Rangkuman Matematika Kelas 7 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi matematika kelas 7 SMP kurikulum merdeka Bab 1 "Bilangan Bulat".

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ulasan atau ringkasan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran matematika di kelas 7 SMP versi kurikulum merdeka.

 


Jika anda adalah seorang pelajar yang sedang membutuhkan ringkasan materi matematika kelas 7 kurikulum merdeka maka melalui website kherysuryawan ini anda bisa mendapatkan sajian ringkasan materinya secara lengkap.

 

Adapun ringkasan materi yang akan admin berikan di postingan ini yaitu ringkasan atau rangkuman materi untuk mata pelajaran matematika yang ada di kelas 7 khususnya pada Bab 1 tentang Bilangan Bulat. Materi di Bab 1 ini nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1.

 

Jika di sekolah anda sudah menggunakan kurikulum merdeka maka dalam proses pembelajarannya juga sudah harus menggunakan materi yang ada pada buku pelajaran versi kurikulum merdeka. Khusus untuk mata pelajaran matematika kelas 7 kurikulum merdeka di laman PMM telah di siapkan buku teks pelajarannya yakni meliputi buku siswa dan buku guru.

 

Jika anda belum memiliki buku teks pelajaran matematika kelas 7 SMP untuk versi kurikulum merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya secara mudah melalui postingan admin yang sebelumnya sebab disana admin juga telah membagikan file buku siswa dan buku guru matematika kelas 7 kurikulum merdeka secara lengkap dan tentunya sangat mudah untuk di dapatkan.

 

Sebelum admin membagikan rangkuman atau ringkasan materi pelajaran matematika kelas 7 SMP Bab 1 “Bilangan Bulat” pada kurikulum merdeka maka berikut ini rincian materi yang nantinya akan di pelajari pada Bab 1 “bilangan bulat” di kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka :

1.       Bilangan Positif dan Negatif

2.       Penjumlahan dan Pengurangan

3.       Perkalian dan Pembagian

 

Bagi anda yang ingin melihat sajian ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 7 kurikulum merdeka Bab 1 “Bilangan Bulat” yang akan di pelajari di semester 1 maka silahkan lihat sajian lengkapnya di bawah ini :


RANGKUMAN MATEMATIKA KELAS 7 BAB 1 "BILANGAN BULAT" KURIKULUM MERDEKA

 

Bab 1 Bilangan Bulat

Bilangan Positif dan Negatif


Termometer di samping ini menunjukkan suhu di Dieng dan Surabaya. Berapa suhunya masing-masing? Perhatikan suhu tersebut. Jika dibandingkan dengan 0 derajat , mana yang lebih tinggi dan mana yang lebih rendah?




Jika suhunya 20 C di bawah 0, maka kita gunakan tanda -, sehingga ditulis -20 C. Dibaca “minus/negatif 20 C”. Jika suhu 270 C di atas 0, maka kita gunakan tanda +, dan ditulis +270 C. Dibaca “plus/ positif 270 C”. Jika bilangan memiliki tanda + dan -, maka disebut secara berturut-turut bilangan positif dan negatif.

 

Contoh :

Ditetapkan titik A sebagai titik pangkal 0 km. Titik “6 km di sebelah Timur A” sebagai +6 km. Titik “4 km di sebelah Barat A” dinyatakan sebagai -4 km.



 

Membandingkan Bilangan dengan Menggunakan Garis Bilangan

Mana yang lebih besar, -2 atau -5? Jelaskan dengan menggunakan garis bilangan.

 

Pada daerah bilangan-bilangan negatif, bilangan-bilangan yang letaknya semakin ke kanan adalah lebih besar, sedangkan yang letaknya semakin ke kiri adalah lebih kecil, demikian juga untuk bilangan-bilangan positif.




Untuk -2 dan -5, pada garis bilangan -2 terletak di sebelah kanan dari -5. Dengan demikian, -2 lebih besar dari -5. Hal ini dapat disajikan dengan menggunakan tanda pertidaksamaan sebagai -5 < -2 atau -2 > -5.

 

PENTING !

Membandingkan Dua Bilangan

1.       Bilangan-bilangan positif adalah lebih besar dari 0, bilangan-bilangan negatif lebih kecil dari 0. Bilangan positif lebih besar daripada bilangan-bilangan negatif.

2.       Jika ada dua bilangan positif, bilangan yang nilai mutlaknya lebih besar adalah bilangan yang lebih besar.

3.       Jika ada dua bilangan negatif, bilangan yang nilai mutlaknya lebih besar, adalah bilangan yang lebih kecil.

 

Penjumlahan dan Pengurangan

Menjumlahkan Dua Bilangan yang Tandanya Sama


·         Dari 0, geser 5 langkah satuan ke arah positif.

·         Lanjutkan geser 3 langkah ke arah positif.

Jadi, jumlah langkah pergeseran adalah 8.

 

Menjumlahkan Dua Bilangan yang Berbeda Tanda


·         Mulai dari 0, geser 5 langkah ke arah positif.

·         Lanjutkan dengan geser 3 langkah ke arah negatif.

Jadi, jumlah langkah pergeseran adalah +2.

 

Ringkasan Hasil Penjumlahan Bilangan Positif dan Negatif

Bilangan berapapun jika ditambah dengan nol hasilnya sama dengan bilangan itu sendiri. Sebagai contoh, (3) + 0 = 3. Demikian juga, 0 ditambahkan bilangan hasilnya adalah bilangan tersebut. Contohnya, 0 + (-2) = -2.

 

Pengurangan

Perhatikan bagaimana mengurangi bilangan dengan bilangan lain pada garis bilangan.


Dari +4 ke +1 berjarak 3 satuan ke arah negatif. Jadi, banyaknya langkah perpindahan gaco pada giliran kedua adalah -3.

 


Dari -3 ke +2 berjarak 5 satuan ke arah positif. Jadi, banyaknya langkah perpindahan gaco pada giliran kedua adalah +5.

 

Perkalian dan Pembagian

Perkalian

Perkalian dengan Menggunakan Tanda Positif, Negatif, dan Nilai Mutlak.

Dalam mengalikan bilangan positif dan negatif, bagaimana hubungan antara nilai mutlak hasil kali dengan nilai mutlak bilangan-bilangan yang dikalikan?

Berikut Ini Contohnya :

Hasil kali dua bilangan bertanda sama.


Hasil kali dua bilangan berbeda tanda.

 

Tanda Hasil Kali Beberapa Bilangan

Berapa kalipun bilangan dikalikan dengan bilangan positif, maka tanda hasil kalinya tidak berubah. Namun, setiap kali kita mengalikan dengan bilangan negatif, maka tanda dari hasil kalinya berubah. Dengan perkataan lain, tanda dari hasil kalinya ditentukan oleh berapa kali dikalikan dengan bilangan negatif.

 

Contoh :

 

Pembagian

Apa hubungan antara tanda dan nilai mutlak dari hasil bagi serta tanda dan nilai mutlak dari bilangan-bilangan dalam pembagian bilangan positif dan negatif?

 

Penjelasan:

Pembagian Menggunakan Tanda dan Nilai

Hasil bagi dua bilangan dengan tanda berbeda.



Hasil bagi dua bilangan dengan tanda berbeda.



Pembagian dan Kebalikannya

Kalian dapat mengubah pembagian menjadi perkalian dengan kebalikan pembagi.

Marilah kita menggunakan kebalikan untuk mengubah pembagian menjadi perkalian.

 

Membagi bilangan positif atau negatif sama dengan mengalikan dengan kebalikan pembaginya.



Operasi Campuran Perkalian dan Pembagian

Untuk menyelesaikan pernyataan matematika yang melibatkan perkalian dan juga pembagian, sebaiknya diubah dahulu menjadi bentuk perkalian saja.

 


Hitungan dengan Kombinasi Empat Operasi

Mempelajari hitungan yang melibatkan kombinasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

 

Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian disebut empat operasi. Dalam pernyataan yang memuat empat operasi, pikirkan bagaimana urutan mengerjakannya.

 

Dalam melakukan hitungan yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, maka perkalian dan pembagian didahulukan.

 

Contoh :



 

Demikianlah ringkasan/rangkuman materi matematika untuk kelas 7 Bab 1 materi Bilangan bulat yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Seluruh materi yang telah di sajikan diatas merupakan kumpulan materi pelajaran matematika kelas 7 SMP yang telah diringkas dan berumber dari buku siswa matematika kelas 7 kurikulum merdeka bab 1.

 

Semoga ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 7 Bab 1 semester 1 kurikulum merdeka yang telah admin bagikan melalui postingan ini dapat bermanfaat bagi siswa yang akan belajar matematika di kelas 7 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel