Modul Ajar Matematika Kelas 7 Bab 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download modul ajar matematika kelas 7 bab 5 Bangun Datar semester 2 kurikulum merdeka Fase D.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera buat kita semua. Sahabat pendidikan yang berbahagia kita berjumpa kembali pada website pendidikan ini yang mana pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan membahas tentang modul ajar pada kurikulum merdeka yang menjadi salah satu perangkat ajar yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh para guru dalam melaksanakan aktivitas mengajar di sekolah.

 


Kurikulum merdeka menjadi kurikulum baru yang saat ini telah banyak di piluih dan digunakan oleh sekolah dalam proses pembelajaran. Untuk bisa beradaptasi dan mengenal tentang kurikulum merdeka itu sendiri maka guru dan seluruh warga pendidikan harus bisa memahami tentang prinsip dan struktur yang ada pada kurikulum merdeka.

 

Hal menarik bagi guru yang harus di ketahui pada kurikulum  merdeka ialah guru harus mengenal dan bisa membuat serta mengembangkan modul ajar. Jika pada kurikulum 2013 guru seribng mendengar tentang RPP maka di kurikulum merdeka saat ini RPP sudah diganti dengan nama modul ajar.

 

Bagi anda yang mungkin belum mengerti tentang apa itu modul ajar dan bagaimana contoh pembuatan modul ajar, maka melalui kesempatan ini admin akan berbagi file tentang modul ajar yang ada pada kurikulum merdeka. Adapun modul ajar yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini ialah modul ajar matematika kelas 7 Bab 5 materi tentang bangun datar yang akan di pelajari nantinya di pembelajaran semester 2.

 

Jika pada postingan sebelumnya admin telah banyak berbagi perangkat pembelajaran versi kurikulum 2013 maka kali ini admin akan kembali membagikan perangkat pembelajaran khususnya untuk kurikulum merdeka. Seperti kita ketahui Bersama bahwasannya saat ini telah banyak sekolah yang menerapkan dan menggunakan kurikulum merdeka sehingga dalam proses pembelajarannya maka mau tak mau harus berdasar pada pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka.

 

Sama halnya dengan para guru yang akan mengajar pada pembelajaran di kurikulum merdeka maka mau tak mau harus dapat menyiapkan perangkat ajar berbasis kurikulum merdeka. Jika pada kurikulum 2013 perangkat pembelajaran yang harus dibuat oleh guru adalah salah satunya RPP maka di kurikulum merdeka ini yang harus di buat oleh guru ialah modul ajar.

 

Meskipun isi pada RPP hampir sama dengan isi pada modul ajar namun perlu di ketahui bahwa modul ajar memiliki cakupan yang lebih lengkap sehingga tak salah jika modul ajar di sebut RPP+ (RPP PLUS) sebab modul ajar merupakan RPP yang lebih di kembangkan.

 

Menjadi seorang guru memang memiliki tugas yang sangat berat sebab selain mengajar guru juga di tuntut untuk bisa membuat dan melengkapi administrasi pembelajaran yang salah satunya menyiapkan RPP atau modul ajar.

 

Dikurikulum merdeka saat ini modul ajar masih sangat sulit untuk dimiliki oleh para guru secara gratis meskipun sebenarnya kementerian pendidikan telah menyiapkan modul ajar secara gratis melalui platform merdeka mengajar namun pada kenyataanya masih banyak modul ajar yang belum tersedia atau sudah tersedia namun belumlah lengkapselain itu modul ajar yang disiapkan juga formatnya masih dalam bentuk PDF sehingga masih agak sulit untuk di edit oleh para guru jika ingin mengembangkannya.

 

Nah untuk membantu guru dalam menyiapkan dan memiliki modul ajar pada pembelajaran dikurikulum merdeka ini maka disini admin akan membantu bapak/ibu guru khususnya yang mengajar atau mengampu mata pelajaran matematika kelas 7 SMP untuk bisa memiliki modul ajar secara mudah dan tentunya gratis.

 

Adapun modul ajar yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini ialah modul ajar matematika kelas 7 SMP semester 2 bab 5 yakni materi tentang Bangun Datar. Bagi bapak/ibu guru yang akan mengajar materi matematika kelas 7 bab 5 Bangun Datar pada pembeajaran di semester 2 dan belum memiliki perangkat ajarnya dalam hal ini modul ajar maka disini anda bisa memiliki filenya secara gratis.

 

File Modul ajar matematika kelas 7 Bab 5 Bangun Datar yang akan admin bagikan disini sudah disiapkan dalam format word sehingga akan sangat mudah digunakan oleh bapak/ibu guru yang akan menggunakannya. Jika bapak/ibu guru ingin melakukan pengeditan atau pembaharuan pada modul ajar matematika kelas 7 Bab 5 semester 2 materi Bangun Datar yang akan admin bagikan disini maka hal itu sangat mudah di lakukan dan dapat di sesuaikan dengan keadaan yang ada di sekoalah masing-masing.

 

Baiklah sebelum admin membagikan File Modul ajar matematika kelas 7 SMP Bab 5 Bangun Datar bentuk word maka perlu untuk di ketahui tentang sub materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Bangun Datar ini.

Berikut materi mata pelajaran matematika kelas 7 Bab 5 Bangun Datar :

1.       Sifat-Sifat Dasar Bangun Datar

2.       Melukis Garis, Sudut, dan Bangun Datar

3.       Transformasi Bangun Geometri

 

Dengan memiliki modul ajar pada pembelajaran kurikulum merdeka bagi seorang guru, maka tentunya akan memudahkan para guru yang mengajar di kelas. Modul ajar akan menjadi pemandu bagi guru dalam mengajar di kelas. Modul ajar juga bisa menjadi bahan analisis bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Intinya dalam mengajar guru harus dapat menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik.

 

Salah satu hal baru yang terdapat pada modul ajar yang belum ada di RPP k13 yakni tentang profil pelajar Pancasila. Nah pada modul ajar matematika kelas 7 SMP Bab 5 semester 2 yang akan admin bagikan ini profil pelajar Pancasila tersebut sudah termuat di dalamnya.

 

Selain itu perlu di ketahui pula bahwa pada modul ajar matematika kelas 7 SMP Bab 5 Bangun Datar yang akan di bagikan disini sudah dilengkapi dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) dan juga lampiran penilaiannya (asesmen). Seluruh file modul ajar matematika kelas 7 SMP Bab 5 Bangun Datar semester 2 ini disimpan dalam format word sehingga dapat di edit oleh pengguna yang akan menggunakannya.

 

Baiklah bagi bapak/ibu guru yang membutuhkan File Modul ajar matematika kelas 7 Bab 5 Bangun Datar kurikulum merdeka untuk pembelajaran di semester 2 format word maka silahkan miliki filenya secara gratis di bawah ini :


MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 7 BAB 5 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA FORMAT WORD

  • Modul Ajar Bangun datar Kelas 7 (DISINI
  • Modul Ajar Transformasi bangun Geometri Kelas 7 (DISINI)


MILIKI JUGA MODUL AJAR SEMESTER 2 LAINNYA:

👉 Modul Ajar Matematika Kelas 7 Bab 6 Bangun ruang (DISINI)

👉 Modul Ajar Matematika Kelas 7 Bab 7 Menggunakan Data (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai File Modul ajar matematika kurikulum merdeka kelas 7 Bab 5 materi  Bangun Datar format word yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu rekan-rekan guru khususnya guru matematika jenjang SMP dalam memiliki perangkat ajar khususnya modul ajar kurikulum merdeka dan semoga apa yang telah admin bagikan ini bisa bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel