Kisi-Kisi Soal PAT/UKK Kelas 3 Semester 2 Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Unduh Kisi-Kisi Soal ulangan kenaikan kelas untuk Kelas 3 SD Semua Tema Semester 2.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, Perkenankan Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan  kisi-kisi soal PAT/UKK Kelas 3 Tema 5, kisi-kisi soal PAT/UKK Kelas 3 Tema 6, kisi-kisi soal PAT/UKK Kelas 3 Tema 7, dan kisi-kisi soal PAT/UKK Kelas 3 Tema 8.

Dalam rangka persiapan penyusunan soal ulangan kenaikan kelas (UKK) atau yang juga biasa di sebut dengan penilaian akhir tahun (PAT) maka guru terlebih dahulu harus membuat kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas.

 


Kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas dibuat untuk memudahkan guru dalam melakukan penyusunan dan penulisan soal ulangan kenaikan kelas. Dalam setiap kegiatan menyusun soal maka guru harus bisa membuat dan menyiapkan kisi-kisi soal. Dengan membuat kisi-kisi soal maka guru akan lebih mudah pada saat akan melakukan penyusunan naskah soal.

 

Berbicara mengenai kisi-kisi soa maka pada postingan ini saya akan membantu rekan guru untuk memiliki contoh kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas. Adapun contoh kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas yang akan saya bagikan ini ialah untuk Kelas 3 SD semua tema semester 2.

 

Pada pembelajaran di Kelas 3 SD semester 2 ada 4 jenis tema pembelajaran yang akan di pelajari diantaranya yaitu tema 5, tema 6, tema 7 dan tema 8. Untuk guru yang mengajar di Kelas 3 SD maka dalam membuat dan menyajikan soal ulangan kenaikan kelas maka harus membuat soal sesuai dengan tema yang di ajarkan di Kelas 3 dan tentunya di sesuaikan dengan materi yang telah di ajarkan di sekolah.

 

Kita ketahui Bersama bahwa ada 2 jenis ulangan semester yang akan di ujiankan di sekolah yakni ulangan semester ganjil atau yang biasa di sebut dengan penilaian akhir semester (PAS) dan ulangan semester genap atau yang biasa di sebut dengan penilaian akhir tahun (PAT).

 

Penilaian akhir tahun(PAT) atau ulangan kenaikan kelas(UKK) merupakan kegiatan rutin yang akan di laksanakan pada akhir pembelajaran di semester genap sebagai bentuk penilaian di akhir semester. Nilai dari hasil pelaksanaan ulangan akhir semester akan menjadi penilaian yang sangat penting dalam menentukan kenaikan kelas.

 

Bagi bapak dan ibu guru yang akan melaksanakan kegiatan ulangan kenaikan kelas atau penilaian akhir tahun pastinya akan mulai sibuk untuk bisa menyiapkan soal ulangan kenaikan kelas. Sebelum membuat soal maka hal pertama yang harus di buat oleh guru ialah menyiapkan dan membuat kisi-kisi soal.

 

Bagi bapak/ibu guru yang saat ini belum sempat membuat kisi-kisi soal untuk persiapan pelaksanaan ulangan kenaikan kelas, maka disini saya akan memberikan format kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas untuk Kelas 3 Semester 2. Adapun kisi-kisi soal ulangan semester genap yang akan saya bagikan yaitu lengkap untuk semua tema yang akan di pelajari pada pembelajaran di semester 2 yang meliputi kisi-kisi soal Kelas 3 tema 5, kisi-kisi soal Kelas 3 tema 6,  kisi-kisi soal Kelas 3 tema 7 dan kisi-kisi soal Kelas 3 tema 8.

 

Pembuatan kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas Selain di perlukan oleh guru juga akan sangat di butuhkan oleh peserta didik atau siswa. Dengan memiliki kisi-kisi soal maka siswa bisa lebih mudah dalam menentukan materi yang akan di pelajari sebab kisi-kisi soal menjadi gambaran bagi siswa untuk mengetahui model soal yang akan muncul sesuai dengan materi yang telah di tentukan dan yang telah di pelajari di sekolah.  

 

Pada pembuatan kisi-kisi soal ada beberapa komponen yang harus termuat di dalamnya diantaranya yaitu :

1.       Nama satuan pendidikan

2.       Kelas/semester

3.       Tahun Pembelajaran

4.       Tema yang telah di pelajari

5.       Sub tema yang akan dimasukkan sebagai soal

6.       Materi

7.       Muatan pelajaran

8.       Kompetensi dasar

9.       Indikator soal

10.   Bentuk soal

11.   Nomor soal

12.   Skor soal

 

Nah, bagi anda yang ingin memiliki contoh kisi-kisi soal PAT/UKK Kelas 3 lengkap semua tema semester 2, maka disini anda bisa memiliki semuanya secara mudah dan tentunya anda bisa mendapatkannya secara gratis. Adapun format yang digunakan pada kisi-kisi soal Kelas 3 semester 2 yang akan saya bagikan ini yaitu disimpan dalam format word sehingga akan sangat mudah di edit jika akan melakukan perubahan atau perbaikan sesuai keinginan.

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki file kisi-kisi soal PAT/UKK Kelas 3 SD semester 2 lengkap semua tema, maka silahkan dapatkan filenya yang telah saya bagikan di bawah ini:


KISI-KISI SOAL PAT/UKK KELAS 3 SD SEMUA TEMA SEMESTER 2

  • Kisi-Kisi Soal PAT Kelas 3 Tema 5 (DISINI)
  • Kisi-Kisi Soal PAT Kelas 3 Tema 6 (DISINI)
  • Kisi-Kisi Soal PAT Kelas 3 Tema 7 (DISINI)
  • Kisi-Kisi Soal PAT Kelas 3 Tema 8 (DISINI)

 

Demikianlah kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas atau penilaian akhir tahun Kelas 3 lengkap semua tema semester 2 yang bisa saya bagikan pada postingan ini. Semoga file tersebut bisa membantu bapak/ibu guru yang akan membuat kisi-kisi soal ulangan kenaikan kelas dan juga semoga bisa membantu siswa dalam memahami pentingnya mempelajari materi sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah di berikan oleh guru di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel