Modul Ajar B. Inggris Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download Modul Ajar Bahasa inggris Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka format word.

Halo sahabat kherysuryawan dimana pun berada, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua masih selalu dalam keadan sehat wal afiat. Senang rasanya saya masih bisa menulis dan memberikan informasi melalui artikel ini.

 


Oh ya, di kesempatan kali ini saya sebagai admin akan membahas tentang salah satu perangkat ajar yang tentunya akan sangat dibutuhkan oleh seorang guru dalam proses mengajar di sekolah. Kita ketahui bahwa saat ini sekolah sudah menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Pada kurikulum merdeka saat ini ada beberapa jenis perangkat ajar yang berbeda dengan kurikulum yang sebelumnya.

 

Jika di kurikulum sebelumnya guru membuat dan menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai salah satu dasar dalam mengajar, maka di kurikulum merdeka iniRPP sudah berganti dengan nama modul ajar. Sebenarnya model yang di gunakan pada RPP dan modul ajar hampirlah sama hanya saja boleh dikatakan bahwa modul ajar sebagai bentuk RPP yang lebih lengkap sehingga sering di katakan bahwa modul ajar merupakan RPP+ (RPP PLUS) karena memiliki komponen yang lebih lengkap.

 

Apakah di sekolah anda sudah menggunakan kurikulum merdeka ?

Nah, jika di sekolah anda sudah menggunakan kurikulum merdeka maka pastinya anda sudah harus memahami tentang apa itu modul ajar dan bagaimana cara untuk membuat modul ajar. Sebenarnya kementerian pendidikan dan kebudayaan telah menyiapkan file modul ajar secara gratis dan dapat di miliki oleh semua guru yang membutuhkannya. Meskipun demikian modul ajar yang di siapkan sifatnya masih terbatas dan juga modul ajar yang di berikan tentunya harus dapat di kembangkan dan di sesuaikan dengan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Berbicara mengenai modul ajar, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh modul ajar yang tentunya bisa membantu bapak/ibu guru dalam menyiapkan modul ajar. Selain contoh modul ajar admin juga telah menyiapkan file modul ajar yang telah lengkap dan juga telah di siapkan dalam format word. Bapak/ibu guru yang akan memilikinya maka bisa mendapatkannya melalui website kherysuryawan ini.

 

Adapun modul ajar yang akan admin bagikan pada postingan ini ialah modul ajar untuk mata pelajaran Bahasa inggris kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka. Kita ketahui Bersama bahwa pada pembelajaran di kurikulum merdeka kelas 4 SD mata pelajaran Bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di dalamnya.

 

Bagi sahabat kherysuryawan yang masih sangat awam tentang kurikulum merdeka maka disini admin akan mencoba untuk memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

 

Perlu di ketahui bahwa Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Dalam kurikulum merdeka kita juga mengenal tentang projek. Perlu di pahami bahwa Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

 

Dalam menerapkan kurikulum merdeka di sekolah maka ada tiga pilihan implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri yang bisa diaplikasikan, yakni Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi.

Berikut ini penjelasan tentang Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi :

1.       Mandiri Belajar

Mandiri Belajar memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menimplementasikan beberapa bagian dan prinsip yang ada pada Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan.

2.       Mandiri Berubah 

Mandiri Berubah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan. (artinya guru dapat menggunakan perangkat ajar yang telah disiapkan oleh kemendikbud, namun dapat mengembangkannya sendiri sesuai keadaan yang ada di sekolah masing-masing)

3.       Mandiri Berbagi

Mandiri Berbagi akan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar ( artinya bahwa guru sudah dianggap mampu untuk membuat sendiri perangkat ajar atau mengembangkan perangkat ajar yang telah ada dengan kreatifitas masing-masing guru dan tentunya di sesuaikan dengan keadaan yang ada di sekolah masing-masing?

 

Nah, apakah anda sudah memahami tentang pengimplementasian kurikulum merdeka di sekolah ? perlu di garis bawahi bahwa perangkat ajar memang sangat penting dalam menunjang efektifitas guru dalam mengajar sehingga guru harus bisa memiliki perangkat ajar.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa perangkat ajar yang dimaksud pada kurikulum merdeka yaitu terdiri atas beberapa jenis, diantaranya ialah :

1.       Modul ajar

2.       Alur tujuan pembelajaran (ATP)

3.       Capaian pembelajaran (CP)

4.       Program tahunan (Prota)

5.       Program semester (Promes)

6.       Buku guru dan siswa

7.       Analisi penilaian

8.       Dan lainnya

 

Apabila bapak/ibu guru di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun belum memiliki perangkat ajar yakni modul ajar kurikulum merdeka, maka tenang saja sebab disini admin akan menyiapkannya secara lengkap dan bapak/ibu guru bisa memilikinya dengan mudah.

 

Pada postingan ini admin akan menyajikan modul ajar untuk jenjang SD yaitu modul ajar Bahasa inggris kelas 4 SD kurikulum merdeka untuk semester 1. Adapun bapak/ibu guru yang ingin memiliki file modul ajar Bahasa inggris kelas 4 SD secara lengkap khususnya untuk pembelajaran di semester 1, maka bapak/ibu guru bisa mendapatkannya melalui postingan ini.

 

Sebelum admin membagikan file modul ajar Bahasa inggris kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka, maka berikut ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa inggris di kelas 4 SD di semester 1 kurikulum merdeka yang akan di sajikan di bawah ini:

 

MATERI BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1 : What Are You Doing?

Unit 2 : There Are 67 English Books

Unit 3 : My Living Room is Beside The Kitchen

Unit 4 : Cici Cooks in The Kitchen

Unit 5 : Where is My Pencil?

Unit 6 : The Stove is in The Kitchen

 

Nah disini admin kherysuryawan telah menyiapkan perangkat ajar (modul ajar) bahasa inggris kelas 4 SD semester 1 lengkap secara gratis kurikulum merdeka sesuai dengan materi yang telah di sampaikan diatas, apabila bapak/ibu guru membutuhkannya maka bisa langsung mendapatkannya melalui postingan ini.

 

Sebagai informasi juga bahwa seluruh file modul ajar Bahasa inggris kelas 4 SD semester 1 yang telah admin sediakan sudah disimpan dalam format word sehingga akan sangat mudah untuk digunakan oleh bapak/ibu guru untuk keperluan dan kebutuhan mengajar di sekolah masing-masing.

 

Bagi bapak/ibu guru yang ingin menggunakan modul ajar yang akan admin sediakan disini juga dapat langsung melakukan pengeditan agar dapat di sesuiakan dengan nama sekolah masing-masing dan semuanya dapat dilakukan dengan mudah sebab filenya teah disiapkan dalam format word.

 

Di bawah ini admin siapkan File modul ajar Bahasa inggris kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka:

 

  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 (1) - DISINI 
  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 (2) - DISINI
  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 (3) - DISINI
  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 (4) - DISINI
  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 (5) - DISINI
  • RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 (6) - DISINI
  • MODUL AJAR BAHASA INGGRIS KELAS 4 SEMESTER 2 - DISINI

 

Demikianlah informasi mengenai modul ajar bahasa inggris kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka yang bis admin sampaikan di kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa membantu bapak/ibu guru yang ingin mendapatkan file modul ajar lengkap dalam format word khususnya untuk mata pelajaran Bahasa inggris kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel