Rangkuman Materi Matematika Kelas 4 Bab 13 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi matematika kelas 4 SD Bab 13 semester 2 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada artikel pendidikan yang mana pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputar materi pelajaran matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Pada postingan ini admin akan menyajikan hasil ringkasan/rangkuman materi pelajaran matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka yakni materi tentang Bilangan Desimal yang merupakan materi yang akan di pelajari di semester 2. Rangkuman materi ini tentunya akan dapat membantu rekan guru maupun siswa yang ingin lebih mudah dalam memahami materi seputar bilangan decimal.

 

Bagi sekolah yang telah menggunakan kurikulum merdeka maka pastinya akan mengajarkan materi bilangan desimal ini di saat kelas 4 SD semester 2. Untuk dapat lebih mudah dalam belajar maka di perlukan sebuah ringkasan materi agar apa yang di pelajari lebih menghemat waktu dalam belajar.

 

Admin sengaja membuat ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka bab 13 semester 2 ini dengan tujuan agar bisa menjadi salah satu referensi belajar yang baik bagi siswa kelas 4 SD. Seluruh materi hasil ringkasan ini bersumber dari buku paket pelajaran matematika kelas 4 SD Volume 2 kurikulum merdeka yang di khususkan bagi pembelajaran di semester 2.

 

Baiklah, bagi anda yang ingin melihat rangkuman materi matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka semester 2 materi tentang Bilangan Desimal maka berikut ini sajian lengkapnya di bawah ini ;

 

RANGKUMAN MATERI MATEMATIKA KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA SEMESTER 2 


BAB 13 "BILANGAN DESIMAL"

Bilangan Desimal

Cara Menyatakan Bilangan Desimal.

Ayo mengukur gelas terakhir yang kurang dari 0,1 liter melalui pembuatan skala satuan yang lebih kecil. Caranya adalah dengan membagi satuan 0,1 liter menjadi 10 bagian yang sama.



Hasil yang diperoleh dengan membagi 0,1 l menjadi 10 bagian yang sama ditulis dengan 0,01 l dan dibaca satu perseratus liter atau ”nol koma nol satu liter”

 

Banyak air yang dituangkan oleh Hery adalah 1,36 l dan dibaca satu koma tiga enam liter.

Ayo mengukur kelebihan air yang kurang dari 0,01 l dengan membuat skala satuan yang lebih kecil, yaitu dengan membagi 0,01 l menjadi 10 bagian yang sama.

 

Hasil yang diperoleh dengan membagi 0,01 l menjadi 10 bagian yang sama ditulis dengan 0,001 l dan dibaca satu perseribu liter atau ”nol koma nol nol satu liter”

 


Ayo nyatakan 1 kg dan 264 gr dalam kg

 

Jawaban :

1 kg = 1 x 1000 = 1000 gr

264 gr = 264 : 1000 = 0,264 kg

 

Struktur Bilangan Desimal



Nilai Tempat dari Bilangan Desimal Mulai tempat pertama ke kanan dari tanda koma desimal, tempat-tempat tersebut adalah sebagai berikut.

 

Tempat per sepuluhan( 1/10 ),

Tempat per seratusan( 1/100 ),

Tempat per seribuan 1/1000 .

Bilangan desimal dinyatakan dengan penyajian tempat-tempatnya dengan 10 kali atau 1/10 dari nilai-nilai tempatnya pada bilangan asli.

 

Setiap bilangan dikalikan dengan 10 akan berpindah ke tempat lebih besar berikutnya, dan 1/10 dari setiap bilangan akan berpindah ke tempat lebih kecil berikutnya.

 

Penambahan dan Pengurangan Bilangan Desimal


Ada 2,25 l air di dalam kotak kaca. Selanjutnya, 1,34 l air dituangkan ke kotak kaca tersebut. Berapa liter keseluruhan air di kotak kaca?


Untuk penjumlahan bersusun bilangan desimal, susunlah angka-angka dari bilangan tersebut dengan nilai tempatnya. Kemudian, lakukan penjumlahan seperti pada bilangan asli.

 

Yanto dan kakaknya berlatih lompat jauh. Jarak lompatan keduanya adalah 2,14 m dan 3,46 m berturut-turut. Berapa jauh (dalam m) lebihnya lompatan kakak dibandingkan Yanto?

Jadi, jauh (dalam m) lebihnya lompatan kakak dibandingkan Yanto adalah 1,32 m.

 

Untuk pengurangan bersusun bilangan desimal, susunlah angka-angka dari bilangan tersebut sesuai dengan nilai tempatnya. Kemudian, lakukan pengurangan seperti pada bilangan asli.

 

Demikianlah ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 4 SD Bab 13 semester 2 kurikulum mereka yang bisa admin sajikan pada kesempatan ini. Seluruh materi diatas merupakan hasil ringkasan dari sumber buku teks pelajaran  matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka Volume 2.

Sekian dan semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel