Cara Ajukan Reakreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022

Kherysuryawan.id – langkah-langkah untuk melakukan ajuan reakreditasi sekolah atau madrasah versi terbaru tahun 2022.

Sahabat pendidikan, akreditasi sekolah memang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap satuan pendidikan yang telah memiliki kelayakan dalam melakukan akreditasi. bagi sekolah yang telah berhasil melakukan akreditasi maka nantinya sekolah tersebut akan memiliki sertifikat akreditasi yang di dalamnya akan di ditampilkan ranking yang di peroleh dari hasil akreditasi sekolah tersebut.

 

Akreditasi bagi sebuah sekolah/madrasah sangat penting sebab akreditasi Sebagai sebuah proses penilaian secara menyeluruh terhadap kelayakan sekolah. Dengan di akreditasinya sebuah sekolah / madrasah maka  nantinya hal itu akan menjadi acuan atau pedoman dalam usaha peningkatan mutu serta perencanaan pengembangan sekolah atau madrasah.

 

Bagi sekolah yang Saat ini telah habis masa akreditasinya, maka sekolah tersebut harus melakukan akreditasi ulang. Namun saat ini terdapat kebijakan yang membuat beberapa sekolah meskipun sudah habis masa periode akreditasi sekolahnya namun memperoleh perpanjangan status akreditasi. dengan adanya perpanjangan satatus akreditasi maka tentunya sekolah masih tetap bisa menggunakan sertifikat perpanjangan tersebut sebagai dasar dalam melakukan akreditasi di tahun selanjutnya.

 

Lantas, bagaimana cara untuk bisa melakukan cek atau download sertifikat status perpanjangan akreditasi sekolah/madrasah ??? nah pada postingan sebelumnya saya telah membagikan informasi dan tutorial lengkap tentang bagaimana cara sekolah untuk melakukan cek perpanjangan status akreditasi.

 

Banyak sekolah yang saat ini ingin melakukan pengajuan reakreditasi sekolah/madrasah dengan tujuan agar sekolahnya bisa di akreditasi ulang sehingga bisa memperoleh hasil yang lebih baik, namun belum mengetahui bagaimana cara yang benar untuk bisa melakukannya. Nah melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan penjelasan mengenai cara mudah dalam melakukan ajuan reakreditasi sekolah/madrasah.

 

Berikut ini cara melakukan ajuan reakreditasi sekolah/madrasah :

1. Silahkan login ke laman sispena atau silahkan kunjungi alamat di bawah ini :

https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/login

2. Selanjutnya silahkan masuk menggunakan username dan password default yakni dengan menggunakan NPSN sekolah

3. Setelah berhasil masuk maka nantinya akan muncul menu tampilan “ajuan Reakreditasi” di dashboard sispena

4. Silahkan klik tulisan “Ajuan Reakreditasi” tersebut



5. Selanjutnya akan tampil sebuah notifikasi yang intinya menyatakan apakah sekolah anda akan mengajukan reakreditasi, jika ya maka silahkan klik “YA”



6. Selanjutnya sekolah harus menggunggah surat ajuan reskreditasi dan mengisi alasan pengajuan reakreditasi pada kolom yang telah disediakan



7. Setelah Sekolah/Madrasah mengunggah surat ajuan reakreditasi serta alasannya, maka selanjutnya akan dihadapkan dengan form isian data dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Silahkan isikan dengan angka (numerik) serta pilihan "Ada/Tidak". ( di sesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya yang ada di sekolah masing-masing)



8. Setelah semuanya diisi maka silahkan pergunakan tombol "Simpan Sementara" untuk menyimpan isian data agar bisa diakses kembali untuk update pengisian di kemudian hari, atau jika memang dirasa sudah tidak ada lagi perubahan atas pengisian tersebut maka bisa di klik “simpan permanen”

9. Selesai.

 

Itulah pejelasan mengenai cara mudah untuk melakukan ajuan reakreditasi bagi sekolah /madrasah yang akan melakukan pengajuan reakreditasi sekolah/madrasah. Semoga dengan informasi ini maka anda yang ingin sekolahnya melakukan ajuan reakreditasi dapat terbantu dengan adanya postingan ini.

Sekian informasi ini, semoga bermanfaat. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel