Kisi-Kisi Soal PAT/UKK Matematika Wajib Kelas 11 Semester 2

Kherysuryawan.id – Download kisi-kisi soal UKK/PAT Matematika Wajib Kelas XI SMA Semester 2.

Salam Pendidikan, Selamat berjumpa kembali pada website pendidikan milik kherysuryawan ini. Sesuai judul pada postingan kali ini maka pada artikel ini saya akan membahas sekaligus juga akan membagikan file tentang kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas untuk jenjang SMA khususnya untuk mata pelajaran matematika.

Kisi-kisi soal merupakan salah satu hal penting dalam pelaksanaan ulangan semester baik semester 1 maupun semester 2. Sebelum guru membuat naskah soal ulangan semester atau ulangan kenaikan kelas maka yang terlebih dahulu di persiapkan oleh guru ialah Kisi-kisi soal.

 

Kisi-kisi soal menjadi sebuah gambaran bagi guru dalam membuat dan menyajikan soal ulangan semester. Selain bermanfaat bagi guru kisi-kisi soal ulangan juga akan menjadi sangat bermanfaat bagi peserta didik. Nantinya untuk persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas maka guru harus memberikan kisi-kisi soal kepada siswa agar nantinya siswa bisa mempelajari materi atau gambaran yang ada pada kisi-kisi soal yang di berikan tersebut.

 

Kisi-kisi soal sudah pasti akan dibuat sesuai dengan materi pelajaran yang telah di pelajari di sekolah. Nantinya setiap guru mata pelajaran yang akan membuat soal ulangan semester atau soal ulangan kenaikan kelas maka wajib untuk bisa menyiapkan terlebih dahulu kisi-kisi soalnya.

 

Perlu di ketahui bahwa Selain menjadi arsip kisi-kisi soal nantinya akan sangat penting bagi guru ketika akan melakukan penilaian kinerja atau penilaian akreditasi sekolah. Semua kelengkapan dan tugas guru nantinya akan diminta pada saat pelaksanaan akreditasi sekolah sehingga guru harus bisa melengkapi semua tugas-tugasnya dengan baik sesuai prosedur yang ada.

 

Tugas seorang guru khususnya dalam persiapan menghadapi pelaksanaan ulangan semester atau ujian sekolah yaitu harus bisa menyiapkan atau membuat soal-soal ulangan/ujian. Khusus untuk ulangan semester kita ketahui bahwa sekolah akan melaksanakan 2 kali ulangan semester yakni ulangan semester ganjil dan ulangan semester genap.

 

Ulangan semester ganjil biasanya diberi nama dengan penilaian akhir semester (PAS) sedangkan ulangan semester genap biasanya disebut sebagai penilaian akhir tahun (PAT). Sebelum guru membuat soal ulangan semester baik itu untuk semester 1 ataupun semester 2, maka hal pertama yang biasanya harus dibuat ialah membuat dan menyiapkan kisi-kisi soal ulangan semester.

 

Kisi-kisi soal ulangan semester atau ulangan kenaikan kelas merupakan kerangka dasar bagi guru untuk bisa menyajikan soal ulangan semester/ulangan kenaikan kelas. Di sekolah guru tidak hanya harus membuat dan menyiapkan soal ulangan saja melainkan guru juga harus bisa menyiapkan kisi-kisi soal ulangan.

 

Berbicara mengenai kisi-kisi soal ulangan semester/ulangan kenaikan kelas, maka melalui postingan ini saya sebagai admin akan membantu bapak/ibu guru untuk bisa menyiapkan contoh format kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas khususnya untuk mata pelajaran matematika kelas XI SMA semester 2. Karena di jenjang SMA mata pelajaran matematika khususnya ada 2 jenisnya yaitu matematika wajib dan matematika peminatan maka yang akan saya bagikan disini ialah kisi-kisi soal matematika kelas XI semester 2 saja.

 

Dalam membuat kisi-kisi soal maka ada beberapa item yang harus termuat didalamnya diantaranya yaitu ;

  • Kolom nomor
  • Kompetensi dasar
  • Materi pokok
  • Indikator soal
  • Level kognitif (L1, L2, L3)
  • Bentuk soal (pilihan ganda/essay)
  • Nomor soal
  • Bobot/Skor soal

 

Khusus untuk leve kognitif ada 3 tingkatan kesukaran soal yaitu level 1, level 2, dan level 3. Dalam penyajian soal ulangan kenaikan kelas khususnya untuk mata pelajaran matematika wajib kelas 11 maka nantinya guru harus bisa memilah mana soal yang masuk pada level 1,2,dan 3. Level soal di sesuaikan dengan jenis soal atau tingkat kesukaran soal.

 

Bagi bapak/ibu guru maupun para siswa yang mungkin saat ini sedang membutuhkan contoh format kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas atau penilaian akhir tahun untuk mata pelajaran matematika wajib kelas 11 SMA semester 2, maka anda bisa mendapatkan filenya secara gratis melalui artikel ini.

 

File kisi-kisi soal PAT/UKK Matematika wajib kelas 11 semester 2 yang akan di bagikan ini disimpan dalam format word atau doc, sehingga bagi guru atau siapapun yang akan melakukan pengeditan maka bisa dengan mudah melakukannya sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Baiklah berikut ini file kisi-kisi soal PAT/UKK matematika wajib kelas 11 SMA semester 2 di bawah ini :

 

  • Kisi-Kisi Soal PAT/UKK Matematika Wajib Kelas 11 Sem.2 Versi 1  (DISINI)
  • Kisi-Kisi Soal PAT/UKK Matematika Wajib Kelas 11 Sem.2 Versi 2  (DISINI)
  • Kisi-Kisi Soal PAT/UKK Matematika Wajib Kelas 11 Sem.2 Versi 3  (DISINI)
  • Kisi-Kisi Soal PAT/UKK Matematika Wajib Kelas 11 Sem.2 Versi 4  (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas untuk mata pelajaran matematika wajib kelas 11 semester 2, semoga file yang telah di bagikan tersebut bisa membantu bapak/ibu guru serta para siswa khususnya dalam persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas.

Sekian dan Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel