Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PAI kelas 7 Bab 10 Semester 2 kurikulum merdeka yakni materi tentang Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (756-1031 M).

Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh, Salam pendidikan, salam sejahtera untuk kita semua.

Izinkan pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada jenjang SMP kurikulum merdeka.

 


Salah satu mata pelajaran wajib dan sangat penting untuk di pelajari di jenjang SMP ialah mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti khususnya bagi siswa-siswi yang beragama islam. Mata pelajaran PAI merupakan mata pelajaran yang berada pada kelompok A pada kurikulum merdeka.

 

Untuk memudahkan dalam belajar khususnya mempelajari materi yang terdapat pada buku paket pelajaran maka di perlukan sebuah ringkasan materi. Olehnya itu melalui kesempatan ini admin akan menyiapkan sebuah ringksan/rangkuman materi untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 7 SMP Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Adapun materi yang akan admin sajikan pada kesempatan ini ialah materi PAI kelas 7 Bab 10 tentang Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (756-1031 M) yang nantinya akan di pelajari di akhir semester 2 pada kurikulum merdeka.

 

Seluruh materi hasil ringkasan ini admin buat dari sumber buku teks pelajaran PAI kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka bisa memanfaatkan ringkasan materi ini sebagai bahan belajar baik untuk belajar di sekolah maupun di rumah.

 

Dalam pembelajaran PAI kelas 7 Bab 10 semester 2 kurikulum merdeka ini ada beberapa tujuan pembelajaran yang di harapkan untuk di capai.

Berikut ini tujuan pembelajaran pendidikan agama islam kelas 7 Bab 10 :

 

1)      Melalui pembelajaran inquiry, kalian dapat menceritakan sejarah Bani Umayyah di Andalusia

2)      Melalui pembelajaran jigsaw, kalian dapat menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Andalusia.

3)      Melalui pembelajaran berbasis produk, kalian dapat membuat bagan, infografis, atau timeline perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Andalusia.

 

Untuk lebih jelas mengenai materi PAI kelas 7 Bab 10 Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (756-1031 M) maka berikut ini rangkuman materinya :

 

BAB X ANDALUSIA: KOTA PERADABAN ISLAM DI BARAT (756-1031 M)

 

1. Bani Umayyah di Andalusia

Islam masuk di Andalusia tahun 92 H. Saat itu Andalusia dikuasai oleh orang-orang Goth (Gothic). Mūsa’ bin Nusayr sebagai gubernur Afrika Utara mengirim pasukan yang dipimpin oleh Panglima Ṭāriq bin Ziyād pada tahun 710 M untuk melakukan penaklukan ke wilayah ini. Mereka tidak mendapatkan perlawanan yang intensif dari penguasa setempat. Hal ini didukung oleh situasi lemahnya politik pemerintahan dan rakyat tidak mendukungnya.

 

Pasukan tersebut memperoleh keberhasilan pada tahun 712 M. Pasukan yang dipimpin oleh Mūsa’ bin Nusayr berhasil menuju Andalusia melalui jalan lain yang tidak dilalui oleh Ṭāriq bin Ziyād dan pasukannya.

Pada tanggal 15 Mei 756 M., ‘Abd al-Rahmān al-Dakhīl memproklamirkan berdirinya Imārah Umayyah II di Andalusia (Spanyol).

 

Penduduk Spanyol merasa bahagia dan memperoleh kemakmuran di bawah pemerintah Islam. Umat kristiani menikmati kebebasannya dan tidak diganggu dalam melaksanakan ibadah dan kebiasaannya. Golongan Yahudi benar-benar merasakan tertolong oleh kehadiran bangsa Arab ini. Mereka menjadi merdeka dan aktif membantu bangsa Arab dalam memerintah Spanyol dan mengembalikan negeri ini ke tingkat budaya yang tinggi.

 

Perkembangan Islam di Spanyol dapat dibagi enam periode, yaitu:

1)      Periode Pertama (711-755 M)

2)      Periode Kedua (755-912 M)

3)      Periode Ketiga (912-1013 M)

4)      Periode Keempat (1013-1086 M)

5)      Periode Kelima ( 1086-1248 M)

6)      Periode Keenam (1248-1492)

  

2. Kejayaan Islam di Andalusia

Kejayaan Islam di Spanyol ditunjukkan dengan beberapa perkembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan fisik. Ilmu pengetahuan berkembang pada bidang filsafat, seni, sastra, agama, dan sains. Pembangunan Gedung-gedung, seperti pembangunan kota, istana, masjid, pemukiman dan taman-taman menjadi pembangunan fisik yang sangat menonjol.

 

Pembangunan yang megah terdapat pada kota al-Zahrā, masjid Cordova Istana Ja’fariyah di Saragosa, masjid Sevilla, tembok Toledo, istana al-Ma’mūn, dan istana al-Hamrā di Granada.

Cordova adalah ibu kota Spanyol sebelum Islam kemudian diambil alih oleh Bani Umayyah. Cordova dibangun dan diperindah.

 

Granada adalah tempat pertahanan terakhir umat Islam di Spanyol. Di kota itu, ada sisa-sisa kekuatan Arab dan pemikir Islam. Arsitektur terkenal di seluruh Eropa. Istana al-Hamrā yang indah dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam.

 

Beberapa bangunan dengan arsitektur Islam yang kental, seperti menara Giralda, Alcazar Sevilla, Menara Emas Torre del Oro terdapat di Sevilla. Salah satu menaranya yaitu Giralda terindah di benua Eropa. Semula, menara ini merupakan minaret atau menara mesjid. Saat ini menara tersebut beralih fungsi sebagai menara lonceng Katedral Sevilla.

 

3. Perkembangan ilmu pengetahuan pada Masa Bani Umayyah di Andalusia

Spanyol adalah negeri yang subur. Dengan kesuburannya dapat menghasilkan ekonomi yang tinggi sehingga dapat melahirkan para cendikiawan-cendikiawan muslim. Pada bidang intelektual, ilmu astronomi, kedokteran, filsafat, matematika, kimia, dan fisika dikembangkan oleh para cendikiawan muslim. Sementara di bidang ilmu sosial, dikembangkan juga ilmu sejarah, sosiologi, dan sastra.

 

Kebudayaan yang paling menonjol terlihat pada munculnya para ilmuwan dengan masing-masing keahlian di bidangnya.

 

a. Fikih

Kebanyakan masyarakat Spanyol Islam menganut mazhab Maliki. Mazhab Maliki menjadi aliran fikih yang populer. Di antara ulama fikih yang terkenal adalah Ziyād ibn ‘Abd al-Raḥmān.

 

b. Bahasa dan Sastra

Bahasa Arab menjadi bahasa resmi dan administrasi dalam pemerintahan Islam di Spanyol. Bahasa ini diajarkan kepada murid-murid, baik muslim maupun non muslim.

 

c. Bidang Seni dan Musik

Syair di Spanyol didasarkan pada model syair Arab. Syair digabungkan dengan musik. Tokoh terkenal dalam bidang seni musik, yaitu al-Hasan ibn Nāfî yang dikenal dengan Ziryāb (789-857 M). Ziryāb selalu tampil dalam perjamuan dan pertemuan di Cordova. Ia mahir dalam menggubah lagu. Ilmunya diajarkan pada anak-anak bahkan pada budak-budak, sehingga ilmunya menjadi terkenal.

 

d. Bidang Filsafat

Ibn Bājah dengan nama aslinya Abu Bakr Muhammad ibn al-Sāyig merupakan tokoh utama dalam sejarah filsafat Arab-Spanyol. Dia menulis buku terkenal, Tadbīr al-Mutawahhidīn.

Pada akhir abad 12 M, muncul seorang ahli filsafat dalam Islam yaitu Ibn Rusyd (Averroes) dari Cordova. Ia menjadi pengikut mazhab Aristoteles dalam bidang filsafat.

 

e. Bidang Sains

Pada masa Spanyol Islam, ilmu-ilmu kedokteran, musik, matematika astronomi, kimia dan lain-lain juga berkembang dengan baik. Dalam ilmu kimia dan astronomi, muncul tokoh terkenal yaitu ‘Abbās ibn Farnās. Ia adalah orang pertama yang menemukan pembuatan kaca dari batu. Ibrāhîm ibn Yahyā al-Naqqās merupakan ahli dalam astronomi.

 

f. Bidang Sejarah

Pada masa ini, muncul pula pemikir dalam bidang geografi dan sejarah. Tokoh ilmuwan geografi yang terkenal diantaranya adalah Abu ‘Ubayd Abdullāh bin ‘Abd al-‘Azīz al-Bahri dan Abu Hāmid Muhammad al-Mazīni. Ibn Jubair dari Valencia (1145-1228 M.) menulis tentang negeri-negeri muslim di Mediterania dan Sicilia.

 

4. Memetik Nilai Islami dalam Sejarah Bani Umayyah di Andalusia

Berikut ini beberapa hal penting yang dapat di petik dalam sejarah Bani Umayyah di spanyol :

a)       Pengalaman positif dan negatif dalam sejarah dijadikan bahan untuk perbaikan dalam menjalani kehidupan dan membangun peradaban.

b)      Teori-teori sejarah kebudayaan Islam dapat dimanfaatkan dan diterapkan untuk mengatasi permasalahan hidup di masa kini dan masa yang akan datang.

c)       Kedewasaan dalam berfikir dapat ditumbuhkan. Hal ini mendorong cara pandang ke depan yang lebih luas, bertindak arif, dan bijaksana.

d)      Mencintai dan bangga pada kebudayaan Islam masa lalu.

e)      Melibatkan diri dalam pemeliharan hasil peradaban baik dengan mempelajarinya maupun mengambil manfaatnya.

f)        Semangat mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan dapat ditumbuhkan.

g)       Memupuk semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi.

 

Demikianlah ringkasan/rangkuman materi pendidikan agama islam dan budi pekerti (PAI & BP) kelas 7 Bab 10 semester 2 kurikulum merdeka yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga ringkasan materi ini dapat menjadi sebuah sarana yang dapat membantu belajar baik bagi guru maupun bagi pesrta didik di sekolah maupun untuk belajar di rumah.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel