Kisi-Kisi Soal PAT/UKK PJOK Kelas 7 Semester 2

Kherysuryawan.id – Download Kisi-kisi Soal Ulangan Semester kenaikan kelas mapel PJOK Kelas 7 SMP Semester 2.

Apakah anda seorang guru yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK), jika anda adalah guru PJOK maka anda pasti memahami tentang penilaian yang akan anda berikan di sekolah kepada setiap peserta didik anda.



Guru biasanya akan memberikan penilaian kepada siswa melalui mekanisme pemberian tugas atau ulangan. khusus untuk mata pelajaran penjaskes maka penilaian dapat di berikan melalui kegiatan praktek atau ulangan semester. nantinya semua penilaian yang telah ada diakumulasi sebagai nilai akhir yang bisa menentukan keberhasilan siswa.

 

Sekolah pastinya akan melaksanakan ulangan semester dalam 2 kali selama setahun yaitu ulangan semester ganjil dan ulangan semester genap. Pelaksanaan ulangan semester 1 biasa di sebut dengan penilaian akhir semester (PAS) sedangkan ulangan semester genap biasanya di sebut dengan penilaian akhir tahun (PAT).

 

Bagi guru yang akan membuat soal ulangan semester baik untuk semester ganjil maupun semester genap maka sebelum membuat soal terlebih dahulu harus membuat kisi-kisi soal ulangan. Kisi-kisi soal ulangan menjadi sebuah kerangka dasar bagi guru untuk bisa menyajikan soal ulangan yang sesuai dengan materi yang di pelajari.

 

Mengapa kisi-kisi soal ulangan semester sangat penting untuk dibuat oleh guru?

Kisi-kisi soal yang akan dibuat oleh guru akan sangat membantu guru dalam membuat dan menyiapkan soal ulangan semester. kisi-kisi soal akan menjadi sebuah pedoman bagi guru dalam menyusun penulisan soal ulangan.

 

Berbicara mengenai kisi-kisi soal maka dalam persiapan pelaksanaan penilaian akhir tahun (PAT)  atau ulangan kenaikan kelas maka guru sudah harus mulai membuat kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas. Bagi bapak/ibu guru yang belum sempat membuat atau menyiapkan kisi-kisi soal untuk digunakan sebagai persiapan ulangan kenaikan kelas, maka melalui postingan ini saya akan membagikan contohnya kepada anda.

 

Adapun contoh kisi-kisi soal penilaian akhir tahun (PAT) yang akan saya bagikan disini ialah kisi-kisi soal PAT/UKK PJOK Kelas 7 SMP semester 2. Kisi-kisi soal ulangan semester PJOK yang akan saya bagikan ini bisa membantu bapak/ibu guru yang kesulitan dalam membuat kisi-kisi soal untuk persiapan pelaksanaan ulangan kenaikan kelas.

 

Di dalam membuat kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas ada beberapa komponen yang dimuat dalam format kisi-kisi soal ulangan semester diantaranya meliputi :

1.       Kompetensi dasar (KD)

2.       Materi pokok/pelajaran

3.       Indicator soal

4.       Level kognitif, yang meliputi : 

Level 1 : mengingat (C1) dan memahami (C2),

Level 2 : mengaplikasikan (C3),

Level 3 : menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)

5.       Bentuk soal (pilihan ganda / essay

6.       Skor setiap soal

 

Pembuatan kisi-kisi soal untuk ulangan kenaikan kelas harus di sesuaikan dengan materi yang telah di pelajari oleh peserta didik selama pembelajaran di semester genap. Adapun jumlah soal yang harus dibuat oleh guru yaitu di sesuaikan dengan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran yang ada dan di atur oleh masing-masing guru mata pelajaran.

 

Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi untuk persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas maka guru perlu memberikan kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas sesuai dengan mata pelajaran yang di ajarkan oleh guru. Kisi-kisi soal sangat penting bagi siswa sebagai bentuk gambaran materi soal yang akan dimunculkan saat pelaksanaan ulangan kenaikan kelas nantinya.

 

Karena judul ini membahas tentang kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas untuk mata pelajaran Pendidikan jasmani olhhraga dan kesehatan (PJOK) kelas 7 SMP maka melalui postingan ini saya akan membagikan beberapa file kisi-kisi soal PAT/UKK PJOK kelas 7 SMP Semester 2 yang bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan dalam pelaksanaan ulangan kenaikan kelas, bagi anda yang membutuhkan filenya maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

 

  • Kisi-kisi Soal PAT/UKK PJOK Kelas 7 Semester 2 Versi 1 (DISINI)
  • Kisi-kisi Soal PAT/UKK PJOK Kelas 7 Semester 2 Versi 2 (DISINI


Demikianlah informasi seputar kisi-kisi soal PAT/UKK mata pelajaran PJOK untuk kelas 7 SMP semester 2 yang bisa saya bagikan pada postingan ini, semoga dengan saya membagikan file kisi-kisi soal PJOK kelas 7 SMP ini bisa membantu aktivitas guru dalam membuat kisi-kisi soal ulangan semester.

Sekian dan Terimakasi, Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel