Soal & Jawaban Ujian Sekolah Agama Hindu Jenjang SMP

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Pendidikan Agama Hindu Untuk Jenjang SMP.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan kembali membagikan file pendidikan yang ada hubungannya dengan ujian sekolah. Disini admin akan membantu rekan-rekan guru untuk bisa mendapatkan soal-soal ujian sekolah yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

 

Adapun soal ujian sekolah yang akan admin bagikan melalui postingan ini yaitu ujian sekolah untuk jenjang SMP Khususnya untuk mata pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti. Bagi anda bapak/ibu guru yang saat ini mengajar mata pelajaran pendidikan agama hindu di kelas 12 dan di sekolahnya akan melaksanakan ujian sekolah namun belum sempat membuat soal ujian sekolah tersebut maka melalui artikel ini kiranya bisa dapat terbantu dalam memiliki referensi soal ujian sekolah untuk mata pelajaran agama hindu.

 

Melalui postingan ini admin akan menampilkan soal-soal ujian sekolah agama hindu kelas 9 SMP lengkap dengan kunci jawabannya serta akan membagikan filenya yang telah admin simpan dalam bentuk word sehingga dapat di edit sesuai keinginan serta dapat di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

 

Sebagai informasi bahwa seluruh soal-soal ujian sekolah agama hindu yang telah di susun ini merupakan soal gabungan dari materi yang telah di pelajari di kelas 7, kelas 8 hingga materi yang telah di pelajari di kelas 9. Bagi bapak/ibu guru yang akan menggunakannya namun merasa perlu untuk di perbaiki maka dapat menyesuaikannya dengan keadaan di sekolah masing-masing. Intinya bahwa soal yang di sajikan pada saat ujian sekolah nanti kiranya bisa sesuai dengan materi yang telah di ajarkan kepada siswa di sekolah masing-masing sehingga siswa mampu  untuk menjawab soal dengan baik.

 

Oh ya, soal ujian sekolah mata pelajaran agama hindu jenjang SMP ini selain dapat membantu bapak/ibu guru dalam menyiapkan soal ujian maka juga akan sangat bermanfaat bagi para siswa dalam persiapan menghadapi ujian sekolah. Nantinya siswa dapat menggunakan kumpulan soal ini sebagai bahan belajar sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam mempelajari mata pelajaran pendidikan agama hindu.

 

Baiklah di bawah ini soal-soal ujian sekolah Agam Hindu untuk jenjang SMP.

 

A.    SOAL PILIHAN GANDA

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat, pada pilihan (A, B, C, atau D) pada lembar jawaban yang disediakan  !

 

1.      Veda merupakan kitab suci agama Hindu yang diyakini sebagai wahyu Tuhan dan dijadikan sebagai pedoman dasar umat Hindu dalam kehidupannya. Berdasarkan kutipan tersebut fungsi Veda sebagai kitab suci agama Hindu adalah….

A.    Veda sebagai sumber kebenaran, sumber etika, dan tingkah laku

B.     Veda tidak berawal karena Veda merupakan sabda Tuhan

C.     Veda mempunyai keluwesan dan tidak kaku

D.    Veda berlaku sepanjang zaman

 

2.      Berikut adalah kitab suci yang masuk kedalam bagian Veda Smerti diantaranya :

  1. Itihasa
  2. Purana
  3. Siksa
  4. Wyakarana
  5. Gandharwa Veda
  6. Agama
  1. Nirukta
  2. Kalpa
  3. Ayurveda
  4. Jyotisa
  5. Arthasastra
  6. Chanda

Berdasarkan pernyataan tersebut, yang termasuk kelompok kitab Vedangga yaitu…

A.    1, 3, 6, 8, 9 dan 10

B.     3, 4, 7, 8, 10, dan 12

C.     1, 2, 6, 9, 11 dan 12

D.    2, 4, 7, 9, 10, dan 11

3.      Manifestasi dari Ida Sang Hyang Widhi ada yang disebut Deva dan Bhatara. Deva merupakan sinar suci dari Ida Sang Hyang Widhi tugasnya yang berbeda-beda. Bhatara adalah manifestasi Tuhan yang bertugas memberikan perlindungan terhadap ciptaanNya. Apabila dilihat dari konsepnya berbeda, tetapi keduanya memiliki kesamaan pada….

A.    Keduanya sama-sama tidak berwujud.

B.     Keduanya memiliki kekuatan yang sama besar.

C.     Keduanya sama-sama berada dan menguasai alam semesta.

D.    Keduanya berasal dari sumber yang sama, Ida Sang Hyang Widhi.

4.      Perhatikan gambar berikut!


Awatara yang turun kedunia dalam wujud brahmana cebol yang mengalahkan raja bali,  ditunjukkan pada gambar nomor....

A.       (1)

B.        (2)

C.        (3)

D.       (4)

 

5.      Pada masa sekarang kehidupan sudah semakin keras, tindakan anarkis, radikal, perampokan dan pencurian kerap terjadi di masyarakat. Seperti yang terjadi di Pulo Mas, perampok yang melakukan tindakan pencurian dan perampokan dengan sangat rapi, namun hukuman tetap mereka dapatkan, dengan segera polisi dapat menangkap dan memasukan mereka ke dalam penjara. Beginilah karma, ibarat memakan cabe, pedasnya langsung dirasakan meskipun sudah dimakan dengan hati-hati. Dalam konsep karmaphala, hasil perbuatan pencuri tersebut termasuk dalam jenis….

A.    Karma Wasana

B.     Sancita Karmaphala

C.     Prarabdha Karmaphala

D.    Kriyamana karmaphala

6.      Seorang anak sangat marah karena mainannya dibakar oleh beberapa temannya, disanalah mulai muncul rasa dendam dalam hatinnya, kemudian diapun ingin meluapkan kemarahannya kepada semua orang yang telah mengganggunya. Dalam suatu kesempatan dia mengamuk sejadi-jadinya, sehingga temannya yang tidak tahu dengan masalah juga ikut kena dampaknya dan tanpa disadari dirinya sendiripun luka karena ulahnya itu. Perbuatan anak tersebut dalam Sad Atatayi tergolong perbuatan…

A.   Atharwa

B.    Wisada

C.    Dratikrama

D.   Sastragnha

7.      Setelah Wibisana menerima nasehat dari Sri Rama, Wibisana memerintah di kerajaan Alengka dengan menunjukkan  perilaku  yang  menyejukkan  dan  lembut dalam bertingkah laku sehingga masyarakatnya hidup sejahtera.

Berdasarkan cerita di atas Wibisana termasuk memiliki tipe kemimipinan.…

A.       Indra Brata

B.        Yama Brata

C.        Surya Brata

D.       Candra Brata

 

8.      Perhatikan cerita berikut!

      Adi Melaksanakan upacara Pitra yadnya, Karena ingin upacara berlangsung megah dan meriah sehingga dibutuhkan biaya yang cukup banyak, maka Adi memutuskan menjual tanah kakeknya untuk dapat  melaksanakan upacara yadnya tersebut.

Dari cerita di atas, merupakan contoh pelaksanaan Yadnya …

A.    Satwika Yadnya

B.     Tamasika Yadnya

C.     Rajasika Yadnya

D.    Kanista Yadnya

 

9.      Dalam ajaran agama Hindu Atma adalah sumber dari makhluk hidup.  Atma ini tidak pernah lahir, atau setelah ada tak berhenti ada.  Ia tidak dapat diwujudkan dengan kata-kata.  Sifat Atman yang tak terlahirkan disebut….

A.    Adahya

B.    Awyakta

C.    Awikara

D.    Acintya

 

10.  Perhatikan ilustrasi berikut!

      Ketika seseorang meninggal dunia, dia akan dikremasi. Meski badan kasarnya telah hancur menjadi abu, atman orang tersebut tidak akan ikut hancur. Atmannya akan kembali ke asal-Nya.

      Ilustrasi di atas, menunjuk pada sifat atman yang disebut....

A.    Akledya

B.     Acesya

C.     Adahya

D.    Acintya

 

11.  Ketut Frengky setelah lulus dari SMA kemudian melanjutkan pendidikan di salah satu Universitas yang ternama yang kemudian menjadi seorang Sarjana. Dan suatu ketika Ketut Frengky dipilih menjadi seorang Kepala Desa karena ia dipandang memiliki intelektual atau pengetahuan yang lebih tinggi oleh warga di Desanya. Karena Ketut Frengky merasa dirinya pandai, dan wargannya tidak memiliki kecerdasan, ia pun memperdaya warga di Desanya untuk mengeluarkan dana untuk membangun jembatan melampaui rata-rata atas dana yang seharusnya diperlukan. Pada suatu hari ada salah satu warga yang mengetahui perbuatannya tersebut, kemudian Ketut Frengky dilaporkan kepada pihak yang berwajib dan diberhentikan secara tidak hormat dari jabatannya menjadi Kepala Desa.

Dari cerita di atas perbuatan Ketut Frengky merupakan contoh perilaku...

A.    Guna

B.    Dhana

C.    Surupa

D.    Yowana

 

12.     Perhatikan tabel berikut!

 

No

Sifat Atma

No

Arti

1.

Acesya

1

Selalu sama dan kekal

2.

Adahya

2

Tidak terbasahkan oleh air

3.

Stanu

3

Tidak terbakar oleh api

4.

Sarwagatah

4

Ada dimana-mana

5.

Sanatana

5

Tidak berpindah-pindah

 

Berdasarkan tabel di atas, Sifat Atma dan arti yang sesuai ditunjukkan pada nomor….

A.    1 dan 4

B.    2 dan 3

C.    3 dan 4

D.    4 dan 5

 

13.  Wajah yang cantik dan tampan adalah anugrah dari Sang Hyang Widhi Wasa.  Dengan memiliki wajah yang cantik seseorang bisa menjadi idola atau artis bahkan menjadikan dirinya seorang model yang terkenal.  Namun wajah yang cantik atau ganteng meyebabkan seseorang lupa akan kodratnya.  Dalam ajaran Sapta Timira mabuk karena kecantikan atau ketampanan disebut….

A.    Sura

B.    Surupa

C.    Kulina

D.    Yowana

 

14.  Perhatikan ilustrasi berikut!

      Ledakan bom yang dilakukan oleh teroris telah meluluhlantakkan kawasan di Legian, Kuta, Bali. Kejadian ini telah menyebabkan ketakutan di masyarakat. Sehingga ada semacam phobia terhadap orang-orang yang berpakaian seperti yang dipakai oleh para teroris tersebut.

      Dalam konsep Sapta Timira, ilustrasi yang digambarkan pada perilaku teroris tersebut, merupakan dampak negatif  dari  perilaku Sapta Timira....

A.    Guna

B.     Kulina

C.     Yowana

D.    Sura

 

15.  Perhatikan pernyataan dibawah ini !

1. Mempelajari segala ilmu pengetahuan

2. Mengeluarkan kata-kata jujur dan meyenangkan

3. Sangat bergairah melaksanakan tugas,tetapi kurang tekun

4. Bersifat Agresif dan Inovatif

5. Malas melaksanakan Tapa Brata

6. Suka memakan makanan Basi

Dari pernyataan di atas, ciri-ciri orang yang dipengaruhi oleh sifat Tamas ditunjukkan pada nomor….

 

A.    1 dan 2

B.    3 dan 4

C.    4 dan 5

D.    5 dan 6

 

16.  Manusia sejak lahir memiliki tiga sifat  dasar yang disebut Tri Guna.  Ketiga sifat dasar manusia tersebut tidak dapat dipisahkan dan selalu bergejolak untuk saling mengalahkan. Sifat yang tenang, jujur dan baik kadang kala dikalahkan oleh sifat angkuh sombong dan merasa paling benar namun sifat angkuh dan sombong kadang kala dikalahkan oleh sifat mudah meyerah dan tidak peduli.  Prilaku manusia yang diliputi oleh sifat angkuh, sombong dan merasa paling benar dalam ajaran Tri Guna disebut….

A.    Satwam

B.    Rajas

C.    Tamas

D.    Straghna

 

17.  Perhatikan gambar berikut!


Dari gambar diatas unsur Teja dari panca Mahabhuta ditunjukan pada nomor….

A.    Nomor 1

B.    Nomor 2

C.    Nomor 3

D.    Nomor 4

 

18.  Perhatikan tabel berikut!

 

No

Panca Maha Bhuta

 

No

Panca Tan Matra

1

Perthiwi

 

a

Sabda

2

Apah

 

b

Sparsa

3

Teja

 

c

Rasa

4

Bayu

 

d

Rupa

5

Akasa

 

e

Gandha

 

Berdasarkan tabel di atas, unsur-unsur Panca Maha Bhuta memiliki hubungan erat dengan Panca Tan Matra. Hubungan antara Panca Maha Bhuta dan Panca Tan Matra yang tepat adalah....

A.    1-a dan 2-b

B.     1-e dan 2-c

C.     4-e dan 3-a

D.    5-b dan 2-d

 

19.  Agama Hindu di Asia awalnya berkembang di India yaitu daerah lembah sungai Sindu, kemudian berkembang ke utara yaitu Nepal, Sri lanka, Tiongkok  selatan dan kerajaan-kerajaan di Asia tenggara. Penyebaran  Agama Hindu dibawa oleh kaum Brahmana, Ksatria,Waisya dan Sudra. Teori peyebaran Agama Hindu yang di bawa oleh kaum pedagang disebut….

          A.         Teori Brahmana

           B.         Teori Ksatria

           C.         Teori Waisya

          D.         Teori Sudra

 

20.  Pengaruh agama Hindu di Kampuchea awalnya masuk ke lembah Sungai Mekong di daerah Funan, Kampuchea.  Di Funan berdiri kerajaan yang didirikan oleh seorang brahmana yang bernama Kaundinya pada awal tahun Masehi.  Kerajaan tersebut adalah kerajaan yang mengembangkan agama Hindu di Kampuchea.

Dari sejarah di atas, nama kerajaan yang didirikan didaerah Kampuchea adalah….

A.    Kampuchea

B.    Funan

C.    Mekong

D.    Kaundinya

 

21.  Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas yang merupakan peninggalan Hindu di Jawa, ditunjukkan pada nomor...

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

 

22.  Perhatikan bagan berikut !



Berdasarkan bagan di atas, kitab Mahabharata termasuk dalam kitab….

A.    Purana

B.    Artha Sastra

C.    Itihasa

D.    Ayur Weda

 

23.  Perhatikan tabel dibawah ini

 

No

Parwa

1

Adi parwa

2

Wana parwa

3

Wirata parwa

4

Sabha parwa

5

Udyoga parwa

6

Drona parwa

7

Bhisma parwa

8

Salya parwa

9

Karna parwa

 

Dari tabel diatas urutan parwa 1-5 yang benar adalah….

A.    1,2,3,4,dan 5

B.    1,3,2,4, dan 5

C.    1,4,3,2,dan 5

D.    1,4,2,3,dan  5

 

24.  Simaklah penggalan cerita berikut!

      Selama pengasingan Pandawa bersama Drupadi di hutan, Arjuna ditugaskan untuk bertapa di Gunung Himalaya agar mendapatkan restu dari Dewa Siwa. Dalam pertapaan tersebut, Dewa Siwa memberi anugerah kepada Arjuna berupa senjata sakti yang terkenal dengan nama Pasupati. Atas anugerah Dewa Siwa pula, Arjuna berhasil mendapatkan senjata sakti para Dewa yang kelak digunakan dalam Bharatayuddha. Kisah ini juga ditulis dalam Kakawin Arjuna Wiwaha.

     

Dalam Kitab Mahabharata, penggalan cerita di atas dapat ditemukan pada bagian....

A.    Adi Parwa

B.     Wana Parwa

C.     Sabha Parwa

D.    Wirata Parwa

 

25.  Perhatikan cerita berikut ini !

Kitab Swargarohanaparwa menceritakan kisah Yudistira yang mencapai Puncak Gunung Himalaya dan dijemput untuk mencapai surga oleh Dewa Indra. Dalam perjalanannya, ia ditemani oleh seekor anjing. Ia menolak masuk Surga jika disuruh meninggalkan Anjingnya sendirian. Si Anjing menampakkan wujudnya yang sebenanrnya, yaitu Dewa Dharma.

 

Nilai-nilai yang terkandung dari cerita diatas adalah …

A.    Kesetiaan

B.    Kejujuran

C.    Tanggung Jawab

D.    Kepedulian

 

26.  Budaya Hidup Sehat adalah sebuah konsep kehidupan dengan mengutamakan berbagai kegiatan hidup yang berbasis pada tindakan-tindakan sehat. Definisi dari  budaya hidup sehat adalah konsep hidup yang mengedepankan upaya-upaya dan kegiatan-kegiatan yang sehat. Dengan penerapan konsep ini, maka kita akan memperkecil resiko dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. Contoh perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan yang benar adalah…

A.    Minum air yang tidak mengandung mineral dan bebas dari racun/bibit penyakit

B.     Minum air yang cukup mengandung mineral dan bebas dari racun/bibit penyakit

C.     Minum air yang cukup mengandung mineral dan mengandung racun/bibit penyakit

D.    Minum air yang tidak mengandung mineral dan tidak mengandung racun/bibit penyakit

 

27.  Gaya hidup yang benar dan wajar dalam ajaran agama Hindu disebut Vihara. Seseorang yang mempraktek ajaran Vihara akan menjaga kesehatan fisik dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami serta bahan obat-obatan yang tersedia di lingkungan alam sekitar.

Contoh penerapan pola hidup sehat diatas termuat dalam kitab ….

 

A.    Ayur Veda

B.    Sama Weda

C.    Atarwa Weda

D.    Bhagawadgitha

 

28.              Perhatikan gambar gerakan asanas berikut!



Gambar-gambar di  atas merupakan gerakan Surya Namaskara (penghormatan kepada Dewa Surya) yang dapat menstabilkan kondisi tubuh, nafas, dan pikiran. Salah satu gerakan asanas yang bermanfaat untuk mengurangi kelebihan lemak pada daerah perut, memperbaiki pencernaan, dan membantu menghilangkan sembelitditunjukkan pada gambar nomor....

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

 

29.              Perhatikan gambar berikut !



Jenis-jenis tanaman obat pada gambar diatas. Termasuk tanaman obat yang sering dipakai masyarakat pedesaan dan kota yang digunakan untuk mendapatkan rambut yang tebal dan lebat terdapat pada gambar nomor ….


A.    1                             

B.     2                             

C.     3

D.    4

 

 

30.      Begitu banyak pura yang ada di Indonesia bahkan di dunia, pada waktu bersamaan walaupun tempatnya berjauhan Sanghyang Widi mampu hadir di hadapan pemujanya memberikan anugrah pada waktu bersamaan.dalam asta aiswarya di sebut…

A.    Yatra kamawasayitwa

B.     Laghima

C.     Prapti

D.    Mahima

 

31.  Alam semesta beserta isinya dengan segala bentuk dan rupa adalah atas kehendak Beliau, tidak ada satu kejadian atau musibah tanpa kehendakNYA, seperti gempa palu dan juga sunami yang terjadi baru-baru ini, semua atas kehendak Beliau tidak ada manusia yang mampu mencegahnya. Ini merupakan contoh dari sifat kemahakuasaan Sanghyang Widi yang di sebut dengan…

A.       Prakamnya

B.        Isitwa

C.        Lahima

D.       Mahima

32.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Laghima       :     Sanghyang Widdhi bersifat sangat halus bahkan lebih halus dari atom   

(2)   Prakamya     :     Sanghyang Widdhi mengatasi tempat yang kosong dan semua dipenuhi olehNya

(3)   Prapti            :     Sanghyang Widdhi dapat mencapai semua tempat

(4)   Anima          :     Sanghyang Widdhi bisa dirasakan keberadaanNya namun tak bisa dilihat  dengan mata biasa

(5)   Mahima        :     Sanghyang Widdhi berkuasa dan mengatasi kelahiran, kehidupan, dan kematian

(6)   Wasitwa       :     Sanghyang Widdhi paling berkuasa

Pernyataan yang benar dari bagian-bagian Asta Aiswarya di atas, ditunjukkan pada nomor....

A.    1, 2, dan 3

B.     1, 2, dan 4

C.     2, 4, dan 5

D.    3, 4, dan 6

 

33.      Perhatikan Kutipan sloka berikut !



Berdasarkan kutipan Sloka di atas menunjukkan sifat kemahakuasaan Sang Hyang Widhi yaitu…

A.    Anima

B.     Mahima

C.     Laghima

D.    Prapti

 

34.      Perhatikan gambar berikut !

Gambar di atas merupakan ilustrasi beberapa tindakan yang bertentangan dengan ajaran panca Yama Bratha dan Panca Nyama Bratha. Tindakan yang bertentangan dengan Ahimsa dalam panca yama bratha yaitu ditunjukan oleh nomor.…

A.    1

B.   2

C.   3

D. 4

35.  Teman adalah bagian penting dalam hidup kita.  Dengan adanya teman kita bisa sedikit berbagi suka duka, keluh kesah.  Teman sejati akan selalu ada dalam segala suasana hati. Ingat kita tak bisa hidup sendiri di dunia ini karena kita mahkluk sosial dan selalu membutuhkan bantuan orang lain, terutama seorang teman.  Jadi setialah pada teman anda jangan pernah kecewakan mereka.  Kesetiaan kepada teman dalam panca satya disebut …

A.       Satya Wacana

B.        Satya Laksana

C.        Satya Herdaya

D.       Satya Mitra

36.     Perhatikan bagian-bagian Panca Yama dan Nyama Brata di bawah ini:

1.      Apramada

2.      Brahmacari

3.      Sauca

4.      Awyawaharika

5.      Asteya

6.      Akrodha

7.      Ahimsa

8.      Aharalaghawa

      Dari paparan di atas yang merupakan bagian Panca Nyama Brata ditunjukkan pada nomor.... 

A.    2, 4, 5, dan 6

B.    1, 4, 7, dan 8

C.    1, 3, 6, dan 8

D.    3, 5, 6, dan 7

 

37.  Perhatikan gambar berikut!



Berdasarkan gambar di atas yang termasuk perbuatan Tandri dalam dasa mala, ditunjukan pada nomor ….

A.    1

B.    2

C.    3

D.    4

 

38.  Metraya adalah suka berkata menyakiti hati, sombong, iri hati dan suka menggoda istri orang lain.  Perkataan yang diucapkan dengan maksud jahat akan dapat menyakiti orang lain bahkan bisa menyebabkan kematian baik kepada orang lain maupun kepada diri sendiri (Wasita nimittanta pati kepangguh).  Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar terhindar dari perilaku Metraya adalah….

A.    Selalu mendekatkan diri dengan Sang Hyang Widhi

B.    Lakukan  tirta yatra

C.    Tidak berkata kasar pada orang lain

D.    Rajin mengikuti kegiatan keagamaan

 

39.      Perhatikan tabel  di bawah ini!

     

NO

Bagian Dasa Mala

No

Arti

1

Tandri

1

Berputus asa

2

Kleda

2

Berpikir gelap

3

Leja

3

Malas

4

Kutila

4

Mengikuti orang lain

5

Kuhaka

5

Pemarah

 

Berdasarkan tabel di atas bagian Dasa Mala dan arti yang sesuai adalah….

A.    1 dan 3

B.     2 dan 3

C.     3 dan 4

D.    4 dan 5

 

40.  Saat Laksmana meninggalkan Dewi Sita sendirian, raksasa Rahvana yang meyamar menjadi seorang Brahmana muncul dan meminta sedikit air kepada Dewi Sita.  Karena Rahvana tidak mampu meraih Dewi Sita yang berada dalam Laksmana Rekha maka ia meminta agar Dewi Sita mengulurkan tangannya.  Pada saat Rahvana memegang tangan Dewi Sita dan menarik Dewi Sita keluar dari garis pelindung dan menculiknya.  Laksmana menyusul Rama kehutan, Rama sudah tidak ada.  Di tengah perjalanan Rahvana bertemu dengan seekor burung sakti sang Jatayu, tetapi Jatayu kalah dan sekarat.  Jatayu menceritakan kisahnya tentang penculikan Dewi Sita oleh Rahvana.

 

Sifat Rahwana  dalam ceritera diatas jika dikaitkan ajaran dasa mala disebut….

a.       Kimburu

b.      Tandri

c.       Kleda

d.      Kuhaka

 

 

B.     SOAL URAIAN

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara tepat dan benar pada lembar jawaban!

 

1.       Setiap perbuatan yang dilakukan oleh seseorang dalam hidup ini akan melekat pada badan halus atau sukma sarira. Bekas ini di sebut karma wasana. Bekas perbuatan baik disebut subha karma wasana yang dapat menghantarkan roh masuk surga dan bila lahir kembali di sebut surga cyuta, surga cyuta adalah kelahiran dari surga.

 

Tuliskan 4 contoh ciri-ciri kelahiran surga cyuta!

 

2.       Perhatikan ilustrasi berikut!

Dalam ajaran Agama Hindu, dinyatakan bahwa alam semesta ini berasal dari Bhatara Siwa, yang disebut juga Rudra. Proses terjadinya alam semesta ini dimulai dari tahapan yang sangat halus dan gaib (niskala), berevolusi ke tahap yang semakin kasar atau nyata (sekala). Panca Maha Bhuta adalah contoh unsur sekala yang bisa kita lihat dalam kehidupan nyata.

 

Berdasarkan ilustrasi di atas sebutkan 4 contoh unsur-unsur Panca Maha Bhuta yang ada di sekitar kita!

 

3.      Dalam kitab Veda banyak menjelaskan tentang berbagai Kemahakuasaan Sang Hyang Widhi seperti yang tertuang di dalam Chandogya Upanisad, dalam percakapan Svetaketu dengan ayahnya yang mengatakan bahwa Brahman adalah esensi yang tak terlihat dan halus yang merupakan roh dari alam semesta ini, dia juga mengatakan bahwa walaupun tuhan tidak dapat di lihat namun beliau berada di mana-mana dan meresapi segala yang ada di alam semesta ini.

 

Tuliskan sifat kemahakuasaan Sang Hyang Widhi yang terdapat dalam penggalan ceritera tersebut di atas !

 

4.      Dikisahkan dalam ceritera Mahabratha seorang guru bernama Bhagavan Dhomya mempunyai tiga orang murid antara lain Sang Arunika, Utamayu dan Sang Veda. Sang arunika ditugaskan untuk mengolah sawah ia mengerjakan tugasnya dengan hati-hati dan penuh tanggung jawab. Sementara Utamayu di tugaskan untuk mengembalakan lembu tanpa berbekal makanan, hingga akhirnya ia kelaparan dan meminta-minta makanan kepada penduduk tanpa diketahui oleh gurunya. Murid yang terakhir yakni Sang Veda di tugaskan untuk menyediakan segala hidangan kepada Sang Guru. Sang Veda melakukan seluruh tugasnya dengan kepatuhan dan kesungguhan sebagai wujud bakti kepada Sang Guru.

 

Tuliskan karakter dari tokoh cerita di atas terkait dengan ajaran Panca Nyama Brata!

 

KUNCI JAWABAN

 

A.    PILIHAN GANDA

 

1.     A                          11.   A                           21.   B                        31.   A

2.     B                          12.   B                           22.   C                        32.   D

3.     D                          13.   B                           23.   D                        33.   D

4.     D                          14.   A                           24.   B                        34.   B

5.     C                          15.   D                           25.   A                        35.   D

6.     D                          16.   B                           26.   B                        36.   C

7.     D                          17.   D                           27.   A                        37.   A

8.     C                          18.   B                           28.   C                        38.   C

9.     B                          19.   C                           29.   D                        39.   A

10.   C                          20.   B                           30.   C                        40.   A

 

B.     URAIAN

1.     Jawaban : Skor 4

A.    hidupnya selau bahagia

B.    bagi laki-laki terlahir ganteng dan bagi yang perempun terlahir cantik

C.    bijaksan dan berbudi pekerti luhur

D.    sehat lahir bhatin

E.    tidak sombong dan peyabar

F.    pemberani

G.    bijaksana

 

Keterangan :

Jika menjawab 4 benar dengan benar nilai 4

Jika menjawab 3 benar dengan benar nilai 3

Jika menjawab 2 benar dengan benar nilai 2

Jika menjawab 1 benar dengan benar nilai 1

Jika tidak ada jawaban nilai 0

 

       2. Jawaban : Skor 4         

1.     Perthiwi : tanah, gunung, batu

               2.     Apah : sungai, laut

               3.     Teja : matahari, api

               4.     Bayu : angin, gas

               5.     Akasa : langit, ruang hampa, ether

              

               Keterangan :

               Jika 4 atau 5 jawaban yang benar dan tepat nilai 4

               Jika hanya 3 jawaban yang benar dan tepat nilai 3

               Jika hanya 2 jawaban yang benar dan tepat nilai 2

               Jika hanya 1 jawaban yang benar dan tepat nilai 1

               Jika tidak menjawab sama sekali nilai 0

 

3.     Jawaban : skor 3

a.     Anima

b.     Prapti

c.     Wasitwa

 

Keterangan:

Jika menjawab 3 benar dengan benar nilai 3

Jika menjawab 2 benar dengan benar nilai 2

Jika menjawab 1 benar dengan benar nilai 1

Jika tidak ada jawaban nilai 0

 

4.     Jawaban : Skor 5

A.       Guru susrusa (melaksanakan ajaran guru)

B.        Akroda (tidak marah /tenang)

C.        Sauca ( suci lahir bhatin)

D.       Aharalagawa (makan sesuai kebutuhan)

E.        Apramada (melaksanakan tugas dengan sunguh-sunguh)

 

Keterangan:

Jika menjawab 5 benar dengan benar nilai 5

Jika menjawab 4 benar dengan benar nilai 4

Jika menjawab 3 benar dengan benar nilai 3

Jika menjawab 2 benar dengan benar nilai 2

Jika menjawab 1 benar dengan benar nilai 1

Jika tidak ada jawaban nilai 0

 

Itulah kumpulan soal-soal ujian sekolah untuk mata pelajaran pendidikan agama hindu untuk jenjang SMP yang dapat admin sajikan. Apabila bapak/ibu guru ingin mendapatkan file soal dan kunci jawaban yang sesuai dengan tampilan diatas, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Soal US Pendidikan Agama Hindu Jenjang SMP - DISINI 
  • Kunci Jawaban US Pendidikan Agama Hindu Jenjang SMP - DISINI
  • Kisi-Kisi Soal US Pendidikan Agama Hindu Jenjang SMP - DISINI


Demikianlah informasi mengenai soal ujian sekolah untuk mata pelajaran Agama Hindu jenjang SMP yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel