Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka SD,SMP,SMA Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Download Aplikasi Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka Untuk Sekolah Jenjang SD, SMP, SMA, SMK Versi Terbaru.halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah file yang ada hubungannya dengan penilaian pada kurikulum merdeka lebih tepatnya yaitu analisis penilaian kurikulum merdeka.

 


Jika di sekolah anda telah menggunakan kurikulum merdeka maka untuk melakukan penilaian tentunya juga harus menggunakan sistem penilaian yang telah berbasis kurikulum merdeka. Penilaian biasanya akan dilakukan oleh guru untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah di pelajari oleh siswa selama di sekolah.

 

Setalah guru melakukan penilaian maka tahapan selanjutnya yang biasanya akan di lakukan oleh guru yaitu melakukan analisis terhadap nilai yang telah di peroleh. Melalui analisis itulah maka guru bisa mengetahui penyebab dari hasil nilai siswa yang sudah tuntas maupun yang belum tuntas.

 

Kita ketahui Bersama bahwa pada penilaian kurikulum merdeka ada 2 jenis penilaian yang akan di nilai nantinya yaitu :

1.       Penilaian formatif

2.       Penilaian sumatif

 

Lantas, apa itu penilaian formatif dan apa pula itu penilaian sumatif pada kurikulum merdeka?

Berikut ini penjelasannya :

Penilaian formatif merupakan penilaian yang dilakukan pendidik terhadap peserta didik dengan tujuan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penilaian ini dilakukan untuk memberikan umpan balik terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan sebagai upaya untuk menyempurnakan program pembelajaran, mengetahui kekurangan, serta melakukan perbaikan. Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.

 

Penilaian sumatif adalah penilaian yang biasanya dilakukan pada akhir periode pengajaran tertentu dalam hal ini ketika guru telah selesai memberikan pembelajaran dalam beberapa pokok bahasan / beberapa kali pertemuan. Penilaian/asesmen sumatif dilakukan disaat seperti ujian tengah semester, ulangan akhir semester, bahkan setelah selesai pembahasan bidang studi. Penilaian ini dilakukan setelah siswa mengikuti kegiatan pembelajaran.

 

Bagi bapak dan ibu guru yang saat ini melakukan penilaian pada hasil pembelajaran siswa di kurikulum merdeka dengan menggunakan penilaian formatif dan penilaian sumatif dan ingin melakukan analisis penilaian maka diperlukan sebuah aplikasi analisis penilaian. Dengan menggunakan analisis penilaian maka akan memudahkan guru dalam mengetahuui tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi yang telah di pelajari.

 

Apabila bapak/ibu guru ingin melakukan analisis penilaian namun ternyata belum memiliki format analiis penilaian kurikulum merdeka maka pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi file aplikasi analisis penilaian kurikulum merdeka.

 

Admin sengaja membagikan aplikasi analisis penilaian kurikulum merdeka ini dengan harapan bisa membantu bapak/ibu guru yang akan melakukan analisis penilaian di kurikulum merdeka. Format analisis penilaian kurikulum merdeka yang akan admin bagikan ini disajikan pada format exel sehingga akan sangat mudah untuk digunakan.

 

Di dalam format analisis penilaian kurikulum merdeka ini terdapat beberapa komponen yang harus diisi agar proses analisis penilaian dapat terlaksana dengan baik. Guru dapat mengisi identitas siswa, mengisi bobot penilaian untuk jenis soal yang digunakan diantaranya soal pilihan ganda, essay, atau uraian dan di sesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya.

 

Karena penilaian yang digunakan pada kurikulum merdeka adalah penilaian formatif dan penilaian sumatif maka tentunya yang akan di analisis juga merupakan penilaian formatif dan sumatif. Pada file analisis penilaian kurikulum merdeka yang akan di bagikan ini juga telah memuat analisis untuk penilaian formatif dan penilaian sumatif. Jadi bapak/ibu guru bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dalam melakukan analisis penilaian di kurikulum merdeka.

 

Baiklah bagi bapak/ibu guru yang ingin memiliki file analisis penilaian kurikulum merdeka yang dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK, maka silahkan miliki filenya yang akan admin bagikan di bawah ini :


  • Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Semoga file analisis penilaian kurikulum merdeka yang telah admin bagikan diatas, bisa bermanfaat bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka khususnya bagi bapak/ibu guru yang terlibat langsung dalam melakukan penilaian pada pembelajaran dikurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel