Penilaian Produk pada Kurikulum Merdeka

Kherysuryaan.id – Penjelasan tentang penilaian produk pada pembelajaran kurikulum merdeka.

Apa itu penilaian Produk ?

Sahabat pendidikan, mungkin anda sering bertanya-tanya tentang apa itu penilaian produk?

Dalam proses pembelajaran di sekolah kita mengenal adanya penilaian atau asesmen. Penilaian dilakukan oleh guru kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik pada pembelajaran yang telah di lakukan di sekolah.

 

Ada beberapa jenis bentuk penilaian yang dapat dilakukan oleh guru dalam menilai pembelajaran siswa.

Berikut ini bentuk-bentuk penilaian yang dimaksud :

1.       Portofolio

2.       Penugasan

3.       Praktik

4.       Proyek

5.       Produk

6.       Tes tertulis

7.       Tes lisan

 

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang apa itu penilaian produk. Mungkin diantara bapak/ibu guru masih banyak yang belum memahami tentang apa itu penilaian produk dan apa tujuan dari pelaksanaan penilaian produk. Nah, melalui postingan ini admin akan menjabarkannya secara lengkap dan kiranya bisa menambah wawasan anda dalam memahami tentang penilaian produk.

 

PENILAIAN PRODUK

Penilaian Produk adalah penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam membuat suatu produk tertentu dengan kualitas yang baik.

 

TUJUAN:

-          menilai keterampilan siswa dalam membuat produk tertentu sehubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran di kelas

-          menilai penguasaan keterampilan sebagai syarat untuk mempelajari keterampilan berikutnya;

-          Untuk menilai tingkat kompetensi yang sudah dikuasai peserta didik pada setiap akhir jenjang/kelas di sekolah

-          menilai kemampuan siswa dalam bereksplorasi dan mengembangkan gagasan dalam mendesain dan menunjukkan inovasi dan kreasi.

 

BERIKUT INI CONTOH PENILAIAN PRODUK PADA BEBERAPA MATA PELAJARAN



TAHAPAN MEMBUAT SUATU PRODUK

1) Tahap Persiapan

Keterampilan peserta didik untuk membuat perencanaan,merancang suatu produk atau kemampuan peserta didik menggali dan mengembangkan suatu ide.

 

2) Tahap Produksi

Kemampuan untuk memilih dan menggunakan bahan, peralatan, dan teknik kerja.


3) Tahap Akhir

Kemampuan peserta didik untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria (fungsi dan estetika) dan untuk mengevaluasi hasil kerjanya.

 

LANGKAH-LANGKAH MERENCANAKAN PENILAIAN PRODUK

a.       Menentukan kompetensi yang sesuai untuk dinilai dengan penilaian produk dalam hal ini adalah KD dari KI-4

b.       Menyusun indikator proses dan hasil belajar sesuai kompetensi

c.       Merencanakan apakah tugas produk yang dihasilkan bersifat individu atau kelompok

d.       Merencanakan teknik-teknik dalam penilaian individual untuk tugas yang dikerjakan secara kelompok

e.       Menyusun instrumen dan rubrik penilaian

f.        Menyusun kriteria/batas kelulusan/batas standar minimal capaian kompetensi

 

INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK

Instrumen yang digunakan dalam penilaian produk harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu.

1. Kriteria Tugas

-          Mengarah pada pencapaian indikator hasil belajar;

-          Dapat dikerjakan oleh siswa;

-          Dapat dikerjakan selama proses pembelajaran atau merupakan; bagian dari pembelajaran mandiri;

-          Sesuai dengan taraf perkembangan siswa;

-          Memuat materi yang sesuai dengan cakupan kurikulum;

-          Bersifat adil (tidak bias gender dan latar belakang sosial ekonomi);

-          Mencantumkan rentang waktu pengerjaan tugas.

 

2. Kriteria Lembar Penilaian Produk

-          Kemampuan pengelolaan, yaitu kemampuan peserta didik dalam memilih tema, mencari informasi dan menyelesaikan produk

-          Relevansi, yaitu kesesuaian dengan mata pelajaran dan tema, dengan mempertimbangkan aspek pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran

-          Keaslian, yaitu produk yang dihasilkan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi pendidik berupa petunjuk dan dukungan terhadap penyelesaian produk yang dihasilkan peserta didik

-          Kelengkapan dan ketepatan aspek yang dinilai dalam produk, yaitu kesesuaian tema, kreasi dan inovasi, kualitas produk, dan tampilan.

 

CONTOH PENILAIAN PRODUK PADA MAPEL BAHASA INGGRIS

 

CONTOH RUBRIK PENILAIAN PRODUK PADA MAPEL BAHASA INGGRIS

 

Itulah penjelasan tentang penilaian produk, semoga penjelasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi bapak/ibu guru dalam memahami bentuk-bentuk penilaian khususnya pada penilaian produk, sehingga dalam penerannya dapat dilakukan dengan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel