsur Pendukung Tari Kreasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga sajian rangkuman materi ini bisa membantu para guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel