Soal & Jawaban Post Test Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Halo sahabat
Pendidikan dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan
memberikan sebuah informasi yang berhubungan dengan kegiatan guru dalam
mengikuti pelatihan mandiri di platform merdeka mengajar (PMM).
Sebagai seorang
guru kita bukan hanya di tuntut untuk bisa mengajar sesuai bidang study yang
kita pilih melainkan guru harus terus mengasah kemampuannya dan mengembangkan
kompetensi mengarnya. Saat ini kita sudah memasuki era kurikulum merdeka dimana
dalam kurikulum merdeka ini banyak sekali jenis pelatihan yang diperuntukkan
bagi guru guna meningkatkan pemahaman dan kompetensi sebagai seorang guru yang
professional.
Dalam platform
merdeka mengajar guru dapat mengikuti berbagai pelatihan yang menarik dan
tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu apabila semua tahapan
dapat di ikuti dengan baik maka nantinya guru pun dapat memperoleh sertifikat
yang akan menjadi bukti fisik keberhasilan seorang guru dalam menyelesaikan
pelatihan yang telah di ikutinya.
Apabila anda saat
ini sedang mengikuti salah satu atau lebih dari satu pelatihan mandiri yang ada
di PMM maka anda pastinya akan mengetahui prosedur yang harus di jalani selama
mengikuti kegiatan pelatihan mandiri tersebut. Dalam pelatihan mandiri tersebut
nantinya ibu dan bapak guru akan disuguhkan materi, latihan soal dan kegiatan
lainnya.
Dalam mengikuti
pelatihan mandiri ibu bapak guru juga akan di hadapkan dengan post test yang
merupakan sebuah evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman selama mengikut
kegiatan paltihan mandiri tersebut. Sebelum mengerjakan post test maka bapak
ibu guru harus sudah terlebih dahulu menyelesaikan seluruh aktivitas, baik
Materi, Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.
Nah pada kesempatan
kali ini admin akan membantu bapak/ibu guru yang sedang menghadapi post test
yang mana disini admin akan memberikan bentuk soal yang telah dilengkapi dengan
kunci jawabannya. Adapun soal dan kunci jawaban post test yang akan admin
bagikan di postingan ini yaitu Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Baiklah berikut ini
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri yang dapat anda lihat di bawah ini :
SOAL DAN
KUNCI JAWABAN POST TEST PELATIHAN MANDIRI TOPIK KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN
PEMBELAJARAN MODUL 3 KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN
1. Berikut ini yang
bukan merupakan bentuk asesmen sumatif yang dapat diselenggarakan oleh satuan
pendidikan adalah…
A. Tes tertulis
B. Portofolio
C. Tugas performa
D. Rubrik
Jawab : C
2. Untuk peserta
didik yang mengalami hambatan berupa ketidakhadiran, pendidik perlu bekerjasama
dengan orang tua dan melibatkan peserta didik untuk mencari solusi sejak awal.
Hal ini dilakukan agar…
A. Tercipta
komunikasi dan kerja sama yang baik antara sekolah, peserta didik, dan orang
tua
B. Keputusan tidak
meluluskan seorang peserta didik hanya diambil pada kejadian-kejadian luar
biasa
C. Dapat
mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh
D. Masalah yang ada
tidak menumpuk di akhir masa sekolah dan menghambat kelulusan peserta didik
Jawab : D
3. Salah satu
dampak keputusan tidak naik kelas adalah…
A. Hubungan baik
antara sekolah dan orang tua
B. Naiknya motivasi
belajar peserta didik
C. Meningkatnya
angka putus sekolah
D. Perbaikan mutu
satuan pendidikan
Jawab : C
4. Mengapa
keputusan kenaikan kelas perlu melibatkan pendidik, orang tua, dan juga peserta
didik?
A .Agar bisa
menjadi laporan resmi pada dinas pendidikan
B. Agar peserta
didik jera dan sadar akan kesalahan sebelumnya
C. Agar tidak
tersebar berita yang bisa menjelekkan nama sekolah
D. Agar ada
komitmen bersama yang akan dijalankan sebagai tindak lanjut
Jawab : D
5. Informasi yang
diperlukan agar para pendidik bisa memetakan masalah dan membuat keputusan yang
tepat terkait kenaikan kelas adalah…
A. Hambatan belajar
yang dialami peserta didik dan latar belakangnya
B. Sertifikat
perlombaan dan piala yang pernah didapatkan peserta didik
C. Panduan
Pembelajaran dan Asesmen dari Kemendikbudristek
D. Nilai akhir
peserta didik yang diolah dari nilai-nilai ujian
Jawab : A
6. Peserta didik
bisa dinyatakan lulus, yakni salah satunya jika …
A. Telah mengikuti
penilaian sumatif
B. Tidak memiliki
masalah perilaku
C. Mempunyai nilai
minimal 7,5
D. Kehadiran di
atas 90%
Jawab : A
7. Acuan yang
digunakan dalam penentuan kenaikan kelas yaitu...
A. Laporan kemajuan
belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik
B. Panduan
pembelajaran dan asesmen bagi pendidikan usia dini, dasar, dan pendidikan
menengah
C. Peraturan
Menteri Pendidikan no. 262 tahun 2022 mengenai pedoman penerapan kurikulum
D. Nilai harian,
ulangan, nilai UTS, dan nilai ujian kenaikan kelas
Jawab : A
8. Keputusan tidak
meluluskan seorang peserta didik hendaknya hanya diambil sebagai langkah
terakhir sesudah semua upaya perbaikan sudah dilakukan, karena....
A. Ketidaklulusan
tidak memperbaiki kompetensi peserta didik serta berdampak negatif dari segi
psikologis serta ekonomi
B. Satuan
pendidikan perlu mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik
secara menyeluruh
C. Peserta didik
menyelesaikan semua program pembelajaran serta mengikuti penilaian sumatif
D. Hak untuk
menentukan kelulusan peserta didik dalam Kurikulum Merdeka diberikan kepada
sekolah
Jawab : B
9. Informasi yang
dibutuhkan supaya para pendidik bisa memetakan masalah serta membuat keputusan
yang tepat mengenai kenaikan kelas adalah...
A. Hambatan belajar
yang dialami peserta didik serta latar belakangnya
B. Nilai akhir
peserta didik yang diolah dari nilai-nilai ujian
C. Panduan pembelajaran
dan asesmen dari Kemendikbudristek
D. Sertifikat
perlombaan dan piala yang pernah diperoleh peserta didik
Jawab : A
10. Pihak yang
perlu dilibatkan dalam memutuskan kenaikan kelas yaitu....
A. Pendidik,
psikolog, kepala sekolah, serta dinas pendidikan
B. Pendidik, komite
sekolah, dinas pendidikan, serta orang tua peserta didik
C. Pendidik,
peserta didik, orang tua, serta satuan pendidikan
D. Pengawas
pembina, pendidik, satuan pendidikan, serta operator Dapodik
Jawab : C
11. Bagi peserta
didik yang mengalami hambatan berupa ketidakhadirkan, pendidik perlu
bekerjasama dengan orang tua serta melibatkan peserta didik untuk mencari
solusi sejak awal. Hal ini dilakukan supaya....
A. Tercipta
komunikasi dan kerjasama yang baik antara sekolah, peserta didik serta orang
tua
B. Dapat
mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh
C. Keputusan tidak
meluluskan seorang peserta didik hanya diambil pada kejadian luar biasa
D. Masalah yang ada
tidak menumpuk di akhir masa sekolah serta menghambat kelulusan peserta didik
Jawab : D
12.
Mempertimbangkan besarnya dampak dari keputusan tidak naik kelas, maka guru
perlu melaksanakan langkah-langkah antisipasi sepanjang proses pembelajaran.
Misalnya.…
A. Merancang sistem
penilaian terpadu sehingga guru bisa melaksanakan penilaian otentik
B. Memahami panduan
dari Kemendikbudristek mengenai kenaikan kelas
C. Menyusun dokumen
regulasi mengenai kriteria kenaikan kelas yang rinci untuk acuan
D. Mendorong
refleksi dan umpan balik guna membantu peserta didik yang mengalami
ketertinggalan
Jawab : D
13. Bagaimana nilai
peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran di akhir tahun ajaran
dituliskan dalam rapor?
A. Dalam rapor
ditulis nilai akhir yang diperoleh dari pengolahan nilai harian, nilai PTS dan
PAS, serta nilai karakter
B. Dalam rapor
ditulis nilai sebenarnya serta deskripsi bahwa peserta didik mempunyai tujuan
pembelajaran yang perlu ditindaklanjuti di kelas berikutnya
C. Dalam rapor
ditulis nilai sebenarnya dan deskripsi bahwa peserta didik diputuskan untuk
tinggal kelas serta perlu mengulang pelajaran
D. Dalam rapor
dituliskan nilai tiap kompetensi dasar, yakni dibagi dalam 4 kompetensi inti
berupa spiritual, sosial, keterampilan, dan pengetahuan
Jawab : B
Demikianlah
informasi seputar Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan yang
dapat admin sampaikan di kesempatan ini, semoga apa yang telah admin berikan
ini dapat membantu bapak/ibu guru yang sedang megukuti kegiatan pelatihan
mandiri di modul ini.