Soal AKM SMP Numerasi Kelas 7,8,9 Tahun 2022

Kherysuryawan.id - Latihan soal AKM Numerasi jenjang SMP untuk siswa kelas 7, 8, 9 Tahun 2022.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan berbagi soal latihan yang sekiranya bisa membantu para siswa khususnya siswa jenjang sekolah menengah pertama agar memiliki pemahaman tentang model dan jenis soal-soal asesmen.


Jika pada postingan sebelumnya admin telah membagikan soal-soal AKM Literasi untuk jenjang SMP yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya, maka pada kesempatan ini admin akan kembali membagikan soal-soal AKM Numerasi untuk jenjang SMP yang juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

 

Sahabat Pendidikan perlu di ketahui bahwa dalam ujian asesmen atau AKM maka nantinya siswa akan menjawab soal-soal dalam 3 bentuk kompetensi, diantaranya yaitu :

1.       Asesmen Kompetensi Minimum (AKM),

2.       Survei Karakter

3.       Survei Lingkungan Belajar.

 

Soal yang akan di hadapi yaitu soal bermodel literasi dan soal model numerasi. Untuk soal literasi maka siswa disajikan bentuk soal cerita yang mana siswa harus bisa teliti dalam membaca soal agar bisa menjawab soal dengan baik. Untuk soal numerasi maka siswa akan dihadapkan dengan soal-soal yang membutuhkan perhitungan seperti soal yang ada pada mata pelajaran matematika ataupun IPA.

 

Lantas apakah soal AKM akan sama model, bentuk dan tampilannya dengan soal UN(ujian nasional) ? Perlu di ketahui bahwa pada Soal AKM ini akan sangat berbeda dengan soal UN.

Guru dan siswa harus bisa memahami bentuk soal yang akan ditampilkan pada ujian asesmen. Dengan memahami bentuk soal pada pelaksanaan AKM maka tentunya akan memudahkan kita dalam menjawab soal.

 

Pada soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) ada 5 bentuk soal yang akan di munculkan.  

Berikut ini 5 bentuk soal AKM yang harus anda ketahui :

1.       Pilihan ganda: memilih satu jawaban benar dari tiap soal.

2.       Pilihan ganda kompleks: memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.

3.       Menjodohkan: menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.

4.       Isian singkat: menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. 

5.       Uraian: menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Setelah anda memahami tentang bentuk soal AKM seperti yang telah di jelaskan diatas, maka pada kesempatan kali ini admin akan membagikan soal latihan AKM untuk jenjang SMP khususnya soal AKM Model Numerasiyang tentunya telah menckakup 5 bentuk soal yang telah admin jelaskan diatas.

 

Adapun soal AKM Numerasi jenjang SMP yang admin bagikan pada postingan ini yaitu soal yang bersumber dari laman pusmenjar. Jika anda ingin mencoba untuk melatih diri dalam mempersiapkan untuk menghadapi ujian asesmen nanti maka anda bisa berlatih menjawab soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar kemdikbud.

 

Nah, pada postingan ini admin sengaja membagikan soal latihan AKM Numerasi agar para siswa maupun guru yang kesusahan dalam mencari referensi soal AKM maka bisa terbantu dengan adanya postingan ini. Tujuan utama admin membagikan soal latihan AKM ini ialah agar memudahkan para guru dan siswa yang akan berlatih memahami jenis-jenis soal AKM.

 

Soal AKM yang akan di sajikan pada postingan ini telah dilengkapi pula dengan kunci jawabannya sehingga akan menjadi informasi yang bermanfaat bagi siapapun yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan.

 

Soal AKM yang akan di sajikan pada postingan ini berisi 13 soal yang terdiri atas soal pilihan ganda, soal menjodohkan, soal pilihan ganda kompleks, soal uraian dan juga soal isian singkat. Silahkan anda pelajari dengan baik agar bisa menjadi bahan belajar dan latihan yang tentunya bisa bermanfaat untuk persiapan menghadapi asesmen nasional.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya, maka silahkan pelajari soal-soal AKM Numerasi jenjang SMP yang akan di sajikan di bawah ini :

 

SOAL AKM NUMERASI JENJANG SMP LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN

 

TEKS BERIKUT MENJADI PATOKAN UNTUK SOAL NOMOR 1 - 6

Beberapa toko pakaian sedang memberikan diskon (potongan harga).


Tabel berikut menunjukkan daftar harga normal (sebelum diskon) dan diskon pada beberapa toko. Semua toko tersebut menjual barang yang sama.

 

1. Ali ingin membeli sebuah celana dan sebuah baju di toko yang sama. Agar mendapat harga yang paling murah, di toko mana ia harus berbelanja?

o   Toko Jaya

o   Toko Andini Busana

o   Toko Selaras

o   Toko Bagus Fashion

 

KUNCI JAWABAN :

(D) Toko Bagus Fashion


2. Pernyataan-pernyataan berikut berkaitan dengan pembelian pakaian di toko Jaya. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!

o   Membeli 3 baju di toko Jaya dengan harga normal sama dengan membeli 4 baju dengan harga diskon

o   Harga 1 baju setelah diskon di toko Jaya paling murah, demikian juga harga 1 baju dan 1 celana setelah diskon

o   Besar diskon pembelian 2 baju dan 2 celana di toko Jaya sama dengan  harga 1 baju setelah diskon di toko yang sama


KUNCI JAWABAN :

(A) Membeli 3 baju di toko Jaya dengan harga normal sama dengan membeli 4 baju dengan harga diskon

(C) Besar diskon pembelian 2 baju dan 2 celana di toko Jaya sama dengan  harga 1 baju setelah diskon di toko yang sama


3. Berdasarkan wacana di atas, tentukan benar atau salah setiap pernyataan berikut! Berilah tanda centang (√) pada kolom ‘Benar’ atau ‘Salah’ pada setiap pernyataan!

Pernyataan

Benar

Salah

Selisih harga satu buah baju setelah diskon di Toko Jaya dan Toko Selaras adalah Rp10.000,00

 

 

Harga paling mahal untuk satu buah celana setelah diskon adalah di Toko Bagus Fashion

 

 

 

KUNCI JAWABAN :

A (Salah)

B (Salah)


4. Gunawan ingin membeli 1 baju dan 1 celana. Uang yang ia miliki cukup untuk membeli di toko Jaya tanpa mendapat uang kembalian. Jika ingin mendapat uang kembalian sebesar Rp2.000,00, Gunawan  harus belanja di toko……

 

KUNCI JAWABAN :

Selaras


5. Harga baju dan celana menjadi berbeda di setiap toko setelah dihitung dengan diskon. Pasangkan jenis barang dan nama toko pada kolom sebelah kiri dengan harga yang tepat setelah diskon pada kolom sebelah kanan!

Jenis Barang & Toko

Harga

Harga 1 baju di toko Bagus Fashion

Rp60.000,00

Harga 1 celana di toko Andini Busana

Rp68.000,00

Jenis Barang & Toko

Rp72.000,00

Harga 1 baju di toko Jaya

Rp80.000,00

Harga 1 celana di toko Selaras

Rp85.000,00

 

KUNCI JAWABAN :

Harga 1 baju di toko Bagus Fashion (Rp72.000,00)

Harga 1 celana di toko Andini Busana (Rp85.000,00)

Harga 1 baju di toko Jaya (Rp60.000,00)

Harga 1 celana di toko Selaras (Rp80.000,00)


6. Yuni memiliki uang Rp200.000,00 dan ingin membeli satu buah baju dan satu buah celana. Agar sisa uangnya paling banyak, di toko mana saja (baju dan celana boleh dibeli pada toko yang berbeda) ia harus membeli? Jika uangnya sisa, berapa rupiah sisa uangnya? Jelaskan jawabanmu!

 

KUNCI JAWABAN :

Baju di toko jaya dan celana di toko bagus. sisa 65.000.

jelas pada tabel bahwa baju dibeli di toko jaya karena menawarkan diskon terbesar (diskon 25% maka 75% dari 80.000 = 60.000) dan celana dibeli di toko bagus (75% dari 100.000 = 75.000) sehingga total 60 + 75 = 135.000 sisa 65.000


TEKS BERIKUT MENJADI PATOKAN UNTUK SOAL NOMOR 7 - 9

Diagram berikut menunjukkan keadaan ketenagakerjaan Indonesia pada Agustus 2015 sampai dengan Agustus 2019.

Menurut Badan Pusat Statistik yang dimaksud dengan pengangguran terbuka adalah angkatan kerja yang sama sekali tidak mempunyai pekerjaan. Menurut Undang-Undang Tenaga Kerja tahun 2003 no 13 angkatan kerja berusia antara 15 tahun sampai dengan 64 tahun. Diagram garis menunjukkan rata-rata Tingkat Pengangguran Terbuka laki-laki dan perempuan dari Agustus 2015 sampai dengan Agustus 2019.

 

7. Pasangkanlah ukuran pemusatan (yang ada pada lajur kiri) dengan besar persentase (yang ada pada lajur kanan) sesuai dengan isi bacaan!

 

Ukuran Pemusatan (Jenis Kelamin)

Besar Persentase

Rata-rata TPT perempuan tahun 2015-2019

5,06%

Rata-rata TPT laki-laki tahun 2015-2019

5,40%

Rata-rata TPT laki-laki dan perempuan tahun 2015-2019

5,44%

 

5,55%

 

5,58%

 

5,60%

 

KUNCI JAWABAN :

Rata-rata TPT perempuan tahun 2015-2019 (5,55%)

Rata-rata TPT laki-laki tahun 2015-2019 (5,60%)

Rata-rata TPT laki-laki dan perempuan tahun 2015-2019 (5,58%)


8. Manakah yang mungkin membuat rata-rata tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2017 akan naik dibanding data semula?

o   Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 65 tahun tidak tercatat

o   Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 14-18 tahun tidak tercatat

o   Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 67 tahun tercatat

o   Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 18-20 tahun tidak tercatat


KUNCI JAWABAN :

(D) Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 18-20 tahun tidak tercatat


9. Joni seorang lulusan SMA tahun 2018 dan berumur 18 tahun saat lulus. Ia dan teman-temannya belum memiliki pekerjaan saat pihak berwenang mengambil data TPT.

Berdasarkan informasi tersebut, tentukan “Benar” atau “Salah” setiap pernyataan berikut!

Pernyataan

Benar

Salah

Umur Joni dan teman-temannya tidak termasuk dalam Angkatan kerja, sehingga tidak akan memengaruhi data Tingkat Pengangguran Terbuka

 

 

Kualifikasi pendidikan Joni dan teman-temannya tidak termasuk dalam Angkatan kerja, sehingga tidak akan memengaruhi data Tingkat Pengangguran Terbuka

 

 

 

KUNCI JAWABAN :

A (Benar)

B (Salah)

C (Salah)



TEKS BERIKUT MENJADI PATOKAN UNTUK SOAL NOMOR 10 - 11

BISKUIT DALAM STOPLES

Banu memiliki biskuit yang dimasukkan dalam sebuah stoples berbentuk tabung seperti tampak pada gambar 1. Dia berkeinginan untuk mengisi penuh stoples tersebut dengan biskuit sejenis, sehingga dia mengukur ukuran stoples dan biskuitnya seperti pada gambar 2 dan 3.
Ketika Banu pergi ke toko untuk membeli biskuit tersebut, harga 1 kemasan biskuit Rp6.000,00 dan ternyata dia tidak mengetahui banyak biskuit dalam 1 kemasan yang ada. Oleh karena itu, ia mengukur kemasan biskuit tersebut seperti pada gambar 4 berikut. Phi = 22/7

10. Volume toples yang dimiliki Banu adalah ……………..cm2

 

KUNCI JAWABAN :

4224 cm2


11. Lebar kemasan 5 cm, di dalam kemasan terdapat sebuah wadah plastik berbentuk balok seperti gambar.
Wadah tersebut digunakan untuk menjaga agar biskuit tidak mudah hancur.
Berapakah perkiraan yang tepat jumlah biskuit dalam 1 kemasan? Berikan penjelasanmu!

 

KUNCI JAWABAN :

12

panjang kemasan (19 cm) muat untuk 4 biskuit sedangkan tinggi kemasan muat untuk 3 biskuit sehingga perkiraan biskuit = 4 X 3 = 12 biskuit


Menentukan ukuran rumah yang ideal memang susah-susah gampang. Pada dasarnya, ukuran sebuah rumah harus disesuaikan dengan jumlah orang yang nanti akan tinggal di dalamnya. Berdasarkan berbagai pertimbangan tertentu seperti ruang gerak, furnitur, dan lain sebagainya, maka ukuran minimal masing-masing ruangan yang ideal bagi keluarga tersebut adalah sebagai berikut

Meski tidak harus sama persis, karena berkaitan dengan kondisi lahan yang dimiliki, contoh di atas setidaknya bisa menjadi gambaran bagi Anda saat merencanakan atau memutuskan untuk membangun rumah dengan ukuran ideal yang bisa dihuni oleh 2 hingga 5 orang.

Pak Ali membeli sebidang tanah yang luasnya 1 are. Pak Ali mengalokasikan 15 m2 dari tanah tersebut untuk dibuat halaman rumah. Pada lahan tersebut Pak Ali juga berencana akan membangun sebuah rumah yang akan dihuni bersama istri dan satu anak. Kriteria rumah yang ingin dibangun Pak Ali adalah sebagai berikut:

1.       Pak Ali dan istrinya akan tidur di kamar tidur utama sedangkan anaknya tidur di kamar tidur anak.

2.       Pak Ali tidak memiliki asisten rumah tangga sehingga tidak membuat kamar asisten rumah tangga.

3.       Pak Ali tidak membuat kamar khusus tamu.

4.       Pak Ali ingin membuat dua buah kamar mandi.

 

12. Apakah Pak Ali bisa membangun rumah yang ideal?

o   Ya, karena rumah ideal Pak Ali cukup membutuhkan lahan 82,5 m2

o   Ya, lahan Pak Ali masih tersisa 10 msetelah membuat rumah ideal

o   Tidak, karena rumah ideal Pak Ali memerlukan luas minimal 90 m2

o   Tidak, lahan Pak Ali masih kurang 7,5 m2

 

KUNCI JAWABAN :

(A) Ya, karena rumah ideal Pak Ali cukup membutuhkan lahan 82,5 m2



Perhatikan denah rumah berikut ini!

13. Berdasarkan denah rumah yang diberikan, tentukan apakah ruangan-ruangan berikut ini ideal atau tidak ideal!

Ruangan

Ideal

Tidak Ideal

Ruang makan

 

 

Kamar Tidur Anak

 

 

Dapur

 

 

 

KUNCI JAWABAN :

A (Tidak Ideal)

B (Ideal)

C (Tidak Ideal


LANJUT ==> SOAL AKM LITERASI JENJANG SMP LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN


Demikianlah beberapa contoh soal AKM Numerasi untuk jenjang SMP yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban yang admin bisa bagikan pada postingan ini, semoga bisa menjadi bahan latihan bagi siswa dalam menghadapi ujian asesmen sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasan dalam bernumerasi.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel