Soal & Jawaban Post Test Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila.

Halo sahabat Pendidikan, Bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua masih dalam keadaan sehat sehingga masih bisa beraktifitas dengan baik. Oh ya pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi seputar Post Test Pada kegiatan pelatihan mandiri yang nantinya akan diikuti oleh bapak/ibu guru.

 


Untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman bapak/ibu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kurikulum merdeka nantinya maka salah satu alternatif yang dapat dilakukan ialah dengan mengikuti berbagai kegiatan yang telah di siapkan oleh pihak kemendikbud salah satunya ialah dengan melakukan pelatihan mandiri yang dapat diikuti oleh semua guru melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

 

Di dalam aplikasi PMM terdapat berbagai jenis palatihan mandiri yang dapat diikuti oleh bapak/ibu guru khususnya untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran versi kurikulum  merdeka. Semakin sering para guru melaksanakan dan mengikuti pelatihan maka pastinya akan berdampak pada penguasaan teknik pembelajaran serta menambah pengetahuan tentang pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Dalam mengikuti pelatihan mandiri maka nantinya bapak/ibu guru akan mempelajari materi yang telah disiapkan sesuai jenis pelatihan mandiri yang dipilih/diikuti. Selain mempelajari materi tahapan selanjutnya yang harus di ikuti oleh peserta pelatihan mandiri yaitu mengikuti latihan pemahaman dan cerita reflektif dan pada sesi akhir peserta wajib menjawab soal-soal yang telah disiapkan dalam bentuk post test.

 

Post test dilakukan di akhir pembelajaran pada setiap kegiatan pelatihan mandiri. Tujuannya dilaksanakan post test yakni untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta yang dalam hal ini bapak/ibu guru yang mengikuti kegiatan pelatihan mandiri dalam mempelajari seluruh materi yang telah disiapkan. Apabila bapak/ibu guru bisa menjawab seluruh soal-soal post test dengan benar maka itu artinya bapak/ibu guru telah mampu menguasai materi dengan baik dan dianggap telah lulus dalam pelatihan mandiri tersebut.

 

Berbicara mengenai post test pelatihan mandiri, maka pada kesempatan ini admin kherysuryawan ingin berbagi kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila. Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila ini yaitu agar bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri di modul ini.

 

Baiklah untuk bapak/ibu guru yang ingin melihat kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila, maka di bawah ini soal dank unci jawabannya yang akan disajikan secara lengkap.

 

Soal & Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 3

 

1. Bagaimana peran projek sebagai asesmen?

Jawab : Dengan kegiatan berproyek dapat terlihat ketercapaian perkembangan murid secara holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja.

 

2. Setiap pemangku kepentingan mempunyai peran penting untuk mendukung program pembelajaran projek di satuan pendidikan. Murid dan orang tua bukanlah salah satu pemangku kepentingan yang bepengaruh dalam projek.

Pernyatan di atas adalah...

Jawab : Salah

 

3. Ketika konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik (>50%) dan pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah tetapi belum terjadi lintas disiplin ilmu, berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya?

Jawab : Tahap Lanjutan

 

4. Bu Meiske dan tim fasilitas projek sedang merancang modul projek yang akan dilakukan di fase F. Berikut adalah contoh pengalokasian waktu yang dapat dilakukan, kecuali...

Jawab : Memberikan kebebasan bagi murid untuk menentukan sehingga tidak ada tanggal tetap

 

5. Bu Loli sedang bingung memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua pilihan yaitu, tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dan "Gaya Hidup Berkelannjutan". Mengingat pada semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu loli dan Tim Fasilitator merasa tema "Gaya Hidup Bekelanjutan" sangatlah cocok untuk dilakukan. Di sisi lain "Bangunlah Jiwa dan Raganya" juga menarik untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang dapat Ibu Loli dan tim fasilitas projek lakukan untuk mengkomodir tema-tema di atas?

Jawab : Mengambil tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dalam kegiatan projek, sedangkan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dapat diintegrasikan dalam rutinitas sehari-hari seperti olah raga rutin, diskusi personal antara guru dan murid, dan sesi cerita terkait pengalaman sosial-emosional.

 

Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila yang dapat admin kherysuryawan bagikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel